ANALISIS BISNIS CENDERAMATA DAN JASA PERJALANAN WISATA MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN METODE PIECES
Abstrak
The use of information technology in the marketing of souvenirs and travel services based on the e-commerce concept can reach a wider market share via the internet. In the context of Micro, Small, and Medium Enterprises, the dynamics of entrepreneurship are holistic, so they need to be studied contextually. This article aims to analyze the business processes of Souvenirs and Travel Services that are carried out conventionally using the Business Model Canvas to determine the strengths, weaknesses, threats, and opportunities. Then analyze the aspects of Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, and Services in Souvenirs and Travel Services businesses. This research uses descriptive qualitative methods. The data collection techniques used were in-depth interviews, observation, and document study. Meanwhile, data processing uses triangulation techniques. This study indicates that the adoption of information technology can support the operations of MSMEs in reducing marketing costs and providing convenience in terms of transactions and communication via digital platforms. Adopt the e-Commerce concept through the WordPress application, especially using the WooCommerce plugin and 3CX Live Chat on the website has made the transaction process and communication easier between sellers and consumers. The convergence between traditional and digital businesses can improve the performance of MSMEs.
Pemanfaatan teknologi informasi dalam pemasaran bisnis cenderamata dan jasa perjalanan wisata berdasarkan konsep e-commerce dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas melalui internet. Dalam konteks Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dinamika berwirausaha bersifat holistik sehingga perlu dikaji secara konstekstual. Artikel ini bertujuan menganalisis proses bisnis cenderamata dan jasa perjalanan wisata yang dilakukan secara konvensional menggunakan Business Model Canvas (BMC) untuk mengetahui kelebihan, kelemahan, ancaman dan peluang. Kemudian mengidentifikasi dan menganalisis aspek Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, and Services (PIECES) pada usaha cenderamata dan jasa perjalanan wisata yang telah mengadopsi konsep e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adopsi teknologi informasi dapat mendukung operasional UMKM dalam mereduksi biaya pemasaran serta memberikan kemudahan dalam hal transaksi maupun komunikasi melalui platform digital. Adopsi konsep e-commerce melalui aplikasi WordPress, khususnya penggunaan plugin WooCommerce dan 3CX Live Chat dalam website CV. Xindotour telah memudahkan proses transaksi dan komunikasi antara penjual dan konsumen.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Achmad. (2018). Pengaruh Pengguna E-commerce terhadap Transaksi Online Menggunakan Konfirmasi Faktor Analisis. Faktor Exacta, 11(1), 7. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v11i1.2306
Astuti, D. A. L., & Wirasila, N. (2018). Perlindungan Hukum Terhadap Konnsumen Transaksi e-Commerce dalam hal Terjadinya Kerugian. Kerthasemaya, 7(2), 6.
Awaluddin, R. (2019). Pemetaan Inovasi Bandara Internasional Jawa Barat dengan Bisnis Model Canvas. Jurnal Mantik Penusa, 3(3), 85–91.
Azhar, R. M., Suparno, O., & Djohar, S. (2018). Pengembangan Model Bisnis pada Lokawisata Baturaden Menggunakan Business Model Canvas. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 137. https://doi.org/10.29244/mikm.12.2.137-144
Bagindo, M. P., Sanim, B., & Saptono, T. (2016). Model Bisnis Ekowisata di Taman Nasional Laut Bunaken dengan Pendekatan Business Model Canvas. MANAJEMEN IKM, 11(1), 80–88. https://doi.org/10.29244/mikm.11.1.80-88
Chrystiantari, M. C., & Suyanto, A. M. A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Customer Perceived Value E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Mitra Manajemen, 4(2), 215–224. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i2.341
Dewi, L. K. N., & Noer, B. A. (2017). Model Dasar Pengembangan Business Model Canvas ke Balanced Scorecard (Studi Kasus: PT. Boma Bisma Indra). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(2), 172–175. https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i2.24371
Fakruddin, I. H., Safi"i, I., & Santoso, H. B. (2020). Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Di Usaha Tani Tirta Binangun Menggunakan WP Woocommerce. JURMATIS : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Industri, 2(2), 84–95. https://doi.org/10.30737/jurmatis.v2i2.950
Ghaisani, F. A. P., & Purbawati, D. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kualitas Website (Website Quality) Terhadap Keputusan Pembelian (Purchase Decision) Melalui Kepercayaan (E-Trust) Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen e-Commerce Zalora.co.id Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 230–241.
Hariningsih, E. (2017). Pemetaan Penggunaan Teknologi Media Sosial Online untuk Pemasaran Produk Oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 15(1), 107–132.
