STRATEGI BERSAING PT. KEBUN SAYUR SURABAYA MENGGUNAKAN SEGITIGA POSITIONING, DIFFERENTIATION, BRAND (PDB)
Abstrak
Abstrak
PT. Kebun Sayur Surabaya merupakan usaha sayuran hidroponik khususnya selada yang berdiri sejak 14 Juni 2014. Usaha ini kurang mampu dalam membangun brand di benak pelanggan, terbukti dari views di akun instagramnya yang semakin menurun sejak tidak aktif selama dua tahun akibat adanya pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu yang menyebabkan penurunan pendapatan sebesar 80% pada waktu itu. Dalam konteks ini, konsep Segitiga Positioning, Differentiation, Brand (PDB) menawarkan kerangka untuk mengembangkan strategi bersaing bagi PT. Kebun Sayur Surabaya. Maka tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi strategi positioning, diferensiasi, dan membangun brand yang kuat melalui positioning dan diferensiasi. Penggunaan informan dengan metode triangulasi sehingga diperoleh 3 jenis informan, yaitu Bapak Mehdy dan pegawai sebagai informan utama, Bapak Yogi sebagai informan kunci dan pelanggan sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Kebun Sayur Surabaya memposisikan dirinya melalui tiga atribut, yaitu kualitas produk, harga terjangkau dan layanan pelanggan yang baik. Strategi diferensiasi yang diterapkan berdasarkan keberagaman produk, kemudahan mengakses produk dengan menggunakan platform digital serta sistem pengiriman mandiri. Brand yang dimiliki “Kebun Sayur Surabaya (KSS)”. Saran yang diberikan agar dapat mempertahankan atau meningkatkan kualitas produk dan layanan, menambah keberagaman sayuran dan memaksimalkan penggunaan sosial media agar lebih dikenal oleh banyak orang.
Kata kunci: Hidroponik, PDB, pemasaran, strategi bersaing.
Abstract
PT. Kebun Sayur Surabaya is a hydroponic vegetable business, especially lettuce which was established on June 14, 2014. This business is less able to build a brand in customer’s minds, proven by the views on Instagram account which have decreased since being inactive for two years due to the Covid-19 pandemic in 2020 which caused an 80% drop in revenue at that time. In this context, the Positioning, Differentiation, Brand (PDB) Triangle concept offers a framework for developing competitive strategy for PT. Kebun Sayur Surabaya. So the purpose of this study is to identify positioning, differentiation, and build a strong brand through that positioning and differentiation. The use of informants with the triangulation method and obtained 3 types of informants, namely Mr. Mehdy and employees as the main informant, Mr. Yogi as the key informant and customers as supporting informants. The result of this study shows that PT. Kebun Sayur Surabaya do the position itself through three attributes, product quality, affordable price and good customer service. The differentiation strategy is based on product diversity, ease of accessing products by using the digital platform and independent delivery system. The brand owned is "Kebun Sayur Surabaya (KSS)". The suggestions given are to maintain or improve the quality of products and services, increase the diversity of raw vegetables and maximize the use of social media to be better known by more people.
Keywords: Competitive Strategy, Hydrophonic, Marketing, PDB
Teks Lengkap:
51-68Referensi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspu Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.
Ajnura, U., Subhan, M., Ikramuddin, & Chalirafi. (2024). Pengaruh Faktor Pendorong Belanja Online Terhadap Niat Perilaku Konsumen di Kota Lhokseumawe dengan Metode Pembayaran Cash-On-Delivery Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(1), 25–39. https://jurnalpemasaran.petra.ac.id
Asrulla, Risnita, Jailani, S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332.
Azmat, M., & Lakhani, A. S. (2015). Impact of Brand Positioning Strategies on Consumer Standpoint (A Consumer’s Perception). Journal of Marketing and Consumer Research, 14, 109–117. www.iiste.org
Chandra, C., & Keni. (2019). Pengaruh Brand Awareness Brand Association, Perceived Quality, dan Brand Loyalty Terhadap Customer Purchase Decision. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 176–185.
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. (2022). Statistik Sektoral Kota Surabaya Tahun 2022 (Bab 5 Pertanian, Peternakan dan Perikanan).
Eliasari, P. R. A., & Sukaatmadja, I. P. G. (2017). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Dimediasi Oleh Perceived Quality dan Brand Loyalty. Jurnal Manajemen Unud, 6(12), 6620–6650.
Fatahillah, L. A., Sunarya, E., & Jhoansyah, D. (2023). Pengaruh Strategi Diferensiasi dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada IKM Konveksi di Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1),
–66. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Fathia, A., Zahra, A., Wahyudin, W., & Nugraha, B. (2021). The Implementation of the Strategy of Marketing Management through a SWOT Analysis with the Matrix of IFE, EFE and IE. Serambi Engineering, 6(2), 1721–1729.
Fitriadi, B., Sunarti, & Soekarto. (2023). Strategi Bersaing: Suatu Kajian Perumusan Strategi Pemasaran Guna Meraih Keunggulan Kompetitif (Studi pada PT. Ongkowidjojo, Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 5(1), 1–11.
Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 03(03), 409–418.
Heldawati. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Sayur-sayuran di Kabupaten Hulu Sungai Provinsi Kalimantan Selatan. Rawa Sains: Jurnal Sains STIPER Amuntai, 6(1), 12–17.
Heriyadi. (2018). Strategi Positioning dalam Persaingan Bisnis (Points of Dfference and Point of Parity). AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 03(03), 261–271. https://www.gooto.com/read/1051222/gai
Heryana, A. (2018). Informan dan Pemilihan Informan dalam Penelitian Kualitatif. Research Gate, 1–14. https://www.researchgate.net/publication/329351816
Hidayat, N. K., Ismail, A., Hastuti, & Fitria Dewi Raswatie. (2022). Potensi dan Strategi Pengembangan Usaha Tani Perkotaan dalam Meningkatkan Akses Pangan yang Berkelanjutan di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI), 27(3), 385–396. https://doi.org/10.18343/jipi.27.3.385
Kartajaya, H. (2005). Positioning, Diferensiasi dan Brand.
