STRATEGI MENINGKATKAN PENDAPATAN PETERNAK UNGGAS DI SAAT PEMULIHAN PENDEMI COVID-19

Jati Widagdo, M. Rifky Roosdihani

Abstrak


Abstrak

Kelesuan sektor ekonomi tetap terlihat pada tahun ketiga wabah covid 19 ini. Salah satu sector usaha yang terpengaruh adalah bidang usaha ternak unggas. Banyak peternak unggas mengalami dampak operasional yang mengakibatkan turunnya omset penjualan. Berkurangnya omset dikarenakan terbatasnya ruang gerak bagi bidang peternak, meningkatnya biaya operasional dan menurunnya permintaan dipasar akibat banyaknya pembatasan dimasa pandemic. Perlu ada langkah setrategis yang mampu meningkatkan peternakan unggas agar bisa mempertahankan serta meningkatkan lagi jumlah pendapatannya. Metode penelitian yang dipakai yaitu analisis kualitatif mengunakan tahapan-tahapan eksplorasi, metode observasi partispatif ialah upaya yang dipakai. Penelitian menghasilkan beberapa strategi alternative supaya mampu digunakan bagi peternak unggas untuk meningktakan daya jual hasil peternakannya yang diselaraskan kepada perubahan kondisi serta diharapkan industri ternak unggas bisa bertahan bahkan berkembang.

Kata kunci: Covid-19, Strategi penikatan ekonomi, Peternak unggas

Abstract

The sluggishness of the economic sector is still visible in the third year of the COVID-19 outbreak. One of the affected business sectors is the poultry business sector. Many poultry farmers experienced operational impacts which resulted in a decrease in sales turnover. The reduced turnover is due to the limited space for movement in the livestock sector, increased operational costs and decreased demand in the market due to the many restrictions during the pandemic. There needs to be a strategic step that is able to increase poultry farms in order to maintain and increase their income. The research method used is qualitative analysis using the stages of exploration, participatory observation method is the effort used. The research resulted in several alternative strategies so that they could be used for poultry farmers to increase the marketability of their livestock products which were aligned with changing conditions and it was hoped that the poultry industry could survive and even develop.

Keywords: Covid-19, Strategy for economic engagement, Poultry farmers


Teks Lengkap:

1 - 11

Referensi


Alfian. Achmad, (2021) Analisis Strategi Umkm Dalam Menghadapi Di Era Pendemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian , Vol.1, No.8, 1543-1552.

Altina, L., Madanoglu, M., De Vita, G., & Arasli, H. (2016). The Interface Between Organizational Learning capability, Entrepreneurial, and SME,

Growth. Jaurnal of Small Buisiness Management, Vol. 54, No.3, 871-891.

Adinata,S. (2010). Identifikasi Prodak Khas Semarang Yang Potensial Dikembangkan Menjadi Sovenir Kota Semarang. Doctoral Dissertation, Prodi Managemen Unika Soegijapranata.

Ansoff. H.I.,& Mc Donnel, E.J. (1990). Implanting Strategic Managemen: 2nd Edition, New York. PrenticeHall.

Bastian, A. (2015). Analisis Strategi Bisnis dan Perancangan Strategis Sistem Informasi pada Perguruan Tinggi Swasta(Studi Kasus: Universitas Majalengka). Infotec Journal, Vol. 1, No, 1. 55-61.

Badan Pusat Statistik . (2020). Berita resmi Statistik: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II-2020. No.64/Th.XXIII, 5Agustus2020. Jakarta (ID): Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik. (2020.a). Analisis Hasil Survai Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku usaha Jakarta(ID): Badan Pusat Statistik.

Chaerani, D., Talyha, M.N., Perdana,T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Pemetaan Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) Pada Masa Pendemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam upaya peningkatan Pendapatan. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masarakat , Vol. No 4. 275-282.

Chaffety, D., Mayer, R., Johnston,K., & Elliss-Chdwick. (2000) Internet Marketing: Strategi, Implementation, and Practice. Engglen: Prentince Hall.

Cut devi Maulidasari & Damrus. (2021). Dampak Pemasaran Online Di Era Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Menejemen. Vol.4. No 2. 233-245.

Cheng, V. C.-C., Wong.S.-C., Chung. V.W. -M., So,S.Y.-C., Cen, J. H.-K., Sridar,S., &Yuen, K.-Y. (2020)The Rule of Commonity-Wide Wearing of Face Mask For Control of Corona Virus Disease2019 (COVID 19) Epidemi c Due to SARSCOV-@. The Journal of Infection, Vol. 81.No. 1, 107-144.