Hartatik, & Baroto, T. (2017). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Business Model Canvas. Jurnal Teknik Industri, 18(2), 113–120. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol18.no2.113-120
Huda, N. (2019). Analisis Kinerja Website Pt Pln (Persero) Menggunakan Metode PIECES. Sistemasi, 8(1), 78–89. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i1
Lastina, D., & Theresia, S. (2019). Peningkatan Produktivitas Pemasaran Umkm Catering Mpok Atiek Dengan Pendekatan Business Model Canvas Dan Analisis Swot. Dinamika Teknik, 11(2), 44–53.
Latief, P. V., Syarief, R., & Hasbullah, R. (2019). Analisis Strategy Pengembangan Bisnis E-Commerce Pertamina Retail dengan Pendekatan Bisnis Model Kanvas. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 14(1), 24–34. https://doi.org/10.29244/mikm.14.1.24-34
Manurung, E. A. pinondang, & Lestari, E. A. P. (2020). Kajian Perlindungan E-Payment Berbasis Qr-Code Dalam E-Commerce. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 4(1), 28. https://doi.org/10.23887/jppsh.v4i1.24323
Marcallina, D., & Wahyuningsih, D. (2016). Penerapan E-commerce dengan Metode Costumer Relationship Management (CRM) Berbasis Website (Studi Kasus: Gudang Distro Palembang). Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 5(1), 40. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v5i1.26
Masitoh, & Suhendar, A. (2016). Penerapan Metode Profile Matching Dalam Pengembangan Aplikasi E-Commerce Pada Penjualan Barang Elektronik. Jurnal Sistem Informasi, 3(1), 19–24.
Muslimah, N., & Mursid, M. C. (2019). The Effect of Online Consumer Review on the Intention of Buying Products on Social Commerce. Aptisi Transactions on Management (ATM), 3(1), 22–28. https://doi.org/10.33050/atm.v3i1.678
Nandayani, N. P. I., & Marwanto. (2020). Perlindungan Hukum terhadap Konsumen atas Produk Barang Palsu yang dijual Secara E-Commerce dengan Perusahaan Luar Negeri. Jurnal Kertha Semaya, 8(2), 192–206.
Nugroho, L., Hidayah, N., Ali, A. J., & Badawi, A. (2020). E-Commerce to Improve Homemaker Productivity (Women Entrepreneur Empowerment at Meruya Utara, Kembangan District, West Jakarta, Indonesia). Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i01.166
Pradwika, D. F., & Hadi, S. P. (2018). Pengaruh Promosi Kreatif Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen E-Commerce Zalora.Co.Id (Studi Kasus Pada Konsumen Di Kota Jakarta). Diponegoro Journal of Social and Politic, 7(5), 1–8.
Prasetiyo, B., & Fazarriyawan, E. (2020). Analisa Faktor – Faktor E- Commerce dalam membentuk Customer Satisfaction Millenial Bukalapak. Riset & Jurnal Akuntansi, 4(1), 311–321. Retrieved from https://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/view/177/111
Putri, M. K., & Utama, A. D. (2017). Evaluasi Model Bisnis pada Laundry Bar dengan Pendekatan Business Model Canvas. Journal of Chemical Information and Modeling, 17(2), 137–148.
Sagita, P. A. W., Sudiarta, I. N., Negara, I. M. K., & Karini, N. M. O. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Upaya Pemasaran Potensi Agrowisata di Desa Catur Kecamatan Kintamani Bangli. Buletin Udayana Mengabdi, 16(1), 156–161.
Setiawan, E., & Irawan, O. (2019). Analisis Pengembangan Bisnis Syariah dengan Business Model Canvas pada Toko Online Suara Muhammadiyah. Al-Urban, 3(1), 95–106. https://doi.org/10.22236/alurban
Setyorini, R., & Rey, R. O. (2017). Analisis Model Bisnis pada Eighteen Nineteen Laundry dengan Pendekatan Business Model Canvas. Journal of Secretary and Business Administration, 1(1), 70. https://doi.org/10.31104/jsab.v1i1.2
Singgalen, Y. A., Sasongko, G., & Wiloso, P. G. (2019a). Community Participation in Festival and Digital Tourism Campaign (Case of North Halmahera District, Indonesia). Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, 7(1), 21–31. https://doi.org/10.21776/ub.jitode.2019.007.01.04
Singgalen, Y. A., Sasongko, G., & Wiloso, P. G. (2019b). Community participation in regional tourism development : a case study in North Halmahera Regency - Indonesia. Insigth Into Regional Development, 1(4), 318–333.
Syuhendra, & Hamdani, A. U. (2020). Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Toko Adhizzshop Dengan Menggunakan Woocommerce. IDEALIS, 3(1), 26–33.
Yuantari, C. M. G., Kurniadi, A., & Ngatindriatun. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Pemasaran Hasil Pertanian Di Desa Curut Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Techno.COM, 15(1), 43–47.
DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v6i2.33663
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.