Bumi Walagri Padjadjaran Kini Hadir di Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya

Dublin Core

Title

Bumi Walagri Padjadjaran Kini Hadir di Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya

Description

Unpad melalui Fakultas Kedokteran telah mengembangkan program kurikulum terintegrasi untuk mendukung kemajuan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat. Kali ini, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya terpilih menjadi lokasi untuk pengembangan sistem pendidikan, penelitian, dan pengabdian terintegrasi Fakultas Kedokteran. Wujud konkret dari pelaksanaan program ini adalah pembangunan Bumi Walagri Padjadjaran.

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, dan Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, saat meresmikan Bumi Walagri Padjadjaran di Cipatujah, Kab. Tasikmalaya, Minggu (16/08). (Foto oleh: Arief Maulana)*
Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, dan Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, saat meresmikan Bumi Walagri Padjadjaran di Cipatujah, Kab. Tasikmalaya, Minggu (16/08). (Foto oleh: Arief Maulana)*
Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, mengatakan, program ini didasarkan pada komitmen Unpad untuk berkontribusi membangun Jawa Barat, khususnya di wilayah pesisir selatan. Wilayah ini menurut Rektor termasuk wilayah yang perlu dikembangkan untuk bisa bersaing dengan wilayah Jabar lainnya.

“Dibandingkan dengan wilayah lain, Indeks Pembangunannya sedikit tertinggal dan memang harus dapat didukung untuk dapat maju lebih baik lagi,” ujar Rektor saat membuka kegiatan “Super Camp FK Unpad 2015: From Rancabadak to Cipatujah”, Minggu (16/08) di alun-alun Desa Ciheras, kecamatan Cipatujah.

Program ini telah berjalan sejak 2012 lalu. Program bertema “Ka Pakidulan Mapag Maslahat” ini menyisir kawasan pesisir selatan Jawa Barat. Beberapa daerah yang telah terintegrasi dengan program ini adalah Ujung Genteng di Kabupaten Sukabumi, Cidaun di Kabupaten Cianjur, dan Rancabuaya di Kabupaten Garut. Ke depan, program ini juga akan menyisir wilayah pesisir selatan lainnya hingga ke Kecamatan Pangandaran di timur Jabar.

Kegiatan Super Camp ini merupakan bagian dari pengembangan program kurikulum terintegrasi FK Unpad. Pembukaan ini dihadiri oleh Bupati Tasikmalaya, Ruzhanul Ulum, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, Kepala Camat Cipatujah, pimpinan universitas dan fakultas, serta perwakilan dari Ikatan Keluarga Alumni (Ika) Unpad.

Adapun rangkaian kegiatan dalam Super Camp kali ini yaitu balai pengobatan, operasi katarak dan bibir sumbing, penyuluhan kesehatan, khitanan massal, serta kegiatan bakti sosial lainnya di beberapa desa di kecamatan Cipatujah. Kegiatan ini digelar hingga Senin (17/08).

Program kurikulum terintegrasi ini meliputi peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan, hingga kesejahteraan masyarakat. Program ini melibatkan seluruh bidang keilmuan yang ada di Unpad. Harapannya ialah masyarakat Jawa Barat bisa lebih maju dan memiliki kontribusi kuat terhadap daya saing bangsa.

cipatujah6
cipatujah4
cipatujah7

cipatujah2
cipatujah1
cipatujah5

Bumi Walagri Padjadjaran merupakan bagian dari kampus Unpad untuk dapat menyelenggarakan berbagai kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Konsep nama “Walagri” mengacu pada upaya mendorong terciptanya pola hidup sehat di masyarakat melalui edukasi dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan. Selain itu, ruangan ini juga menjadi wahana survei dan riset bagi dosen dan sivitas akademika Unpad.

Bumi Walagri Padjadjaran telah dibangun di empat tempat yang menjadi lokasi pengembangan kurikulum terintegrasi, yaitu: Ujung Genteng, Cidaun, Rancabuaya, dan Cipatujah. Rektor menegaskan, Bumi Walagri ini bukan sekadar menjadi tempat amal. Namun, ada upaya penguatan kesadaran masyarakat bersama-sama dengan akademisi dan pemerintah untuk membangun bersama wilayah dan memberdayakan berbagai potensi yang ada. Untuk itu, Rektor pun mendorong para dosen dan sivitas akademika Unpad untuk rutin berkunjung dan melakukan pengabdian di tempat ini.

“Secara khusus, Bumi Walagri ini terhubung dengan pusat pendidikan kami yang ada di Bandung dan Jatinangor,” kata Rektor.

Adapun peresmian Bumi Walagri Padjadjaran IV di Cipatujah ditandai penandatangan prasasti oleh Rektor dan Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, usai membuka kegiatan Supercamp, di hari yang sama. Pada kegiatan ini pula, Ika Unpad memberikan hibah berupa 3 buah sepeda motor roda tiga untuk kecamatan Cipatujah.*

Creator

Arief Maulana / eh

Source

http://www.unpad.ac.id/2015/08/bumi-walagri-padjadjaran-kini-hadir-di-cipatujah-kabupaten-tasikmalaya/

Publisher

Universitas Padjajaran

Date

18 Agustus 2015

Format

Aplication/Pdf

Language

Bahasa Indonesia

Item Relations

This item has no relations.

Document Viewer

Files

Bumi Walagri Padjadjaran Kini Hadir di Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya - Universitas Padjadjaran.pdf

Collection

Citation

Arief Maulana / eh, “Bumi Walagri Padjadjaran Kini Hadir di Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya,” Digital Share Center, accessed February 26, 2024, http://journals.unpad.ac.id/document/1285.