STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) KOTA DELTA
Abstrak
The MSME sector in Indonesia plays an important role in driving economic activity. Sidoarjo Regency is known as one of the areas dubbed as the center of MSMEs in Indonesia. The purpose of the study is to analyze and explain the development strategy of MSMEs in Delta City. The basic concepts in this strategy, strategies according to Salusu include corporate strategy, program strategy, resource support strategy, and institutional strategy. This study applies a qualitative method with purposive sampling techniques and collects data through interviews, observations, and documentation. Data analysis was carried out using the interactive approach of Miles, Huberman, and Saldana. The results show that the development of MSMEs in Sidoarjo district involves several aspects. First, within the framework of resource support corporate focus is given to the best service providers through coaching, development and mentoring activities for business actors. Second, program strategy is realized through business mentoring efforts carried out by the Sidoarjo District Cooperative and Micro Business Office. Third, the resource support strategy involves collaboration with the Economic Section Head in the Sub-district, the Sub-district Coordinator, and the Association Coordinator as a group of business actors to improve their quality. Fourth, institutional strategy involves the implementation of institutional strategies by the Sidoarjo District Government's Office of Cooperatives and Micro Enterprises through socialization, seminars, and inspiring businesses. However, there are several obstacles in the development of MSMEs in Sidoarjo District, including aspects of human resource (HR) qualifications, capital, and program strategies that need to be overcome in optimizing program strategies.
Sektor UMKM di Indonesia memiliki peran penting dalam menggerakkan kegiatan ekonomi. Kabupaten Sidoarjo dikenal sebagai Kabupaten Sidoarjo dikenal sebagai salah satu daerah yang dijuluki sebagai pusat UMKM di Indonesia. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis dan menjelaskan strategi pengembangan UMKM di Kota Delta. Konsep dasar dalam strategi ini, strategi menurut Salusu diantaranya corporate strategy, program strategy, resource support strategy, dan institusional strategy. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan teknik purposive sampling dan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan UMKM di Kabupaten Sidoarjo melibatkan beberapa aspek. Pertama, dalam kerangka resource support corporate fokus diberikan pada penyedia layanan terbaik melalui upaya kegiatan pembinaan, pengembangan, dan pendampingan kepada para pelaku usaha. Kedua, program strategy diwujudkan melalui upaya pendampingan pelaku usaha yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo. Ketiga, resource support strategy melibatkan kolaborasi dengan Kasi Perekonomi di Kecamatan, Koordinator Kecamatan, serta Koordinator Asosiasi sebagai kelompok pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas diri. Keempat, institusional strategy melibatkan implementasi strategi kelembagaan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui sosialisasi, seminar, dan inspring bussines. Namun, terdapat beberapa kendala dalam pengembangan UMKM di Kabupaten Sidoarjo diantaranya aspek kualitasi sumber daya manusia (SDM), permodalan, dan strategi program yang dalam optimalisasi strategi program yang perlu diatasi.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afrizza, W. A. (2018). Strategi Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM dalam Pengembangan Sektor Usaha Kecil dan Menenengah Kabupaten Demak [UNS-FISIP]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/59553/Strategi-Dinas-Perdagangan-Koperasi-dan-UKM-dalam-Pengembangan-Sektor-Usaha-Kecil-dan-Menenengah-Kabupaten-Demak
Alansori, A., & Listyaningsih, E. (2022). The Impact of MSME Performance on MSME Welfare. AdBispreneur, 7(1), 39–53.
Amri, F. (2015). Permasalahan UMKM: Strategi dan Kebijakan. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Pluralisme Dalam Ekonomi Dan Pendidikan, 1(9), 368–380.
Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2017). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(6), 1286–1295. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1525
Arizqi, D. A. K. (2023). the Role of Agile Leadership and Strategic Agility Planning in Improving Sme’S Performance in West Papua Indonesia Province. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(1), 105–123.
Arofah, E. N., Indartuti, E., & Hartono, S. (2022). Peran Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro dalam Mengembangkan UMKM di Kabupaten Sidoarjo (Studi Kasus UMKM Sandal dan Sepatu Wedoro). http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/16831
Bahri, A., Mulbar, U., & Suliana, A. (2019). Kajian Pemberdayaan UMKM Kota Makassar Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Pelaku Usaha. Jurnal Inovasi dan Pelayanan Publik Makassar, 1(1), 37–53. https://bppd-makassar.e-journal.id/inovasi-dan-pelayanan-publik/article/download/47/33/
Basuki, B. P. (2023). UMKM Goes Digital. djpb.kemenkeu.go.id. https://djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/ntt/id/data-publikasi/artikel/2886-umkm-goes-digital.html
diskopda.sidoarjokab.go.id. (2023). Dokumentasi Kegiatan Sedekah Ilmu. diskopda.sidoarjokab.go.id. https://diskopda.sidoarjokab.go.id/?page=v-berita&id=1686991509
Fadilah, A., Syahidah, A. nur’azmi, Risqiana, A., Nurmaulida, A. sofa, Masfupah, D. D., & Arumsari, C. (2021). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 892–896. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1525
Fadzillah, N. (2020). Strategi Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh dalam Meningkatkan Perkembangan Industri Kreatif Bagi UMKM [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam - Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10996/1/Nurul Fadzillah,150802061,FISIP,IAN,085371837696.pdf
Faqir, A. A. (2020). Menkop Teten Sebut Persaingan Usaha di Sektor UMKM Tinggi Saat Pandemi.
