Sosialisasi Gagasan Calon Dekan FK Unpad

Dublin Core

Title

Sosialisasi Gagasan Calon Dekan FK Unpad

Description

Sosialisasi gagasan Calon Dekan di lingkungan Universitas Padjadjaran juga diselenggarakan di Fakultas Kedokteran. Sebanyak 5 calon Dekan Fakultas Kedokteran periode 2016-2021 menyampaikan gagasannya pada acara yang digelar di Auditorium Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Jln. Eijkman No. 38, Bandung, Selasa (8/12).
Kelima calon dekan tersebut ialah Dr. Yoni Fuadah Syukriyani, dr., Sp.F., DFM., Andri Reza Rahmadi, dr., Sp.PD-KR., M.Kes., Dr. Yudi Mulyana Hidayat, Sp.OG(K), Herry Herman, Sp.OT., PhD., dan Prof. Dani Hilmanto. Sosialisasi tersebut dimoderatori oleh dr. Irvan Afriandi, MPH., Dr.PH. Sosialisasi dibuka oleh pemaparan Wakil Rektor Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya Unpad, Dr. Sigid Suseno, SH., M.Hum.

“Rektor telah menetapkan kebijakan penetapan Dekan dan Wakil Dekan berdasarkan seleksi,” kata Dr. Sigid.

Di hadapan Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad, wakil Rektor, sivitas akademika dan tenaga kependidikan FK Unpad, calon dekan Dr. Yoni mengungkapkan gagasannya mengenai pengoptimalan aset (sumber daya manusia) dan fasilitas. Pengoptimalan ini salah satunya mencakup pembangunan pendidikan karakter.

“Kompetensi klinik dan akademik tidak cukup bagi seorang dokter. Jiwanya harus kita bina juga,” kata Dr. Yoni.

Sementara dr. Andri menyampaikan gagasannya terkait peningkatan FK dalam mendukung Unpad sebagai universitas kelas dunia. Selain itu, pihaknya juga ingin terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kedokteran yang selama ini telah terjalin dengan Rumah Sakit Umum Hasan Sadikin Bandung maupun Departemen Kesehatan. Melalui program kerjanya, Andi akan meningkatkan konsolidasi internal seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia dan eksternal seperti kerja sama regional dan internasional.

Pada tatanan academic health center, Dr. Yudi Mulyana mengungkapkan banyak harapan yang tersemat kepada FK Unpad sebagai multiple model dalam pendidikan kedokteran. Untuk menjawab harapan ini, harus ada sinergi antara FK Unpad dengan stakeholder yang terkait.

Dr. Yudi sendiri menyampaikan gagasan model “Tata Surya”. Dengan mengusung Unpad sebagai universitas kelas dunia, pihaknya dapat menarik berbagai stakeholder (rumah sakit core business FK Unpad) untuk masuk ke dalam orbit sehingga FK menjadi sentral untuk menghasilkan keunggulan.

“FK Unpad sebagai tempat yang menghasilkan berbagai unggulan. Unggulan ini yang akan kita ekstrapolasikan kepada masyarakat,” kata Dr. Andri.

Calon dekan selanjutnya, Dr. Herry mendukung pencapaian akreditasi untuk seluruh program studi di FK. Akreditasi ini bukan hanya bersifat nasional, tetapi juga akreditasi internasional. Pencapaian ini menjadi salah satu gagasan Dr. Herry terkait pencapaian KKI Dekan FK Unpad.

“Untuk akreditasi, kita akan mendorong kaprodi untuk mendapatkan hibah akreditasi internasional,” ujarnya.

Calon dekan Prof. Dr. Dany Hilmanto menyampaikan gagasan mengenai “Walagri” yang didefiniskan meningkatkan jiwa kepemimpinan setiap individu di FK Unpad. “FK ini memiliki keberpihakan terhadap Jawa Barat, pekerjaan ini kita mulai dari menyejahterakan masyarakat Jabar baru selanjutnya masyarakat Indonesia secara keseluruhan,” kata Prof. Dany.

Creator

Arief Maulana / eh

Source

http://www.unpad.ac.id/2015/12/sosialisasi-gagasan-calon-dekan-fk-unpad/

Publisher

Universitas Padjajaran

Date

10 Desember 2015

Format

application/pdf

Language

Bahasa Indonesia

Item Relations

This item has no relations.

Document Viewer

Files

Sosialisasi Gagasan Calon Dekan FK Unpad.pdf

Collection

Citation

Arief Maulana / eh, “Sosialisasi Gagasan Calon Dekan FK Unpad,” Digital Share Center, accessed December 5, 2023, http://journals.unpad.ac.id/document/2243.