STRATEGI PENINGKATAN VOLUME PRODUKSI SELADA ROMAINE (LACTUCA SATIVA VAR. LONGIFOLIA) DALAM MEMENUHI PERMINTAAN RITEL MODERN (Studi Kasus di InaGreen Farm, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat)
Abstrak
ABSTRAK
Dengan kemajuan perekonomian, peningkatan pendapatan, dan kesadaran masyarakat untuk
kesehatan dan lingkungan menyebabkan permintaan produk sayuran organik semakin meningkat.
InaGreen Farm adalah salah satu perusahaan hortikultura yang bergerak sebagai produsen dan
pemasok sayuran organik ke ritel modern Kota Bandung. Perusahaan tersebut menerapkan kegiatan
on-farm mulai dari proses pembibitan hingga panen, dan kegiatan off-farm yakni sortasi,
pengemasan hingga distribusi. Namun setiap bulannya, InaGreen Farm tidak dapat memenuhi
permintaan ritel modern tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan
eksternal yang menjadi penyebabnya. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara lima informan (pemilik, dua kepala
divisi, tiga kepala bagian) dan observasi langsung, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi,
pustaka, internet, media massa. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama InaGreen Farm adalah pencatatan dan perencanaan
usahatani secara teratur; dan kelemahan utamanya adalah atap greenhouse mengalami kerusakan.
Sedangkan peluang utama perusahaan adalah pemanfaatan teknologi informasi dan ancaman
utamanya adalah hama penyakit yang terus berkembang. Selanjutnya, penelitian ini menghasilkan
sembilan alternatif strategi peningkatan volume produksi selada romaine.
Kata kunci: selada romaine, manajemen strategi, manajemen produksi
ABSTRACT
The advancement of the economy, increased revenue, and public awareness for health and the
environment led to product demand growing organic vegetables. One of the horticultural enterprises
engaged as a manufacturer and supplier of organic vegetables to modern retail Bandung is
InaGreen Farm. InaGreen Farm apply on-farm activites of the seedlings to harvest, off-farm
activites such as sorting to packaging. However, InaGreen Farm still can’t fulfil modern retail’s
demands. This study aims to identify internal and external factors that influenced the situation. Data
was analysed by using SWOT analysis. The results showed that the main strength InaGreen Farm
was the recording and planning the farm on a regular basis; and its weakness is the green house
roof was damaged. While the main opportunities the company was the use of information technology
and its main threats were constantly evolving pests. The result of this research also produced nine
alternative strategies for the company in order to improve their condition.
Keywords: romaine lettuce, strategy management, prodcution management
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.24198/agricore.v1i2.22708
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##