ANALISIS BISNIS MODEL KANVAS PADA UMKM PENGOLAHAN MELINJO DI KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG

Sunendar Sunendar, Rifki Andi Novia, Luthfi Zulkifli

Abstrak


Abstrak

Pengembangan ekonomi rakyat perlu diarahkan untuk mendorong perubahan nasional melalui pengembangan UMKM.  UMKM emping melinjo merupakan sentra unit usaha terbanyak di Kabupaten Batang. Maka perlu  analisa bisnis yang bisa diterapkan oleh wirausaha pengolahan melinjo salah satunya yaitu bisnis model kanvas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisa bisnis model yang  tepat dan analisa orientasi kewirausahaan. Jenis penelitian menggunakan analisa deskriptif dengan pendekatan orientasi kewirausahaan dan model bisnis kanvas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik wawancara. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus - Desember 2019. Respondennya yaitu pengusaha pengolahan emping melinjo sebanyak 30 Orang. Analisa menggunakan metode deskripsi dan model bisnis kanvas. Hasil peneltian menunjukan bahwa bisnis pengolahan melinjo memiliki sementasi konsumen yaitu konsumen luas. Preposisi nilai yaitu berdasarkan kinerja dengan mengutamakan kualitas agar tetap eksis dari tahun ke tahun. Saluran menggunakan pemasaran langsung dan tidak langsung. Hubungan konsumen dengan cara berkomunikasi langsung antara konsumer dengan pengusaha. Aliran uang bisnis pengolahan melinjo dari penjualan produk. Aktivitas utama dengan melalukan aktivitas produksi dan pemasaran. Sumberdaya utama yaitu bahan baku, tenaga kerja dan pemasaran. Mitra utama dengan pengrajin, pengusaha kemasan dan distibutor. Struktur biaya meliputi biaya variabel dan tetap.

Kata kunci: bisnis model kanvas, usaha kecil menengah, orientasi wirausaha

Abstract

The development of the people's economy needs to be directed to encourage national change through the development of MSMEs. MSMEs melinjo chips is the center of the largest business unit in Batang Regency. So the business analysis that can be applied by entrepreneurs processing melinjo one of them is the canvas business model. The purpose of this research is to know the right business model analysis and analysis of entrepreneurial orientation. This type of research uses descriptive analysis with an entrepreneurial orientation approach and canvas business model. The research method used is quantitative using interview and discussion techniques. The research was conducted in August-December 2019. The respondent was 30 people. Analysis using canvas description methods and business models.  The results of the study show that melinjo processing business has customer segments namely mass customer. The value propositions are based on performance by prioritizing quality to remain exist from year to year. Channels use direct and indirect marketing. Customer relationship by communicating directly between consumers and entrepreneurs. Revenue streams the processing business from the sale of the product. Key activities by going through production and marketing activities. Key resources are raw materials, labor and marketing. Key partnership with craftsmen, packaging entrepreneurs and distibutors. Cost structure includes variable and fixed costs.

Keyword: business model canvas, MSMEs, entrepreneurial orientation


Teks Lengkap:

115 - 124

Referensi


Azhar, R. M., Suparno, O., & Djohar, S. 2017. Business Model Analysis Of Lokawisata Baturaden With The Business Model Canvas. Manajemen Ikm 12 (2) , 137-144.

Bleeker, I. 2011. The Influence Of Entrepreneurial Orientation On The Innovation Process : An Empirical Research On Manufacturing Smes. Enschede: Thesis University Of Twente.

Haliq, I. 2017. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Peternakan Ayam Boiler Di Kabupaten Bogor. Tesis. Bogor: Sekolah Pascasarjana Ipb.

Irawan, D. 2015. Potensi Usaha Koperasi Dan Usaha Keccil Menengah Di Daerah Terisolir Dan Tertinggal. Coopetition, Volume 6 No 2 , 51-62.

Istiyanti, E., & Kamardiani, R. R. 2015. Koordinasi Supply Chain Management Emping Melinjo Di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Kopertis Wil V Diy.

Kumalaningrum, M. P. 2012. Lingkungan Bisnis, Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar Dan Kinerja Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. Jrbm Vol 7 No. 1 , 45-59.

Lumpkin, G., & Dess, G. 2001. Linking Two Dimensions Of Entrepreneurial Orientation To Firm Performance: The Moderating Role Of Environment And Industry Life Cycle. Journal Of Business Venturing 16 (5) , 429-451.

Murni, T., Alhansji, T., Idrus, M. S., & Arifin, Z. 2014. The Effect Of Entrepreneurial Orientation On The Management Capability And Sustainable Innovation (Study On Batik Small And Medium Enterprises In East Java Indonesia. Iosr Journal Of Business And Management 16 (4) , 16-20.

Pangeran, P. 2012. Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Dan Kinerja Keuangan Pengembangan Produk Baru Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Vol, 7 No. 1 , 1-15.

Priyono, F. 2015. Analisa Penerapan Business Model Canvas Pada Toko Moi Collection. Agora 3 (2) , 358-363.

Quantananda, E., & Haryadi, B. 2015. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Di Surabaya. Agora 3 (1) , 706-715.

Rizani, N. A. 2015. Kapasitas Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dalam Pengembangan Ekonomi Lokal. Bogor: Laporan Studi Pustaka Institut Pertanian Bogor.

Rosmasari, I. A. 2019. The Effect Of Entrepreneurial Orientation On Melinjo Processing Industries In Batang Regency. Indonesian Journal And Entrepreneurship, 5 (2) , 148-157.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sultan, R., & Habi, I. 2018. Analisis Bisnis Model Kanvas Pada Kadatuan Koffie Bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Almana) 2(2) , 116-123.

Sunendar. 2018. The Efficiency Of Melinjo (Gnetum Gnemon L) Chip Supply Chain In Bantul Regency Province Of Yogyakarta. Agro Ekonomi, 29 (2) , 207-217.

Tatefuji, T., Yanagihara, M., Fukushima, S., & Hashimoto, K. 2014. Safety Assessment Of Melinjo (Gnetum Gnemon L.) Seed Extract: Acute And Subchronic Toxicity Studies’. Food And Chemical Toxicology 69 , 230-235.

Urata, S. 2000. Policy Recommendation For Sme Promotion In The Republic Of Indonesia. Japan: Japan International Coorporation Agency.




DOI: https://doi.org/10.24198/agricore.v5i2.29907

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##