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172.
Harianto, R. A., & Sari, P. N. (2021). Strategic Digitalization of UMKM Business As An Alternative To Survive The COVID-19 Pandemic. Linguistics and Culture Review, 5(S1), 617–623. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns1.1446
Heene, A., Desmidt, S., Afiss, F., & Abdullah, I. (2010). Manajemen Strategi Keorganisasian. Bandung: Refika Aditama
Humana, D. (2023). Kabupaten Sidoarjo memiliki ratusan ribu UMKM di sejumlah bidang. Surabaya.tribunnews.com. https://surabaya.tribunnews.com/2023/02/26/dukung-umkm-terus-tumbuh-berkembang-pemkab-sidoarjo-serahkan-ratusan-sertifikat-tanah
Houthoofd, J. (2001). Strategic management: A multi-disciplinary perspective (2nd ed.). Ghent, Belgium: Ghent University Press.
Humas. (2021). Teten Masduki: Tumbuh Pesat, 12 Juta UMKM Hadir dalam Ekosistem Digital. Setkab.Go.Id. https://setkab.go.id/teten-masduki-tumbuh-pesat-12-juta-umkm-hadir-dalam-ekosistem-digital/
Humas. (2023). Menteri Koperasi dan UKM Ajak IKA UNDIP Tingkatkan Rasio Kewirausahaan Indonesia. kemenkopukm.go.id. https://jdih.kemenkopukm.go.id/berita/detail/berita-26-v_berita
Ichsana Nur, M., Juana, T., Ningrum, E. W., & Sutisna, S. (2022). Collaborative Governance In The UMKM Juara Program As An Effort To Increase The Competence Of West Java Enterprises. Adbispreneur, 91(5), 328–341. https://doi.org/10.2207/jjws.91.328
Ikhsani, M. M., & Santoso, S. E. B. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Banyumas. Seminar Nasional LPPM- Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 452–457.
Ilmi, N. A. N. (2021). Peran UMKM dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Masyarakat dan Strategi UMKM ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(1), 96–107. https://doi.org/10.38043/jmb.v18i1.2790
Karinayah, D. (2018). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sidoarjo. Program Studi Ilmu Administrasi Negara, FISIP, Universitas Airlangga, 1(1), 1–13. https://repository.unair.ac.id/74627/3/JURNAL_Fis.AN.61 18 Sup p.pdf
Karneli, O., Harlen, Heriyanto, M., Febrian, A. F., & Andini, F. K. (2022). Creating Sustainable Competitive Advantages Of Culinary Msmes To Face The Vuca Era The Amidst Covid-19 Pandemic. AdBispreneur, 7(3), 201–217.
Kooten, J, 1991. Strategic Management in Public and Nonprofit Organizations. New York: Praeger Publishers
Mahsuni, A. W., & Wahono, B. (2023). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perekonomian Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kripik Singkong Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(7). http://repository.uisu.ac.id/bitstream/123456789/1160/1/Cover%2C Bibliography.pdf
Mardiyono, A. (2013). Pengaruh Faktor Lingkungan Bisnis Eksternal dan Faktor Manajerial terhadap Perencanaan Strategik untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan ( Studi Empiris Pada Industri Kecil Makanan Wingko Babat Di Kota Semarang ). Serat Acitya – Jurnal Ilmiah, 60–72.
Munandar, A. (2016). The Strategy Development and Competitive Advantages Of Micro Small Medium Entreprise Business Institution Toward Regional Development. AdBispreneur, 1(2), 103–112. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v1i2.10233
Nurhidayat, D. (2021). Kemenkop UKM Gandeng Badan POM Tingkatkan Perizinan Produk UMKM. mediaindonesia.com. https://mediaindonesia.com/ekonomi/413692/kemenkop-ukm-gandeng-badan-pom-tingkatkan-perizinan-produk-umkm
Pemerintah Indonesia. (2020). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/149750/uu-no-11-tahun-2020
Reonaldi. (2021). UMKM Berkah Jaya Salem, Lahir dan Berkembang di Tengah Pandemi Covid-19. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/wy9nq
Safriana, S., & Samatan, N. (2022). Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial dan Kualitas Informasi Akun Instagram @Indozone.id Terhadap Kepuasan Followers Generasi Z dalam Memperoleh Informasi. Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.24167/jkm.v2i1.3601
Salusu. 2006. Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik Dan Organisasi Nonprofit. Jakarta: Grasindo.
Sasongko, D. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. djkn.kemenkeu.go.id. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html
Sedarmayanti. (2014). Manajemen Strategi. PT. Refika Aditama.
Setiani, D. D., Nivanty, H., Lutfiah, W., & Rahmawati, L. (2020). Fintech Syariah: Manfaat Dan Problematika Penerapan Pada UMKM. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 5(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.132
Syaiful. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing. E-jurnal.nobel.ac.id, 13(3). https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/akmen/article/download/75/79/
Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital Marketing dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207
Viljoen, John. (1994). Strategic Management: Planning and Implementing Successful Corporate Strategies. (2nd Ed), Melbourne: Longman Cheshire
Zahrah, A., & Wijaya, P. A. (2019). Manfaat Eksistensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terhadap Unemployment Rate. Society ; Jurnal Jurusan Tadris IPS, 10(2), 110–116. https://doi.org/10.20414/society.v10i2.1783
DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v9i1.50164
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.