Sebanyak 46.056 Peserta Ikuti SBMPTN 2016 di Bandung dan Tasikmalaya

Dublin Core

Title

Sebanyak 46.056 Peserta Ikuti SBMPTN 2016 di Bandung dan Tasikmalaya

Subject

SBMPTN 2016 di Bandung dan Tasikmalaya

Description

Pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2016 digelar serentak pada Selasa (31/05). Panitia Lokal (Panlok) Bandung mencatat, total peserta yang mengikuti SBMPTN di wilayah Bandung dan Tasikmalaya berjumlah 46.056 orang.

Jumpa pers SBMPTN 2016 yang digelar di Gedung Labtek V Kampus Institut Teknologi Bandung, Selasa (31/05). (Foto oleh: Dadan Triawan)*
Jumpa pers SBMPTN 2016 yang digelar di Gedung Labtek V Kampus Institut Teknologi Bandung, Selasa (31/05). (Foto oleh: Dadan Triawan)*
Sekretaris Eksekutif I SBMPTN Panlok Bandung, Prof. Dr. Asep Gana Suganda mengatakan, jumlah tersebut terdiri dari 43.056 peserta di wilayah Bandung, dan 3.000 peserta di wilayah Tasikmalaya. Angka ini melebihi target pendaftar yang ditentukan panlok sebelumnya, yakni 42.800 orang.

“Ada 218 lokasi ujian di wilayah Bandung dengan jumlah pengawas mencapai 4.308 orang,” kata Prof. Asep dalam jumpa pers SBMPTN yang digelar di Gedung Labtek V Kampus Institut Teknologi Bandung, Selasa (31/05). Dalam jumpa pers tersebut hadir Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad, Rektor ITB, UPI, dan UIN Sunan Gunung Djati, serta Ketua Panlok SBMPTN Bandung yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A.

Selain pelaksanaan ujian tertulis, Panlok juga menyediakan metode seleksi berbasis komputer (Computer Based Testing). Di wilayah Bandung sendiri, pelaksanaan seleksi berbasis CBT diikuti oleh 320 orang yang tersebar di tiga PTN yang menjadi CBT center, yaitu Unpad (100 peserta), UPI (100 peserta), dan ITB (120 peserta).

Dr. Arry mengatakan, pelaksanaan CBT SBMPTN di Unpad sendiri digelar di Gedung C kampus Fakultas Kedokteran Unpad, Jatinangor. Seleksi CBT sendiri hanya untuk peserta yang memilih kelompok Saintek saja atau Soshum saja. Bagi peserta yang memilih kelompok campuran, ujian masih menggunakan Paper Based Test (PBT).

Unpad sendiri akan menerima calon mahasiwa baru dari jalur SBMPTN sebanyak 3.074 orang. Pada jalur SNMPTN, Unpad menerima 3.064 calon mahasiswa baru dengan total pendaftar mencapai 58.937 orang. Jumlah ini kembali menjadikan Unpad sebagai PTN dengan jumlah pendaftar SNMPTN terbanyak di Indonesia.

Mengantisipasi tindak perjokian, Dr. Arry mengatakan, panlok akan menindak tegas bagi peserta yang ketahuan menggunakan joki pada pelaksanaan SBMPTN kali ini. “Kita selalu berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari adanya perjokian. Yang jelas, apabila terjadi perjokian, kami tidak akan sungkan memberikan sanksi bagi peserta maupun joki,” kata Dr. Arry.

Selain itu, Rektor juga mengatakan peserta maupun masyarakat umum diimbau untuk mewaspadai berbagai informasi selain dari yang disampaikan panitia SBMPTN. “Kita ingatkan masyarakat untuk tidak mudah terkelabui oleh berbagai tawaran, isu, maupun informasi yang tidak pada tempatnya,” kata Rektor.

Creator

Arief Maulana / eh

Source

http://www.unpad.ac.id/2016/05/sebanyak-46-056-peserta-ikuti-sbmptn-2016-di-bandung-dan-tasikmalaya/

Publisher

Universitas Padjajaran

Date

31 Mei 2016

Format

Aplication /pdf

Language

Indonesia

Item Relations

This item has no relations.

Collection

Citation

Arief Maulana / eh, “Sebanyak 46.056 Peserta Ikuti SBMPTN 2016 di Bandung dan Tasikmalaya,” Digital Share Center, accessed February 26, 2024, http://journals.unpad.ac.id/document/1259.