Strategi Pemasaran Kacang pukul di Bagan Siapiapi Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir ( Studi Kasus Kacang Pukul Pada Toko H.H)
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran kacang pukul, merumuskan alternatif strategi pemasaran yang dapat di terapkan dalam memasarkan kacang pukul, dan menentukan prioritas strategi yang paling tepat di terapkan oleh perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi pemasaran kacang pukul yaitu kualitas, citra merek, lokasi perusahaan, dan kondisi keuangan perusahaan. Sedangkan faktor eksternal yaitu popularitas kacang pukul, perkembangan teknologi dalam proses produksi, dan pertumbuhan penduduk yang terus meningkat. Alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh industri kacang pukul yaitu meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi kacang pukul untuk pemasaran yang lebih luas, baik domestik maupun luar negeri, meningkatkan penggunaan teknologi modern memenuhi konsumsi kacang pukul yang terus meningkat, mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk guna memenangkan persaingan harga, meningkatkan kualitas produk yang cita rasa yang digemari, meningkatkan promosi melalui berbagai media guna bersaing sebagai makanan khas daerah agar memperoleh pangsa pasar yang lebih banyak, dan memperluas saluran pemasaran dengan memanfaatkan merek yang sudah dikenal. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat dari alternatif strateginya dimana yang menjadi prioritas strategi yaitu Kualitas Produk dan Kemasan Produk yang ada pada internal.
Kata Kunci: Agroindustri, Faktor Internal dan Eksternal, Strategi, SWOT, QSPM.
Abstract
This study aims to determine the internal and external environmental factors that influence the marketing of peanuts, formulate alternative marketing strategies that can be applied in marketing peanuts, and determine the strategic priorities that are most appropriate to be applied by the company. The results showed that the internal factors that influenced the marketing of peanuts, namely the quality of the peanuts, the brand image, the location of the company, and the financial condition. While external factors are the popularity of the product, the existence of technological developments in the production process, and the population growth. Alternative marketing strategies that can be applied by the peanut butter industry are increasing the quantity and quality of peanut butter production for wider marketing, both domestically and abroad, increasing the use of modern technology to meet the increasing consumption of peanuts, maintaining and improving product quality in order to win the competition. prices, improve the quality of products with a popular taste, increase promotions through various media to compete as regional specialties in order to gain more market share, and expand marketing channels by utilizing well-known brands. The strategy that can be applied in marketing peanuts is to prioritize internally. The internal ones include improving product quality and optimizing production capacity. This can be proven by looking at the alternative strategies where the strategic priorities are Product Quality and Product Packaging that is internally
Keywords: Agroidustry, Internal and External Factors, Strategy, SWOT, QSPM
Teks Lengkap:
12 - 21Referensi
David, F. R. (2013). Manajemen Pemasaran Strategi. Salemba Empat.
Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT (Edisi Dua). PT Gramedia Pustaka Utama
Sari, N., Evy, M., & Khaswarina, S. (2020). Strategi Pemasaran Agroindustri Keripik Tempe Di Desa Buluh Rampai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1(1), 12–26.
Wiwaha, N. O. (2019). Kontribusi Pendapatan Usaha Home Industry Kacang Pukul Terhadap Pendapatan Keluarga (Studi Kasus : Kelurahan Kota Bagan Siapiapi, Kacang Pukul Terhadap Pendapatan Keluarga (Studi Kasus : Kelurahan Kota Bagan Siapiapi, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hil. In UMSU. Universitas Muhammadiyah Sumatera utara
DOI: https://doi.org/10.24198/agricore.v7i1.38238
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##