PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN KEMAMPUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP EFIKASI DIRI DAN DAMPAKNYA PADA KESIAPAN BERWIRAUSAHA
Abstrak
This study aimed to determine the effect of entrepreneurship education and entrepreneurial ability on entrepreneurial readiness through self-efficacy. This research used a survey method by an explanatory survey design. The respondent was 298 students of the FKIP Siliwangi University class of 2019. The sampling technique used was proportionate random sampling, calculated using the Slovin formula. The data collection technique in this study used a questionnaire, and the data analysis technique used was path analysis. The results showed a direct effect, namely:1. Entrepreneurship education significantly impacted Self-Efficacy. 2 Entrepreneurial Ability has a substantial effect on Self-Efficacy. 3. Entrepreneurship education significantly affects entrepreneurship readiness. 4. Entrepreneurial Ability significantly affects Entrepreneurial Readiness. 5. Self-efficacy significantly affects Entrepreneurial Readiness. Then the indirect effect, namely: 6. Entrepreneurship Education has a significant impact in Entrepreneurial Readiness through Self-Efficacy. 7. Entrepreneurial Ability significantly affects Entrepreneurial Readiness through Self-Efficacy. This study concluded that Entrepreneurship Education and Entrepreneurship Ability have a significant effect directly on Entrepreneurship Readiness or indirectly through Self-Efficacy.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan kemampuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode survei eksplanatori. Responden diambil sebanyak 298 mahasiswa FKIP Universitas Siliwangi angkatan 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung yaitu: 1. Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh secara signifikan terhadap Efikasi Diri. 2. Kemampuan Kewirausahaan berpengaruh terhadap Efikasi Diri. 3. Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh terhadap Kesiapan Berwirausaha. 4. Kemampuan Kewirausahaan berpengaruh secara signifikan terhadap Kesiapan Berwirausaha. 5. Efikasi Diri berpengaruh secara signifikan terhadap Kesiapan Berwirausaha. Kemudian pengaruh tidak langsung yaitu: 6. Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh secara signifikan terhadap Kesiapan Berwirausaha melalui Efikasi Diri. 7.Kemampuan Kewirausahaan berpengaruh secara signifikan terhadap Kesiapan Berwirausaha melalui Efikasi Diri. Penelitian ini menyimpulkan Pendidikan Kewirausahaan dan Kemampuan Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kesiapan berwirausaha baik langsung ataupun secara tidak langsung melalui Efikasi Diri.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alfiyan, A. R., Qomaruddin, M., & Alamsyah, D. P. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Dukungan Akademik Terhadap Niat Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(2), 175–181.
Alma, B. (2016). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Astiti, A. F. & Margunani. (2019). Peran Motivasi dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal. 8 (1), 47-62.
BPS. (2019). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2019. Badan Pusat Statistik, XXiI, 05 N(91), 1–20.
Dai, R. M. & Novel, N. J. A. 2021. Pengaruh Entrepreneurship Education terhadap Financial Literacy pada Siswa SMA Al Aziz Islamic Boarding School (School of Leader and Entrepreneurs. Adbispreneur. 6(3):251-257.
DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v6i3.34803
Dogan, K. H., Demirci, S., & Deniz, I. (2015). Why Do People Hang Themselves on Trees? An Evaluation of Suicidal Hangings on Trees in Konya, Turkey, Between 2001 and 2008. Journal of Forensic Sciences, 60(1), 87–88.
Garaika, H Margahana. (2019). Self Efficacy, Self Personality And Self Confidence On Entrepreneurial Intention: Study On Young Enterprises. Journal of Entrepreneurship Education.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gufron, M. N & Rini, R. (2018). Efikasi Diri dan Regulasi Emosi dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik. Sukoharjo: CV Sindunata.
Imsar. (2018). Analisis Faktor-Faktor yangg Mempengaruhi Tingkat Pengangguran Terbuka Di Indonesia Periode 1989-2016. Human Falah, 5(1), 146–164.
Larviatmo, M & Intan, R. (2018). Pengaruh Sifat Kepribadian terhadap Intensi Menjadi Wirausaha Dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi. 15(2), 51-65.
Lesmana, I. M. I. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Self Efficacy terhadap Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. 9 (2), 164-179.
Margahana, H., & Triyanto, E. (2019). Membangun Tradisi Enterpreneurship Pada Masyarakat. 03(02), 300–309.
Olugbola, S.A. (2016). Exploring Entrepreneurial Readiness of Youth and Start-up Success Component: Entrepreneurship Training as a Moderator. Journal of Innovation & Knowledge. 35, 1-17.
Os Ibidunni, O. I., & S., A. (2018). “Product Innovation, A Survival Strategy For Small And Medium Enterprises In Nigeria.” European Scientific Journal, 10(1).
Putra, P. B. (2018). Peningkatkan Jumlah Wirausahawan Di Indonesia Melalui Kolaborasi Akademisi – Pelaku Usaha – Mahasiswa. Economicus, 9(1), 63–71. https://doi.org/10.47860/economicus.v12i1.147
Santoso, S. (2014). Mengatasi Berbagai Masalah Statistik dengan SPSS Versi 11.5. Elex Media Komputindo.
Shaheen, N., & Haddad, S. (2018). Entrepreneurial Self-Efficacy and Entrepreneurial Behavior. International Journal of Development and Sustainability, 7(10), 2385–2402.
Solesvik, M. Z. (2019). Entrepreneurial motivations and intentions: investigating the role of education major. https://doi.org/ISSN: 0040-0912
Sujatna, Y., & Budi, S. (2019). Pengembangan Wirausaha Baru Berbasis Iptek di STIE Ahmad Dahlan Jakarta Melalui PPK (Program Pengembangan Kewirausahaan). Abdimas Altruis, 2(1), 82–90. https://doi.org/doi.org/10.24071/altruis.2019.020111 ABSTRACT
Tanjung, H. W. (2015). Menjadi Wirausahawan Bagi Mahasiswa Alterntif Mengatasi Pengangguran Terdidik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(82), 42–47.
Wardati, K. (2013). Pendidikan Kewirausahaan dan Implementasinya pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 1(3), 1-14.
Yuli, L. E. (2018). Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan. 1 (2), 127-138.
Zulfabli, M. (2014). Factors Affecting Self-Efficacy Towards Academic Performance: A Study on Polytechnic Students in Malaysia. Advances in Environmental Biology Journal. 8 (9), 695-705.
DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v7i2.39332
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
 
 
	