Kotler, P., Keller, K., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing Management. Pearson UK.
Kurniawan, H. H. (2017). Pengaruh Perceived Quality Terhadap Brand Loyalty Melalui Mediasi Brand Image dan Brand Trust (Studi pada Brand Restoran McDonald’s di Kota Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 228–239. www.topbrand-award.com
Lestari, A. P., Riduan, A., Elliyanti, & Martino, D. (2020). Pengembangan Sistem Pertanian Hidroponik pada Lahan Sempit Komplek Perumahan. SAINTIFIK: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 6(2), 136–142. https://doi.org/10.31605/saintifik.v6i2.259
Lukitaningsih, A. (2014). Perkembangan Konsep Pemasaran: Implementasi dan Implikasinya. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan , 14(1), 16–29.
Meidatuzzahra, D. (2019). Penerapan Accidental Sampling untuk Mengetahui Prevalensi Akseptor Kontrasepsi Suntikan Terhadap Siklus Menstruasi (Studi Kasus: Pukesmas Jembatan Kembar Kabupaten Lombok Barat). Jurnal Avesina, 13(1), 19–23.
Perwali. (2024). Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi Kota Surabaya Tahun 2023-2024.
Priyadi, S., Rahayu, M., & Aziez, A. F. (2021). Pengembangan Pertanian Perkotaan Jenis dan Pengelolaannya. Seminar Nasional DIes Natalis Ke-41, 155–163.
Purwanto. (2021). Recovery Marketing Strategy for Custom Bag Producer Home Industry During The Covid-19 Pandemic. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(2), 1–6.
Putra, Y., Santoso, P. Y., & Rama Adhypoetro, R. (2021). Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR, 1(1), 11–21. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/cyberpr
Putu, N. L., Permini, E., Dewa, I., Putra Sedana, G., Luh, N., & Permini, P. E. (2023). Urban Farming dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat Perkotaan. Jurnal Relasi Publik, 1(3), 171–178. https://doi.org/10.59581/jrp-widyakarya.v1i3.1108
Rusdian, S., & Hidayani, N. (2021). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Riseberry Cake Shop Garut). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 132–140.
Rusminingsih, D., Mutia, ,Dyah Ken, Askar, Fitria, L., & Wahyudi Irfan. (2023). Pembudidayaan Budidaya Hidroponik Sayur Organik di desa Kampung Putih Kelurahan Klojen Kecamatan Klojen Malang. Jurnal Abdimas Jayanegara (JASJ), 1(1), 7–14.
Sabitha, F. A. (2022). Analisis Pengaruh Tingkat Urbanisasi Terhadap Ketersediaan Lahan Permukiman Perumahan di Kota Surabaya. Jurnal Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, 10(1), 10–26.
Setiarini, A. T. (2015). Strategi Positioning dan Diferensiasi dalam Upaya Membangun Brand, Studi Kasus Ngayogjazz. Tata Kelola Seni, 1(1), 54–67. www.britishcouncil.id
Setyaningsih, F. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Pelanggan pada Lembaga Rafi Bimbel Tangerang. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(2), 250–257.
Setyanto, I. (2021). Analisis Positioning, Diferensiasi dan Branding dalam Pemasaran Jasa Pendidikan di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Publikasi Ilmiah, 4–24.
Simamora, F. N., & Situmeang, E. Y. (2018). Analisa Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Showroom Garuda Sibolga. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan Juripol, 1(1), 68–79. www.otomotifhot.net
Sugihartini, T., Djuliansah, D., & Noormansyah, Z. (2023). Model Pengembangan Pertanian Perkotaan (Urban Farming) Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 10(2), 1070–1089.
Sujana, Nurendah, Y., & Wirakusuma, I. (2016). Pengaruh Positioning Produk dan Diferensiasi Produk Terhadap Citra Merek pada Produk Ban Accelera. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan JIMKES, 4(2), 77–88.
Sukma, B., & Rivaldo. (2022). Pengaruh Tagline Terhadap Brand Awareness pada Software Invoice Paper.id. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 15–24.
Sumarsid, & Paryanti, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah MProgress, 12(1), 70–83.
Susanto, P. C., Sitorus, S. A., Tingga, C. P., Romli, N. A., & Gheta, A. P. K. (2022). Brand Positioning dan Brand Value. In A. Sudirman (Ed.), Brand Marketing: The Art of Branding (pp. 155–171). CV. Media Sains Indonesia.
Teressa, B., Lukito, J. I., Aprilia, A., & Andreani, F. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang di Wizz Drive Thru Gelato Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(1), 1–14. https://jurnalpemasaran.petra.ac.id
Utami, H., Prasetya, B., Salsiyah, S. M., Sadriatwati, E., & Devie, E. (2019). Developing Creative Business Brands for Entrepreneurial Students through Differentiation and Positioning Strategies. Jurnal Admisi Dan Bisnis, 20(3), 181–192. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/admisi
Wahdah, L., & Maryono, M. (2018). Peran Pertanian Perkotaan dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan (Studi Kasus: Pertanian Akuaponik di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), 195–202.
Yanti, D. D., & Nawangsari, R. (2023). Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Urban Farming. Jurnal Kebijakan Publik,
https://jkp.ejournal.unri.ac.idhttps://jkp.ejournal.unri.ac.id
Yulianti, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran.
DOI: https://doi.org/10.24198/agricore.v9i2.58178
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##