ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL DI KALANGAN RESTORAN ELIT DAN MENENGAH DI KOTA BANDUNG
Abstrak
ABSTRAK
Keberlanjutan sektor pertanian saat ini menjadi isu besar terkait dengan semakin menurunnya
aktivitas sektor pertanian. Kegiatan kuliner sesungguhnya mampu menggerakkan hulu dan hilir
agribisnis dalam bentuk produksi input kuliner yaitu bahan-bahan mentah hasil pertanian. Sektor
kuliner juga menjadi kegiatan yang dilirik generasi muda sebagai pilihan usaha, namun masih
banyak entrepreneur yang memerlukan pencerahan untuk dapat berkembang. Antara lain dalam hal
akses ke konsumen melalui promosi dan secara khusus pemilihan media promosi. Pada saat ini
media sosial dipandang dapat mengefektifkan upaya promosi. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui karakteristik konsumen di restoran elit dan menengah Kota Bandung, juga mengetahui
dampak media sosial bagi penyedia jasa kuliner. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan teknik studi kasus dan analisis deskriptif. Penelitian dilaksanakan di beberapa lokasi restoran
yang mewakili klaster elit dan menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa restoran klaster elit
dinilai belum cukup intensif menggunakan saluran pemasaran berbasis media sosial, sedangkan
restoran menengah dinilai bahwa penggunaan media sosial tidak berpengaruh terhadap kondisi
restoran saat ini. Konsumen dari kedua klaster restoran senang menginformasikan restoran melalui
media sosial bila memiliki keunikan.
Kata kunci: media sosial, kuliner, promosi, agribisnis, studi kasus
ABSTRACT
Sustainability of the agricultural sector is currently a major issue due to decline in its activities.
Culinary is actually able to move upstream and downstream agribusiness, namely culinary raw
materials from agricultural products. As well, younger generation sees culinary as the choice of
business, despite entrepreneurs still need awareness to be able to thrive. Particularly access to
consumers through promotions and specific opt for media campaign. At the time being social media
is seen for its superiority to further facilitate and streamline promotional efforts. This study aims to
understand the characteristics of consumers in elite and medium-class restaurants in Bandung city,
also knowing the impact of social media for culinary service providers. The results showed that the
elite restaurant cluster was considered not sufficiently using social media as marketing mean, while
the medium-class restaurants was regarded indifferent to its current condition despite using social
media. Consumers of both clusters pleased to inform the restaurant via social media when it is
unique.
Keywords: social media, culinary, promotion, agribusiness, case study
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.24198/agricore.v1i2.22718
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##