KEBERDAYAAN PETANI PADI ORGANIK DALAM MEMENUHI PERMINTAAN PASAR TERSTRUKTUR (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Sarinah Kabupaten Bandung)
Abstrak
ABSTRAK
Permintaan beras organik di Kabupaten Bandung terus meningkat, dari 2 ton pada tahun 2012,
menjadi 20 ton pada tahun 2015. Pangsa pasar beras organik pada umumnya lapisan masyarakat kelas
menengah ke atas, sehingga beras organik lebih banyak dijual di pasar terstruktur. Peningkatan
permintaan tersebut direspon oleh pemerintah melalui penguatan petani dan kelembagaannya.
Kelompok Tani Sarinah merupakan salah satu lembaga petani padi organik yang terus berbenah dan
diberdayakan pemerintah sebagai upaya mengimbangi laju permintaan. Pada umumnya, pasar beras
organik sangat memperhatikan kuantitas, kualitas, kontinuitas dan komitmen, oleh karena itu
pemberdayaan petani padi organik ditekankan kepada empat hal tersebut. Pertanyaannya, bagaimana
perkembangan keberdayaan petani dalam mengusahakan padi organik? Penelitian ini didesain secara
kualitatif dengan metode studi kasus dan analisis etik-emik. Hasil penelitian mengungkap bahwa
petani padi organik di Kelompok Tani Sarinah sudah berdaya dalam aspek teknis produksi dan
membangun jejaring kerjasama. Secara ekonomi para petani sudah mampu memupuk modal sendiri
dan secara psikologis sudah bisa mengikuti perkembangan pasar. Artinya petani yang berafiliasi dalam
Kelompok Tani Sarinah sudah berdaya, sehingga mampu memenuhi empat kriteria yang diinginkan
pasar padi organik.
Kata kunci: petani, padi organik, pasar terstruktur, keberdayaan.
ABSTRACT
Demand for organic rice in Bandung Regency continues to increase, from 2 tons in 2012 to 20 tons in
2015. The market share of organic rice is generally middle and higj class people, so that more organic
rice are sold in structured market. The increase in demand is responded by farmers and governement
through farmers and its institutional strengthening. Sarinah Farmers Group is an organic rice farmers
institution that continues to improve and empowered by the government to anticipate the demand. In
general, the organic rice market is very concerned with quantity, quality, continuity and commitment.
Therefore, organic rice farmer empowerment is emphasized to these four points. The question is, how
the development of the empowered status of farmers who cultivate organic rice? This study was
designed quantitatively through case study methods and analysis of ethics-emic. The results of the
study reveal that the organic rice farmers in Sarinah Farmers Group has been empowered in terms of
technical aspects of production and network building. Economically, the farmers have been able to
cultivate their own capital and psychologically was able to follow market developments. This means
that farmers who are affiliated with Sarinah Farmer Group have owned powers in order to meet the
four criteria desired by organic rice market.
Keywords: farmer, organic rice, structured market, empowered.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.24198/agricore.v1i1.22693
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##