ANALISIS EMPLOYEE EMPOWERMENT DAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN DI SEKTOR PARIWISATA

Meita Pragiwani, Mohammad Benny Alexandri, Chandra P

Abstrak


ABSTRACT

 

Employee empowerment can spur to increase creativity, motivation, and innovative power of employees in carrying out their duties and responsibilities. Applicability of Employee Empowerment program or employee empowerment will improve employee performance, so that company's goal will be achieved well, fast and flexible. Based on the background of the problems described earlier, it can be identified the problem (a) Employee Empowerment gives influence to the performance of hotel employees (b) Management Knowledge gives influence to the performance of hotel employees. Hypothesis testing results that prove that the Employee Empowerment in the hotel to provide support to the performance of its employees. Another result is that the Management Knowledge that is in the hotel does not give influence to employee performance.

 

Keyword : Employee Empowerment, Management Knowledge, Employee Performance



ABSTRAK

Pemberdayaan karyawan dapat memacu untuk meningkatkan kreativitas, motivasi, dan kekuatan inovatif karyawan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Penerapan program Pemberdayaan Pegawai atau pemberdayaan karyawan akan meningkatkan kinerja karyawan, sehingga tujuan perusahaan akan tercapai dengan baik, cepat dan fleksibel. Berdasarkan latar belakang masalah yang dijelaskan sebelumnya, dapat diidentifikasi masalah (a) Pemberdayaan Karyawan memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan hotel (b) Manajemen Pengetahuan memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan hotel. Hasil pengujian hipotesis yang membuktikan bahwa Pemberdayaan Karyawan di hotel memberikan dukungan terhadap kinerja karyawannya. Hasil lain adalah bahwa Manajemen Pengetahuan yang ada di hotel tidak memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan.

 

Kata Kunci : Employee Empowerment, Management Knowledge, Kinerja Karyawan

 


Kata Kunci


Employee Empowerment, Management Knowledge, Kinerja Karyawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Honeycutt, J. (2005). Knowledge management strategies; Strategi manajemen pengetahuan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Jessica Risha, Zeifania Kurniawan, Deborah Christine Widjaja (2014) PENGARUH EMPLOYEE EMPOWERMENT TERHADAP SERVICE QUALITY DI HOTEL BINTANG 3 DI SURABAYA Program Manajemen Perhotelan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra

Margie Dewi (2015) PENGARUH EMPLOYEE EMPOWERMENT DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI KARAYAWAN HOTEL FURAYA PEKANBARU DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Mulyadi dan Rivai (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta cetakan kesembilan

Natalia Kosasih (2007) PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN: STUDI KASUS DEPARTEMEN FRONT OFFICE SURABAYA PLAZA HOTEL Jurusan Manajemen Perhotelan, Fakultas Ekonomi – Universitas Kristen Petra

Robins (2006) Manajemen Sumber Daya Manusia, PT.Sinar Abadi, Jakarta

Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. CV. Alfabeta. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v3i1.18176

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.