Unpad Siapkan Pendirian Perguruan Tinggi Negeri di Kab. Pangandaran dan Kab. Kuningan

Dublin Core

Title

Unpad Siapkan Pendirian Perguruan Tinggi Negeri di Kab. Pangandaran dan Kab. Kuningan

Subject

AIPT

Description

Pengembangan penyelenggaraan Program Studi di Luar Kampus Utama Universitas Padjadjaran di Kabupaten Pangandaran merupakan tahap pertama guna menyiapkan perguruan tinggi mandiri ke depannya. Tim kerja Unpad untuk pengembangan dan penyelenggaraan perguruan tinggi di Kab. Pangandaran menargetkan, dalam waktu 10 tahun ke depan, perguruan tinggi negeri di Pangandaran sudah bisa berjalan secara mandiri.

Suasana Lokakarya Pendirian Perguruan Tinggi di Kab. Pangandaran dan Penguatan Perguruan Tinggi di Kab. Kuningan di Unpad Training Center, Jln. Ir. H. Djuanda Bandung, Senin (16/05). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Suasana Lokakarya Pendirian Perguruan Tinggi di Kab. Pangandaran dan Penguatan Perguruan Tinggi di Kab. Kuningan di Unpad Training Center, Jln. Ir. H. Djuanda Bandung, Senin (16/05). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Ketua tim kerja Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.S., mengatakan, Unpad bisa memberikan kontribusi pengembangan potensi sumber daya manusia terutama untuk meningkatkan kesiapan penyelenggaraan perguruan tinggi. Hal tersebut dikemukakan Prof. Engkus dalam Lokakarya Persiapan Pendirian Perguruan Tinggi di Kab. Pangandaran dan Penguatan Perguruan Tinggi di Kab. Kuningan, di Unpad Training Center Jln. Ir. H. Djuanda No. 4, Bandung, Senin (16/05).

Lokakarya ini dihadiri oleh pimpinan universitas dan fakultas serta anggota tim pengembangan PT di Kab. Pangandaran dan penguatan PT di Kab. Kuningan. Acara yang dibuka oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A., ini juga dihadiri oleh Sekretaris Bappeda Kab. Pangandaran Saptari Tarsino, S.E., M.Si., serta Wakil Dekan II Universitas Kuningan (Uniku) Fahmi Yusuf, M.M.Si.

Prof. Engkus menjelaskan, mengacu pada Permendikti No. 50 Tahun 2015, syarat minimal pembukaan perguruan tinggi ialah memiliki 10 program studi dengan komposisi 60% prodi eksakta dan 40% prodi noneksakta. Jika satu prodi membutuhkan minimal 6 dosen pengampu, maka dibutuhkan 60 orang tenaga SDM guna menyiapkan menjadi perguruan tinggi mandiri.

Pihaknya telah mengembangkan roadmap program jangka pendek maupun menengah. Untuk jangka pendek akan dilakukan pelaksanaan Prodi di Luar Kampus Utama program Vokasional dengan masa studi 2 tahun untuk bidang Perikanan, Kelautan, dan Perikanan, serta persiapan pembentukan Akademi Komunitas yang bekerja sama dengan SMKN 1 Pangandaran.

“Penyelenggaraan program vokasional akan dimulai pada semester pertama TA 2016/2017. Sedangkan Akademi Komunitas milik Pemkab Pangandaran di bawah binaan Unpad akan diselenggarakan pada semester awal di tahun 2017,” kata Prof. Engkus.

Lokakarya Pangandaran dan Uniku 2Lokakarya Pangandaran dan Uniku 3Untuk tahap menengah, lanjut Prof. Engkus, terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama (termin semester 2 TA 2016/2017, semester 1 TA 2017/2018, hingga 2018) akan diselenggarakan Prodi di Luar Kampus Utama Program Magister guna menyiapkan minimal 60 tenaga dosen bagi PT mandiri. Pada tahun 2017 pula, tim menargetkan pembangunan fasilitas fisik kampus akan dimulai.

Sementara untuk tahap kedua akan dilaksanakan detasering Unpad hingga 2020. Pada 2020, diharapkan sudah berdiri perguruan tinggi di bawah pembinaan manajemen Unpad. Lima tahun kemudian, perguruan tinggi tersebut sudah menjadi perguruan tinggi mandiri.

Terkait lokasi penyelenggaraan Prodi di Luar Kampus Utama, Saptari mengatakan, ada beberapa calon lokasi yang akan digunakan, antara lain kompleks SDN Pananjung 1, Pondok Seni Pangandaran, SAM PGRI Pangandaran, Gedung KONI Pangandaran, SDN 2 Wonoharjo, serta SDN 2 Cikembulan. Sementara calon lokasi lahan untuk pengembangan kampus antara lain terletak di Desa Cintaratu dan Sukahurip.

Sementara untuk program Detasering Unpad di Uniku, Fahmi mengatakan, ada beberapa kegiatan detasering yang sudah dimasukkan ke dalam perencanaan kegiatan Uniku. Rencana kegiatan tersebut meliputi penyelenggaraan kegiatan Applied Approach (AA) dan Pekerti, pengembangan pendidikan Profesi Akuntansi, Peningkatan Kualifikasi Dosen S3, hingga kolaborasi riset dan publikasi ilmiah. Selain itu, program pendampingan juga akan dilakukan terkait persiapan akreditasi institusi (AIPT) yang akan dilakukan Uniku pada 2017 mendatang.*

Creator

Arief Maulana / eh

Source

www.unpad.ac.id/2016/05/unpad-siapkan-pendirian-perguruan-tinggi-negeri-di-kab-pangandaran-dan-kab-kuningan/

Publisher

Universitas Padjadjaran

Date


16 Mei 2016

Format

Aplication/pdf

Language

Indonesia

Item Relations

This item has no relations.

Document Viewer

Files

Unpad Siapkan Pendirian Perguruan Tinggi Negeri di Kab. Pangandaran dan Kab.pdf

Collection

Citation

Arief Maulana / eh, “Unpad Siapkan Pendirian Perguruan Tinggi Negeri di Kab. Pangandaran dan Kab. Kuningan,” Digital Share Center, accessed February 26, 2024, http://journals.unpad.ac.id/document/2118.