ANALISIS KEMITRAAN ANTAR PEMANGKU KEPENTINGAN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING INDUSTRI KERAMIK: STUDI PADA SENTRA INDUSTRI KERAMIK PLERED PURWAKARTA, INDONESIA
Abstrak
Kemitraan strategis antar pemangku kepentingan perlu dilakukan untuk meningkatkan keunggulan bersaing bagi industri keramik Plered Purwakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi tentang kemitraan para pelaku industri terhadap mitra lainnya pada industri Keramik Plered Purwakarta Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian survai. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku industri keramik Plered sebanyak 229 pelaku industri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 75 orang sebagai responden yang diambil secara acak sederhana (simple random). Hasil penelitian menunjukkan persepsi para pelaku dalam hubungan kemitraan dengan mitra dalam pengembangan industri keramik di Plered Purwakartta sudah berjalan dengan baik. Hal ini menandakan bahwa selama ini kemitraan yang sudah terbangun selama ini berjalan dengan baik. Untuk mempertahankan dan meningkatkan kemitraan yang lebih erat antar pelaku industri dan juga mitra lainnya perlu peningkatan komunikasi secara efektif dan saling berbagi informasi.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aaker, David A., V. Kumar, George S. Day. 2004. Marketing Research, 7th Edition. John Wiley & Sons: New York
Abercrombie, A., Sawatzki, D., & Lotenberg, L. D. (2012). Building Partnerships to Build the Best Bones Forever ! : Applying the 4Ps to Partnership Development. Social Marketing Quarterly, 18(1), 55–66. https://doi.org/10.1177/1524500411435484
Andonova, L. B. (2009). Networks, club goods, and partnerships for sustainability: The Green Power Market Development Group. In D. Vollmer (Ed.). In Enhancing the effectiveness of sustainability part- nerships (pp. 65–95). Washington D.C.: Academies Press.
Bushe, G.R. (2009) Clear Leadership: Sustaining real collaboration and partnership at work. Revised Edition Davies-Black Publishing Mountain View, California
Cefis, E. (2009). Partnerships and innovative patterns in small and medium enterprises Mihaela Ghita Anna Sabidussi. International Journal Entrepreneurship and Small Business, 7(4), 431–445.
Cummings, J. L., & Holmberg, S. R. (2012). Best-fit Alliance Partners: The Use of Critical Success Factors in a Comprehensive Partner Selection Process. Long Range Planning, 45(2–3), 136–159. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2012.01.001
Geringer, J. M. (1991). Strategic determinants of partner selection criteria in international joint ventures. Journal of International Business Studies, 22(1), 41–62.
Hadiati, Sri (2008) Perilaku Wirausaha Industri Keramik Berskala Kecil untuk Meningkatkan Daya Saing Produk di Malang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol 10 No 2, September 2008, hal 115-123
Hahn, T., & Pinkse, J. (2014). Private Environmental Governance Through Cross-Sector Partnerships: Tensions Between Competition and Effectiveness. Organization and Environment, 27(2), 140–160. https://doi.org/10.1177/1086026614530996
Handriani, Eka (2011) Pengaruh Faktor Internal Eksternal, Entrepreneurial Skill, Strategi dan Kinerja Terhadap Daya Saing UKM di Kabupaten Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Volume 7 Nomor 1 Edisi Mei 2011, hal 47-69
Idrus, 1999. Strategi Pengembangan Kewirausahaan (Entrepreneurship) dan Peranan Perguruan Tinggi dalam Rangka Membangun Keung-gulan Bersaing (Competitive Advantege) Bangsa Indonesia pada Millenium Ketiga. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Ilmu Manajemen Kuantitatif pada Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.
Kusmayadi, Dedi (2008). Pengaruh Lingkungan Bisnis Terhadap Kinerja Perusahaan: Sebuah Tinjauan Teoritis dan Empiris. Jurnal Akuntansi Vol. 3, No. 2, hal 430-436
Li, L., & Qian, G. (2008). Partnership or self-reliance entry modes : Large and small technology-based enterprises ’ strategies in overseas markets. Journal International Entrepreneurship, 6(4), 188–208. https://doi.org/10.1007/s10843-008-0029-3
Mcneish, R., Rigg, K. K., Tran, Q., & Hodges, S. (2019). Community-based behavioral health interventions : Developing strong community partnerships. Evaluation and Program Planning, 73(November 2018), 111–115.. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2018.12.005
Ryu, I., So, S., & Koo, C. (2009). The role of partnership in supply chain performance. Industrial Management & Data Systems, 109(4), 496–514. https://doi.org/10.1108/02635570910948632
Solesvik, M. Z., & Westhead, P. (2010). Partner selection for strategic alliances: Case study insights from the maritime industry. Industrial Management and Data Systems, 110(6), 841–860. https://doi.org/10.1108/02635571011055081
Thurner, T. W., & Gershman, M. (2015). Partnerships as internationalization strategy : Russian entrepreneurs between local restrictions and global opportunities. Journal International Entrepreneurship, 13(2), 118–137. https://doi.org/10.1007/s10843-015-0146-8
Zaheer, A., McEvily, B., & Perrone, V. (1998). Does trust matter? Exploring the effects if interorganizational and interpersonal trust on performance. Organization Science, 9(2), 141–159.
Zikmund, W.G., Carr., J. C and Griffin, M. 2013, Business Research Methods. South Western Cengage Learning. Mason. Ohio
DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i2.26485
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.