Dua Grand Master Ikuti Turnamen Catur Unik U-Camaintian

Dublin Core

Title

Dua Grand Master Ikuti Turnamen Catur Unik U-Camaintian

Description

Turnamen catur unik U-Camaintian (Unpad Catur Main Bertiga Bergantian) kembali digelar Universitas Padjadjaran, Minggu (21/12) di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jln. Diati Ukur No. 35, Bandung. Sebanyak 80 tim dari 20 provinsi se-Indonesia mengikuti turnamen yang sudah digelar keenam kalinya tersebut.
Ilham Ramadhan Muslim, ketua pelaksana U-Camaintian 2015 mengatakan, turnamen tahun ini diikuti oleh dua Grand Master (GM) catur, yaitu GM Susanto Megaranto dan GM Cerdas Barus, serta master internasional, master fide, dan master nasional. Turnamen yang dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Unpad, Dr. Ir. Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc., ini memperebutkan uang tunai dengan total Rp. 35 juta untuk 20 pemenang.

Lebih lanjut mahasiswa Sastra Arab FIB Unpad ini menjelaskan, mekanisme turnamen U-camaintian masih mengikuti pola sebelumnya. Satu tim terdiri dari tiga orang yang bermain dalam satu papan catur. Setiap pemain dalam satu tim diberi kesempatan menjalan satu pion catur untuk kemudian digantikan oleh pemain selanjutnya.

“Setiap pemain diberi waktu 15 detik dengan tambahan tiga detik untuk menjalankan pion catur,” kata Ilham saat ditemui di sela turnamen U-camaintian.

Pada turnamen ini, seluruh tim bermain dalam tujuh babak. Tim yang paling banyak menang atau menghasilkan poin tinggi berhak menjadi juara turnamen.

Ilham mengatakan, U-camaintian ini berpotensi ditingkatkan menjadi ajang internasional. PB Percasi sendiri menurutnya telah mengonfirmasi untuk menggelar turnamen U-camaintian khusus untuk para atlit catur Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016.

“Kita inigin mengklaim teknis permainan U-camaintian ini ke standar Swiss Manager. Kita harapkan U-camaintian bisa tembus ke skala dunia,” kata Ilham.

Creator

Arief Maulana / eh

Source

http://www.unpad.ac.id/2015/12/dua-grand-master-ikuti-turnamen-catur-unik-u-camaintian/

Publisher

Universitas Padjajaran

Date

21 Desember 2015

Format

application/pdf

Language

Bahasa Indonesia

Item Relations

This item has no relations.

Document Viewer

Files

Dua Grand Master Ikuti Turnamen Catur Unik U-Camaintian.pdf

Collection

Citation

Arief Maulana / eh, “Dua Grand Master Ikuti Turnamen Catur Unik U-Camaintian,” Digital Share Center, accessed February 26, 2024, http://journals.unpad.ac.id/document/2159.