Unpad Jalin Kerja Sama dengan Penyedia Kursus Online IndonesiaX

Dublin Core

Title

Unpad Jalin Kerja Sama dengan Penyedia Kursus Online IndonesiaX

Subject

Unpad Jalin Kerja Sama dengan Penyedia Kursus Online IndonesiaX

Description

Universitas Padjadjaran melakukan kerja sama dengan IndonesiaX untuk turut berkontribusi sebagai penyedia kursus online di indonesiax.co.id. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad dengan Presiden Direktur IndonesiaX, Lucy Mangoendipoero Pandjaitan, di Ruang Serba Guna Gedung 2 Lantai 4 Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (4/05).

Presiden Direktur IndonesiaX, Lucy Mangoendipoero Pandjaitan, Ketua Dewan Penasihat IndonesiaX, Prof. M. Nuh, dan Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, usai penandatanganan MoU di RSG Gedung 2 Lantai 4 Unpad Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Rabu (4/05). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Presiden Direktur IndonesiaX, Lucy Mangoendipoero Pandjaitan, Ketua Dewan Penasihat IndonesiaX, Prof. M. Nuh, dan Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, usai penandatanganan MoU di RSG Gedung 2 Lantai 4 Unpad Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Rabu (4/05). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
“Kegiatan ini, bagi Unpad sangat in line dengan apa yang menjadi tujuan kami. Karena kami berupaya agar berbagai kegiatan aktivitas yang dimiliki perguruan tinggi ini bisa lebih memberikan impact bagi masyarakat,” kata Rektor.

Selama ini, Unpad berupaya untuk mendorong pola open extended campus dimana kegiatan pendidikan jangan hanya dibatasi oleh ruang kampus. “Saya kira dengan teknologi yang sudah berkembang saat ini, apalagi dengan inisiatif yang digulirkan oleh IndonesiaX ini merupakan fasilitasi luar biasa, bagaimana Unpad bisa lebih membuka kampus, yang tujuannya bukan hanya bisa mengkontribusikan apa yang dimiliki oleh perguruan tinggi, tapi sisi lain ini menjadi fasilitasi untuk kita bisa mendapatkan referensi kembali, dari masyarakat tentang apa yang sudah digulirkan oleh perguruan tinggi,” papar Rektor.

Dengan demikian, bukan hanya Unpad dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat melalui perkembangan ilmu yang dimiliki, pola ini juga diperlukan sebagai upaya untuk menjaga standar mutu perguruan tinggi. Masyarakat dapat memiliki kontrol lebih kuat untuk menjaga standar ilmu yang dimiliki perguruan tinggi.

“Dengan cara seperti ini, ini hal yang luar biasa. Bahwa di satu sisi kita bisa berkontribusi, sisi lain juga menjaga kontrol mutu dan perkembangan ilmu yang kita miliki,” ujar Rektor.

Dari Unpad, kursus perdana akan dibawakan oleh Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A-K., M.Kes selaku Direktur Pendidikan Unpad yang juga menjabat sebagai Ketua Unit Kerja Koordinasi Alergi Imunologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Prof. Budi akan memberikan kursus online berjudul “Children Healthcare: Primary Prevention of Allergy”.

Indonesia X 2
Indonesia X 5
IndonesiaX 7

Kegiatan penandatanganan MoU ini juga disaksikan oleh Ketua Dewan Penasihat IndonesiaX, Prof. Muhammad Nuh. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Nuh menyampaikan bahwa kegiatan kursus online dari IndonesiaX ini merupakan bagian dari upaya mencedaskan bangsa. IndonesiaX merupakan organisasi non-profit yang menawarkan platform Massive Open Online Course (MOOC). IndonesiaX menawarkan berbagai topik program studi online menarik dari dosen perguruan tinggi terbaik serta manajemen eksekutif perusahaan ternama baik di dalam maupun luar negeri.

“Kita ingin mengisi ruang-ruang kosong yang masih belum diiisi oleh institus-institusi yang sudah ada. Sekaligus kita ingin menjadi melting point dari berbagai intusi-institusi itu,” kata Prof. Nuh.

Sementara itu, Lucy menambahkan bahwa IndonesiaX juga berupaya mengangkat profil guru atau dosen, serta top leaders dari sejumlah perusahaan. Kegiatan belajar pun dibuat menyenangkan, serta dapat diakses secara gratis oleh siapa saja dan dimana saja.

Target utama IndonesiaX adalah mereka yang tinggal di daerah terpencil, disamping juga masyarakat Indonesia pada umumnya. Bukan hanya untuk meningkatkan pengetahuan secara hard skills, tetapi juga untuk meningkatkan life skills dari para peserta.*

Creator

Artanti Hendriyana / eh

Source

www.unpad.ac.id/2016/05/unpad-jalin-kerja-sama-dengan-penyedia-kursus-online-indonesiax/

Publisher

Universitas Padjajaran

Date

4 Mei 2016

Format

Aplication/pdf

Language

Indonesia

Item Relations

This item has no relations.

Document Viewer

Files

Unpad Jalin Kerja Sama dengan Penyedia Kursus Online IndonesiaX - Universitas Padjadjaran.pdf

Collection

Citation

Artanti Hendriyana / eh, “Unpad Jalin Kerja Sama dengan Penyedia Kursus Online IndonesiaX ,” Digital Share Center, accessed February 26, 2024, http://journals.unpad.ac.id/document/2063.