Farid Abdulah, Dewi. M. Sya’bani., Bandi Subandi., Bambang Tri wardoyo., Badrul Isa., & sumardiansah Silah. (2021). Strategi di Masa Pendemi Pada Masarakat 5.0: Inovasi pembelajaran Batik Indonesia – Malaysia. SANDI. Vol. 1. No. 1, 1-7

Farida, N., Narsoyo,A., & Yuniawan, A.,(2017) Model of Relationship Marketing and E- Commerce In Improfing Marketing Performance of Batik SMEs. Jurnal Dinamika Manajemen, Vol. 8. No.1, 20-29

Felita, P., & Oktavera, E. (2019). Pengaruh seles Promotion Shopee Indonesia Terhadap Impulsive Buying Konsumen Studi Kasus: Impulsive Buying Pada Mahasiswa STIKS Tarakanita. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis. Vol. 4. No. 2, 159-185.

Gu, J., Han, B., & Wang, J. (2020). Covid-19: Gastrointestinal Manifestation And Potential Fecal- Oral Transmission. Journal Gastroeterology, Vol.158. No. 6, 1518-1519.

Hardilawati WL. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pendemi Covid -19. Jurnal akuntansi dan ekonomi , Vol.10.No.1. 93-110.

Helmalia & Afrinawati,A. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam). Vol.3. No.2, 236-248.

Ihza,K.N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ( Studi Khusus Umkm Comp Desa Watesprojo, Kemlangi, Mojokerto). Journal Inovasi Penelitian, Vol.1. No. 7, 1325-1330.

Indah Pambudi Arumsari, & Rolisda Yosintha. (2021). The Impact of Covid-19 on Souvenir Industri In Marine Tourism Areas In Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia. Vol. 15. No. 1, 16-24.

Jemis. J. (2008). The Relative Infuenc of Competitive Intensity and Busines Strategy on The RelationShip Between Finansial Leverage and Performance. The British Accunting Revieu . Vol. 40. No. 1, 71-86.

Kaplan. A.(2012). Invinted Comment on The Theme of Special Issue Social Media: Back to The Roots and Back to The Future. Journal Systems and Information Tecnology. Vol.14. No.2, 101- 104.

Kusumastuti. AD. (2020). Pengaruh Pendemi Covid-19 Terhadap Eksistensi Bisnis UMKM Dalam Mempertahankan Business Contunity Managemen (BMC). eJournal Atministrasi Bisnis Vol.8. No.3, 224-232.

Laudon, K.C., & Trafer, C.G. (2016). E Commerce 2016: Busines Technologi Society In Global Edition. www. Prearsongloballeditions. Com

Lestari,S.P., &R, K.A. (2019). The Effect of Product Quality Toward Interest In. Jornal Inovasi Penelitian. Vol. 5. No. 2, 95-102.

Lehew, M & Wesley,S. (2007). Tourist Shoppers’ Satisfaction With Regional Shoping Mall Experiences, International journal of Culture, Tourism and Hospitality Reasearch, Vol.1. No.1, 82-96.

Maria Ursula Kawulur, Yulie Deo, Y. Rindengan, & Xaverius. B.N. Najoan. (2018). Virtual Tour. E-Tourism. Objek wisata Alam di Kabupaten Biak Numfor. Jurnal Tehnik Informatika, Vol.13. No.3, 1-6.

Mohamad Djufri. (2020). Penerapan Tehnik Web Scrapping Untuk Penggalian potensi Pajak (Studi Kasus Pad Online Market Place Tokopedia, Shopee dan Bukalapak). Jurnal BPPK, Vol. 13. No.2, 65-75.

Mongold, W., & Faulds, D. (2009). Social Media The New Hybrid Elemen of The Promotional Mix. The Busines Horizon,Vol.52. No. 4, 375-365.

Nastiti, F.E., & Abdu, A. R. N. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Societ 5.0. Edcomtech jurnal Kajian Tehnologi Pendidikan, Vol. 5. No. 1,61-66.

O, Brien, J. (2003). The Capital Structure Implications of Persuing a Strategy of Inovation Strategic Managemen Journal,Vol. 24. No.5, 415-431.

Pratama AM. (2020). Pandemi Corona, Impor Daging Kerbau Dari India Terkendala [di unduh 2020 Sep 4] Tersedi Dari: https://money. Kompas. com/red/2020/05/18/194300926/pendemi-coronaimpor-daging-kerbau-dari-india-terkendala.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektifitas Media Social sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, Vol. 12. No. 2. 212-231.

Ratna rostika. (2012). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Produk Cinderamata Terhadap Kepuasan Wisatawan Domestik di Yogyakarta. Jornal Manajemen dan Akuntansi, Vol. 1. No. 31. 107-116.

Ridwan. A. , azizah,S., & Eka Kusumastuti, A. (2018). Persepsi Pengunjung Terhadap Agrowisata Sapi Perah Nusa Pelangi Di Kabupaten Malang. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), Vol. 5. No.1, 57-76.

Riyadi, Makota, A.P.,& Suyadi,I. (2014). Pengaruh Kepercayaan dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Penmbelian. Jurnal Administrasi bisnis , Vol. 8. No.2, 1-7.

