Segera Lakukan Finalisasi, Pendaftaran SNMPTN Berakhir Besok

Dublin Core

Title

Segera Lakukan Finalisasi, Pendaftaran SNMPTN Berakhir Besok

Description

Masa pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan segera ditutup pada hari Sabtu (12/03) pukul 22.00 WIB. Untuk itu, bagi para siswa yang akan mendaftar SNMPTN 2016 ini diharapkan segera mengisi data di laman Pendaftaran SNMPTN https://web.snmptn.ac.id/. Para siswa juga dihimbau untuk mengecek kembali pendaftarannya serta segera melakukan finalisasi pendaftaran.

logo-snmptn“Kepada para siswa dimohon secepatnya mendaftar, supaya tidak mengalami kesulitan karena banyaknya yang mendaftar, mengingat jaringan akan sangat padat di hari-hari terakhir karena banyaknya yang mendaftar,” ujar Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Universitas Padjadjaran, Dr. Soni A. Nulhaqim, S.Sos., M.Si., di ruang kerjanya di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (10/03).

Himbauan ini disampaikan mengingat panitia SNMPTN 2016 masih menemukan banyaknya siswa yang belum melakukan pendaftaran dan finalisasi terhadap data yang diisikan. Padahal, tanpa finalisasi data tersebut, pendaftaran belum selesai dan tidak dapat dilanjutkan ke tahap seleksi berikutnya.

Pada tahap pendaftaran ini,para siswa yang yang telah memenuhi kriteria pemeringkatan melakukan pendaftaran dengan menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id . Selanjutnya pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih. Bagi pendaftar pada program studi seni dan keolahragaan wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari lamanhttp://www.snmptn.ac.id.

Usai melakukan finalisasi seluruh tahapan pendaftaran tersebut, para siswa yang telah mendaftar diharuskan mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. Periode pencetakan Kartu Tanda Peserta ini adalah mulai 22 Maret 2016 jam 08:00 WIB hingga 21 April 2016 jam 22:00 WIB. Pengumuman hasil seleksi sendiri akan diumukan pada 10 Mei 2016 yang akan datang, dan pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lolos seleksi akan dilakukan dilakukan pada 31 Mei 2016.

Dr. Soni juga menyampaikan bahwa hal lain yang harus diperhatikan oleh para siswa pendaftar SNMPTN 2016 adalah pemilihan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan program studi. Sebagai informasi, pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN, dan bila memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya. Sedangkan bila memilih hanya satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.

Pendaftar juga dapat memilih sebanyak-banyaknya tiga program studi dengan ketentuan dalam satu PTN sebanyak-banyaknya boleh memilih dua program studi. Urutan pilihan PTN dan program studi yang dipilih menyatakan prioritas pilihan. Sementara itu, siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN. Untuk daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2016 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

“Tipsnya, pastikan pilihan program studi sesuai dengan minat Anda. Yakinlah bahwa setiap program studi akan memberikan prospek ke depan yang baik,” ujar Dr. Soni.*

Creator

Marlia / eh

Source

https://www.unpad.ac.id/2016/03/segera-lakukan-finalisasi-pendaftaran-snmptn-berakhir-besok/

Publisher

UNPAD

Date

11 Maret 2016

Format

Aplication

Language

Bahassa Indonesia

Item Relations

This item has no relations.

Collection

Citation

Marlia / eh, “Segera Lakukan Finalisasi, Pendaftaran SNMPTN Berakhir Besok,” Digital Share Center, accessed February 26, 2024, http://journals.unpad.ac.id/document/1993.