ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT GENERASI Z DALAM MEMBELI JAMU MADURA (Studi Kasus Pada Masyarakat Kabupaten Pamekasan)
Abstrak
Abstrak
Perkembangan zaman membuat minat masyarakat dalam mengkonsumsi jamu tradisional mulai menurun, terutama pada generasi Z. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik generasi Z dan menganalisis faktor–faktor yang memengaruhi minat beli generasi Z terhadap jamu tradisional Madura. Regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari 100 responden. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan generasi Z konsumen jamu tradisional Madura di dominasi oleh perempuan dengan usia 21–25 tahun, tingkat pendidikan SMA/K yang belum menikah dengan penghasilan <Rp.500.000 per bulan. Faktor yang berpengaruh terhadap minat beli jamu tradisional Madura generasi Z adalah faktor pengetahuan, harga, lokasi, dan pelayanan. Beberapa hal yang perlu dilakukan produsen jamu tradisional Madura yaitu memberikan informasi yang jelas tentang karakteristik, manfaat, dan kepuasan yang diperoleh konsumen dari jamu tradisional Madura. Selain itu, harga yang terjangkau, lokasi yang mudah dijangkau dan terlihat, serta pelayanan yang baik seperti fasilitas lengkap dan kehandalan pelayanan menjadi faktor penting untuk diperhatikan.
Kata kunci: generasi z, jamu tradisional, pamekasan, minat beli
Abstract
The evolving times have contributed to the decline of people’s interest in consuming traditional medicine, particularly among generation Z. This study aims to identify the characteristics of generation Z and analyze the factors that influence their purchasing interest in Madurese traditional medicine. Multiple linear regression were used to analyze the data from 100 respondents. The research sample was selected using a purposive sampling method. The results indicate that generation Z consumers of Madurese traditional medicine were dominated by women aged 21–25 years, unmarried, high school education level, and a monthly income <Rp. 500,000. Knowledge, price, location, and service were identified as factors that influence the purchasing interest of Madurese traditional medicine in generation Z. Producers of Madurese traditional medicine should undertake several measures, such as providing comprehensive information about the characteristics, benefits, and satisfaction that consumers get from Madurese traditional medicine.
Keywords: Generation Z, Pamekasan, Purchasing interest, Traditional Herbal Remedies
Teks Lengkap:
PDF Hal. 16-27Referensi
Abu, I., Sultan, M., & Putra, E. R. (2021). Usaha Herbal dan Jamu Sehat Basamo Samarinda di Tengah Badai Pandemi Covid-19. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 6(1), 34–53.
Adiba, E. M., Suaibah, L., & Ramadhan, F. (2021). Pengaruh Praktik Manajemen Rantai Pasok terhadap Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Agroindustri Obat Tradisional dan Rempah Lokal Madura. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1529–1536.
Akmal, H., Fathurrahman, Fadilah, H., Sayuti, H. A., Yanti, I. D. M., Jamaludin, Hadijah, M., Syurbakti, M. M., Hairullah, M. F., & Dayanti, Y. (Eds.). (2020). Urgensi kesadaran sejarah dan pelestarian budaya daerah di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional IV 2018: Peran Biologi dan Pendidikan Biologi dalam Revolusi Industri 4.0 dan Mendukung Pencapaian Sustainability Development Goals (SDG’s). Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Lambung Mangkurat.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Demak. (2020). Hasil Sensus Penduduk Tahun 2020. Badan Pusat Statistik Kabupaten Demak. https://demakkab.bps.go.id/news/2021/01/21/67/hasil-sensus-penduduk-2020.html
Erwin, & Ikram, A. A. (2022). Produk VCO : Green Product Awareness , Preferensi Konsumen dan Pengetahuan Produk dalam Mendukung Minat Beli ( Studi di Provinsi Sulawesi Barat ). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 8(2), 182–191.
Farida, F., & Fauziyah, E. (2020). Strategi Pengembangan Ukm Jamu Tradisional Madura Ayu. Agriscience, 1(1), 88–102.
Fasya, Z., & Nihayah, C. (2020). Inisiasi Pendidik Dalam Membentuk Karakter Anak Generasi Z. Jurnal AL-IFKAR, 14(2), 25–46.
Fatmawati, I., & Wijaya, N. Q. (2021). Strategi Pengembangan Jamu Ramuan Madura Di Kabupaten Sumenep. Cemara, 18(1), 50–63.
Fikri, S., Wiyani, W., & Suwandaru, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 120–133. https://doi.org/10.31602/atd.v2i1.1191
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). DEEPUBLISH. https://www.academia.edu/37610166/PERILAKU_KONSUMEN_PERILAKU_KONSUMEN_MAKALAH_PERILAKU_KONSUMEN
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 4(3), 415–424.
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28.
Juliandi, A., Irfan, Manurung, S., & Satriawan, B. (2016). Mengolah Data Penelitian Bisnis Dengan SPSS (R. Franita (Ed.)). Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.
Kredivo. (2020). Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia.
Kusumo, A. R., Wiyoga, F. Y., Perdana, H. P., Khairunnisa, I., Suhandi, R. I., & Prastika, S. S. (2020). Jamu Tradisional Indonesia: Tingkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Selama Pandemi. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(2), 465–471.
Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90–99. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.75. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90–99.
Masruroh, L. R., & Suprapti, I. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jamu Tradisional Madura. Agriscience, 1(1), 39–49.
Meilani, V. sarifah, Nugroho, T. R. D. A., & Hasan, F. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat petani untuk berusahatani cabe jamu secara intensif di desa pakandangan barat kecamatan bluto. AGRISCIENCE, 3(2), 269–282.
Osagwu, A. O., & Okafor, E. G. (2022). Understanding the Nexus Between Advertising and Purchase Intention of Cryptocurrency Among Young Adults in Nigeria. European Journal of Business and Innovation Research, 10(6), 34–70.
Ratnasari, A. D., & Harti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(3), 1–11.
Riska, H., & Khasanah, N. (2023). Faktor Yang Memengaruhi Fenomena Menunda Pernikahan Pada Generasi Z. Indonesia Health Issue, 2(1), 48–53.
Rizaldi, A., & Hidayat, H. (2020). Digital Marketing Communication Strategy. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 9(2), 101–110.
Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 881–890.
Sishadiyati, Utami, A. F., & Masnunan. (2021). Peningkatan pendapatan usaha minuman kesehatan “Jamu Tradisional” di Kelurahan Gading-Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 83–88.
Solehah, R., Destiarni, R. P., & Muti’ah, D. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Jamu Tradisional Madura Melalui Pendekatan Analisis SWOT (Studi Kasus: UMKM Jamu Tradisional Madura di Kabupaten Pamekasan). Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(1), 480–489.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2015). SPSS Untuk Penelitian (Florent (Ed.)). Pustaka Baru Press.
Ummah, H., & Hayati, M. (2022). Preferensi Konsumen Jamu Kunyit Asam di Madura. Jurnal Agriscience, 2(3), 729–742.
Young Kim, E., & Kim, Y. K. (2004). Predicting online purchase intentions for clothing products. European Journal of Marketing, 38(7), 883–897.
Zhang, J. Z., & Chang, C. W. (2021). Consumer dynamics: theories, methods, and emerging directions. Journal of the Academy of Marketing Science, 49(1), 166–196.
DOI: https://doi.org/10.24198/agricore.v9i1.48422
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##