Rogers, E.M., Shemaker, F.F. (1917). Comonikation Of Inovation : A Cross Cultural Approach. New York: The Free Press, a Devision of Macmillan Publishing co.inc.

Rusdiana. S., Talib. C. (2020). National Strategi and Policy on The Agricultural Sector During The Covid-19 Outberak. SOCA: Jornal Social Ekonomi Pertanian. Vol.14. No.3. 572-590.

Rosdiono. (2019). Peran Media Sosial Sebagai Upaya Pemasaran Bisnis Online Shop Pada Antler Meke up @anter makeup. Widia Cipta: Jurnal Sekreteri dan Manajemen, Vol.3. No. 2, 195-202.

Sharfina Nabilah, Muhamad Nursan, & Pande Komang Suparyana. (2021). Dampak Pendemi Covid-19 terhadap Umkm (Studi Kasus Umkm Zea Food di Kota Mataram). Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 1. No. 12, 2655-2660.

Singh, T., Jackson, L. V., & Cullinane, J. (2008). Blogging: A New Play In Your Marketing Game Plan. The Busines Horizon, Vol. 51. No. 4. 281-292.

Suswanto, p., & setiawati, S. D. (2020). Strategi Komonikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positionning di Tengah Pendemi Covid-19 di Indonesia. Lanimasa Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol.3. No.2. 16-29.

Suyanto,M. (2003). Strategi Perikalanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia, Andi, Yogyakarta.

Syaefudin, u. (2011). Inovasi pendidikan. PT alfabeta. Bandung.

Teguh Riyandi Rohman. & Siti azzizah. (2019). Strategi Pengembangan Wisat Edukasi Peternakan di Kampung Susu Dinasty desa Sidem Kecamatan Godang Kabupaten Tulung Agung Jawa Timur. Karta Raharja, Vol. 1. No. 2 ,65-71.

Tiesnamurti B. (2020). Prospek Peternakan Di Era Norma Baru Pasca Pendemi Covid-19: Pemanfaatan Berkelanjutan Sumberdaya Genetik Ternak Sebagai Penyedia Pangan Hewani [ Internet] Dalam: Susanto A, Susanto SA, Widodo HS, Syamsi AN, Chandara DP, Harwanto, Hidayat, n, Hidayah CN, Nugroho Ap, editors. Prosiding Seminar Teknologi dan Agribisnis Peternakan VII-Webiner:Prospek Peternakan Diera Norma Baru Pasca Pandemi Covid-19; 2020 jun 27:Purwokerto, Indonesia. Purwokerto (ID): Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Sudirman [diunduh 2020 sep 4]; hal.254- 277. Tersedia dari: http://jnp.fapet. Unsoed. Ac.id/index.php/psv article/view/584

Tjiptono, Fandy. (2001). Strategi Pemasaran.Edisi Pertama.Yogyakarta: Andi Ofset.

Tripayan.S., & Pramono, J. (2020). Kualitas Prodak, Pelayanan, dan Loyalitas Pelanggan Dimana Kepuasan sebagai Variabel Intervening Pada UKM Start Up Pariwisata Kombuchi Brewing Co. Bali. Jemap, Vol.2. No.2, 182-195.

Ulya, H. (2020). Alternate Strategi Penanganan Dampak Ekonomi Covid-19 Pemerintah Daerah jawa Timur Pada Kawasan Agropolitan. El Barca: Jornal Of Islamic Economic and Busines. Vol.3. no. 1, 81-109

Wakidati YN, Sugiarto M, Aunnurohman H. Einstein A, Muatif K. (2020). Dampak Pendemi Covid-19 Pada Rekstrukturisasi Tenaga kerja Pada Usaha Ayam Broiler Pola kemitraan di Kabupaten Banyumas [ Internet] Dalam: Susanto A, Susanto

SA, Widodo HS, Syamsi AN, Chandara DP, Harwanto, Hidayat, n, Hidayah CN, Nugroho Ap, editors. Proshiding eminar Tehnologi dan Agribisnis Peternakan VII-Webiner:Prospek Peternakan Diera Norma Baru Pasca Pandemi Covid-19; 2020 jun 27:Purwokerto, Indonesia. Purwokerto (ID): Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Sudirman [diunduh 2020 sep 4]; hal. 278-279. Tersedia dari: http://jnp.fapet. Unsoed. Ac.id/index.php/psv article/view/584

Widianingrum, P. W. (2016). Peran Media Sosial Sebagai Setrategi Pemasaran Pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Jurnal Al Tijarah. Vol. 2. No. 2, 230-257.

Wong, Jony, (2010). Internet Markerting For Beginners, Elex Media Kopetindo, Jakarta.

Zeithanl, V.A. Bitner, Mary J. Gremler, & Dwayne D. (2003). Service Marketing Integrating Customer Focus Across The Firm, International Edition: 3th. New York: Mc.




DOI: https://doi.org/10.24198/agricore.v7i1.37742

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##