PERBANDINGAN KINERJA PASAR PADA BISNIS RETAIL DI PASAR TRADISIONAL SEBELUM DAN SESUDAH KEBERADAAN ALFAMART DAN INDOMARET DI KECAMATAN BATAM KOTA KOTA BATAM

Shinta Wahyu Hati, Chandra Novita

Abstrak


ABSTRACT

This study aims to determine the average ratio of market performance in traditional retail business before and after the presence of modern retail Alfamart and Indomaret in Batam Kota subdistrict which is spread in three villages, namely Baloi Permai Village, Belian Village and Teluk Tering Village. The sampling technique used in this research is purposive and accidental sampling with questionnaires obtained from 42 respondents. This study using analysis of paired sample t-test. The output of the paired sample t-test showed a response to hypotheses derived from each of the variables studied. Values obtained for before and after sales turnover tcount is equal to 2.398. Values obtained for before and after profit tcount is equal to 2.380. Values obtained for before and after working hours -tcount is equal to -7.879. The results of each tcount then be compared with ttabel where it is known that tcount each variable > ttabel and significance/P-Value <0,05 so that H0 rejected and Ha accepted. These three variables showed significant results that indicate that the presence of Alfamart/Indomaret give the average change impacts on market performance in Batam City District.


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan rata-rata kinerja pasar pada usaha ritel tradisional sebelum dan sesudah hadirnya ritel modern Alfamart dan Indomaret di daerah Kecamatan Batam Kota yang menyebar di tiga kelurahan, yaitu Kelurahan Baloi Permai, Kelurahan Belian dan Kelurahan Teluk Tering. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive dan accidental sampling dengan kuesioner yang diperoleh dari 42 responden. Penelitian ini menggunakan analisis paired sample t-test. Hasil output dari paired sample t-test menunjukkan jawaban dari hipotesis yang diambil terkait masing-masing variabel yang diteliti. Nilai yang diperoleh untuk thitung omset penjualan sebelum dan sesudah adalah sebesar 2,398. Nilai yang diperoleh untuk thitung laba sebelum dan sesudah adalah sebesar 2,380. Nilai yang diperoleh untuk -thitung jam kerja sebelum dan sesudah adalah sebesar -7,879. Hasil dari masing-masing nilai thitung kemudian akan dibandingkan dengan ttabel dimana diketahui bahwa nilai thitung masing-masing variabel > ttabel dan signifikansi/P-Value < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Ketiga variabel menunjukkan hasil yang signifikan yang menunjukkan bahwa keberadaan Alfamart/Indomaret memberikan dampak perubahan rata-rata pada kinerja pasar di Kecamatan


Kata Kunci


Market Performance; Traditional Retail; Modern Retail

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryani, D. (2011). Efek Pendapatan Pedagang Tradisional Dari Ramainya Kemunculan Minimarket Di Kota Malang. Jurnal Dinamika Manajemen, Volume 2 No 2, Hal.169-180.

Dewi, I.P., Kusrini, D.E., & Irhamah. (2012). Pemodelan Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional Di Surabaya Selatan Terkait Keberadaan Supermarket, Hypermarket, Dan Minimarket. Jurnal Sains Dan Seni ITS, Volume 1 No 1, Hal.141-146.

Dimyati, M. (2015). Persepsi Konsumen Terhadap Bauran Ritel Tradisional Dan Modern Di Kota Jember. Jurnal Ekonomi STIE Mandala Jember, Volume 11 No 2, Hal.175-196.

Listihana, W.D., Aquino, A., & Arizal. (2014). Dampak Keberadaan Minimarket Terhadap Modal Kerja Dan Pendapatan Warung Tradisional Di Kecamatan Rumbai Dan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, Volume 11 No 1, Hal.553-562.

Maulana, M. (2010). Analisis Pelaksanaan Pengawasan Kredit Dalam Upaya Mengurangi Resiko Macet Di Bank Tabungan Pensiunan Nasional KCP Cikapundung Bandung. http://elib.unikom.ac.id. Diakses pada tanggal 6 Februari 2016.

Nisfiannoor, M. (2009). Pendekatan Statistika Modern untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humatika.

Nurfitria, N. 2011. “Analisis Perbedaan Omzet Penjualan Berdasarkan Jenis Hajatan Dan Waktu”. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro Semarang.

Palnitkar, A., Vishal, K. (2015). Foreign Direct Investment In Single Brand Retail And Its Impact On Unorganized Footwear Retailers – A Case Study Of Hyderabad And Secunder abad. The International Journal Of Business & Management, Volume 3 Issue 11, Hal. 63-70.

Paramita, A.A.M.P., Ayuningsasi, A.A.K. (2013). Efektivitas Dan Dampak Program Revitalisasi Pasar Tradisional Di Pasar Agung Peninjoan. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, Volume 2 No 5, Hal. 233-243.

Pramudyo, A.(2014). Menjaga Eksistensi Pasar Tradisional Di Yogyakarta. JBMA, Volume 2 No 1, Hal. 78-93

Rtw. (2016). Aksi Warga Tolak Alfamart & Indomaret Terus Berlangsung. http://news.okezone.com/read/2016/01/08/340/1283806/aksi-warga-tolak-alfamart-indomaret-terus-berlangsung. Diakses pada tanggal 11 Maret 2016.

Sihotang, R., Afifuddin, S., Rahmanta. (2014). Pengaruh Pasar Moderen Terhadap Pedagang Pasar Tradisional Dan Masyarakat Dalam Pengembangan Wilayah Di Kecamatan Medan Area. Jurnal Ekonomi, Volume 17 No 4, Hal. 181-194

Soliha, E. (2008). Analisis Industri Ritel Di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, Volume 15 No 2, Hal. 128-142.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suhartanto, D. (2014). Metode Riset Pemasaran. Bandung: Alfabeta

Universitas Ciputra Enterpreneurship Online.(2015). Pengertian Pendapatan. Retrieved from Ciputra University, website: http://www.ciputra-uceo.net

Utami, C.W. (2010). Manajemen Ritel: Strategi Dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat

Wijayanti, P., Wiratno. (2011). Analisis Pengaruh Perubahan Keuntungan Usaha Warung tradisional Dengan Munculnya Minimarket (Studi Kasus Di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang). Undip (hlm 71-85).

Yuliasih, E. 2013. “Studi Eksplorasi Dampak Keberadaan Pasar Moderen Terhadap Usaha Ritel Waserda Dan Pedagang Pasar Tradisional Di Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen”. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Zunaidi, M. (2013). Kehidupan Sosial Ekonomi Pedagang Di Pasar Tradisional Pasca Relokasi Dan Pembangunan Pasar Modern. Jurnal Sosiologi Islam, Volume 3 No 1, Hal.51-64.

www.aprindo.org

www. batamnews.co.id




DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v3i1.16977

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.