Tim Taman Sains & Teknologi Unpad Kunjungi IPB Science Park

Dublin Core

Title

Tim Taman Sains & Teknologi Unpad Kunjungi IPB Science Park

Description

Dalam rangka persiapan pembangunan kawasan Taman Sains dan Teknologi (TST) Universitas Padjadjaran, sejumlah anggota tim TST Unpad berkunjung ke IPB Science Park, pada hari Selasa (17/11) lalu. Kunjungan tersebut dilakukan oleh Dr. med. Setiawan, dr., Dr. rer. nat. Suseno Amien, Dr. rer. nat. Tri Dewi Pribadi, dan Gusman Siswandi, PhD, diterima langsung oleh Direktur Utama PT Bogor Life Science and Technology (BLST) sebagai holding company Institut Pertanian Bogor (IPB), serta Dr. Meika Syahbana Rusli, didampingi oleh Dadang, Ir. yang menggawangi IPB Science Park. IPB Science Park merupakan salah satu line bisnis PT BLST di bidang layanan. IPB Science Park baru dimulai pembangunannya pada tahun 2014. Direncanakan tahap pembangunan dapat diselesaikan pada tahun 2017. Kegiatan utama saat ini terutama dalam pengembangan teknopreneurships melalui pelatihan dan inkubasi bisnis. IPB Science Park juga sudah memiliki pilot plan untuk pembuatan produk unggulan bidang pangan, seperti mie jagung dan beras analog.

Sumber inovasi yang diinkubasi saat ini seluruhnya masih dari kalangan internal IPB. Ke depan diharapkan terdapat kerja sama dengan masyarakat, pemerintah daerah maupun PT lainnya, termasuk Unpad.

Setelah kunjungan ke PT BLST, dilanjutkan pembicaraan dengan Direktorat Pengembangan Bisnis IPB. Rombongan diterima langsung oleh Direktur PB IPB, Dr. Yusli Wardiatno, didampingi oleh Kasubdit Pengendalian Bisnis, Dr. Heri Ahmad Sukria. DPB merupakan unit kerja IPB yang bertugas untuk menyusun konsep dan mengembangkan kegiatan pengelolaan sumberdaya dan IPTEKS IPB dalam kaitan pengembangan bisnis dan kemitraan baik dengan pemerintah, swasta dan masyarakat pada umumnya. DPB memberikan hibah untuk penyiapan paket inovasi, termasuk memberikan suntikan dana proses inkubasi yang dilakukan oleh PT BLST melalui IPB Science Park. Dengan koordinasi yang baik ini, telah dihasilkan revenue dari investasi IPB di PT BLST yang semakin tahun semakin meningkat untuk mendukung program akademik IPB. Demikian pula, kisah sukses para innovator telah mendorong minat yang lebih besar pada dosen IPB untuk mengembangkan riset produktif inovatif, sehingga dapat dilanjutkan dalam proses hilirisasi dan komersialisasi.

“Dari kunjungan singkat ke IPB ini yang merupakan bagian dari kunjungan serupa ke TST di Solo dan Bengkulu, diperoleh kesan oleh tim, bahwa proses pengembangan TST perlu dilakukan secara bertahap. Berbagai prasyarat untuk pengembangan TST telah dimiliki oleh Unpad saat ini, dari segi paket inovasi, kelembagaan maupun fasilitas. Oleh karena itu, tim TST melangkah dengan penuh optimisme untuk dapat merealisasikan pengembangan TST dalam waktu tidak terlalu lama,” ungkap Dr. Setiawan.*

Creator

Rilis / art

Source

http://www.unpad.ac.id/2015/11/tim-taman-sains-teknologi-unpad-kunjungi-ipb-science-park/

Publisher

Universitas Padjajaran

Date

20 November 2015

Format

application/pdf

Language

Indonesia

Item Relations

This item has no relations.

Document Viewer

Files

Tim Taman Sains & Teknologi Unpad Kunjungi IPB Science Park - Universitas Padjadjaran.pdf

Collection

Citation

Rilis / art, “Tim Taman Sains & Teknologi Unpad Kunjungi IPB Science Park,” Digital Share Center, accessed February 26, 2024, http://journals.unpad.ac.id/document/2042.