FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KUNJUNGAN KONSUMEN KE COFFEE GARUNG
Abstrak
Abstrak
Saat ini kopi menjadi bagian penting dari budaya dan gaya hidup masyarakat Indonesia. Keberadaan kedai kopi memberikan kesempatan kepada masyarakat sosial untuk bertemu, bercengkrama, berdiskusi terkait aktivitas pekerjaan atau pendidikan, maupun menghabiskan waktu untuk diri sendiri atau kelompok. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kunjungan konsumen ke Coffee Garung. Faktor-faktor yang memengaruhi kunjungan konsumen meliputi bauran pemasaran, yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Penelitian ini menerapkan pendekatan metode survei. Faktor-faktor yang memengaruhi kunjungan konsumen ke Coffee Garung diukur melalui uji regresi linear berganda. Hasil menjelaskan bahwa secara keseluruhan variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik memberikan pengaruh secara signifikan terhadap minat kunjungan konsumen. Apabila dikaji secara parsial, variabel harga dan produk memberikan pengaruh secara signifikan terhadap minat kunjungan konsumen.
Kata kunci: Kopi, regresi linear berganda, minat kunjungan.
Abstract
Coffee has become an essential element within Indonesian culture and lifestyle. The presence of coffee shops provides opportunities for socially active individuals to socialize, engage in discussions related to work or education, or simply spend time alone or with others. This study aims to investigate the factors that influence consumer interest in visiting Coffee Garung. The study focuses on various elements of the marketing mix, containing product, price, place, promotion, people, process, and physical evidence. The study applies a survey method. Factors that influence consumer visits to Coffee Garung were measured through multiple linear regression analysis. The study reveals that simultaneously the variables of product, price, place, promotion, people, process, and physical evidence effect on consumer visit interest significantly. When performing partial analysis, the price and product variables significantly effect on consumer visit interest.
Keywords: Coffee, multiple linear regression, visitation interest.
Teks Lengkap:
Hal. 244-253Referensi
Annisa, P. N., & Sudrajat, A. (2022). Analisis Pengaruh Process dan Physical Evidence Terhadap Minat Beli Konsumen dengan Cita Rasa sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 351–372.
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Kopi Indonesia 2022. Diakses 24 Oktober 2024 dari https://www.bps.go.id/id/publication/2023/11/30/abde293e6c0fc5d45aaa9fe8/statistik-kopi-indonesia-2022.html
Dewantara, Y. F. (2021). Pengaruh Pembayaran Non Tunai sebagai Promosi pada Masa Pandemi COVID 19 terhadap Keputusan Pembelian di Sudut Pandang Kopi. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 4(1), 1–11.
Ikhsan, I., Ernawati, S., & Hamidah, N. K. (2024). Pengaruh Lokasi terhadap Keputusan Berkunjung di Black Cafe. Journal Sains Student Research, 2(4), 1182–1191.
Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno, S. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (Pysthots) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 1–12.
Kurniawan, A., & Firdaus, M. R. (2024). Pengaruh Atribut Produk Coffee Shops terhadap Kepuasan Dan Loyalitas (Studi pada pengunjung wanita). JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 12(1), 65–81.
Liana, L. (2009). Penggunaan MRA dengan SPSS untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating terhadap Hubungan antara Variabel Independen dan Variabel Dependen. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 14(2), 90–97.
Muawanah, I. (2019). Fenomena Maraknya Coffee Shop sebagai Gejala Gaya Hidup Anak Muda di Kota Metro (Studi pada Mahasiswa IAIN Metro) [Doctoral Dissertation].
Muhammad, M. (2017). Pengaruh Wi Fi (Wireless Fidelity) terhadap Pengunjung Warung Kopi di Kota Banda Aceh [Dictoral dissertation].
Nengtiyas, I. A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran untuk Meningkatkan Kunjungan Konsumen pada Cafe Kopi Soe Di Tenggilis Mejoyo Surabaya: Pemasaran. Gemah Ripah: Jurnal Bisnis, 2(02), 39–51.
Pasaribu, O. F. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Konsumen di Nakoa Cafe Malang Physical Evidence dan People. Journal of Economic, Business and Accounting, 7(6), 7092–7102.
Putri, D. M. H., Soeliha, S., & Sari, R. K. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Cafe Seduh di Besuki dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 3(6), 1118–1132.
Putri, K. S. R. (2020). Perilaku Gaya Hidup Konsumtif Perempuan Penikmat Kopi di Cliq Coffee Jakarta. Fisip UIN Jakarta.
Sari, N., & Diantanti, N. P. (2024). Pengaruh Suasana Café, Etika Pelayanan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Coffee Shop dan Bistro Cak Kreebo Wlingi. Transgenera: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 1(1), 53–66.
Sari, V. I. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Di Sanggar Puti Limo Jurai Kota Bukittinggi. Ranah Pariwisata, 1(1), 45–55.
Sholihah, S. M., Aditiya, N. Y., Evani, E. S., & Maghfiroh, S. (2023). Konsep Uji Asumsi Klasik pada Regresi Linier Berganda. Jurnal Riset Akuntansi Soedirman, 2(2), 102–110.
Siswadhi, F. (2016). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Karyawan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kerinci terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis & Akuntansi, 1(3), 177–183.
Taqwim, M. T. A., Zainuddin, A., Supriono, A., & Ibanah, I. (2023). Preferensi dan Kepuasan Konsumen terhadap Atribut Produk Minuman Kopi di Coffeeshop Starbucks Kabupaten Jember. Benchmark, 4(1), 31–49.
Tondang, G. A., Nasution, M. L. I., & Dharma, B. (2023). Pengaruh Suasana Cafe, Harga, Variasi Menu terhadap Minat Kunjungan Konsumen (Studi Kasus: Dbest Cafe Tuamang). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(1), 15–26.
USDA. (2024). Coffee: World Markets and Trade. United States Department of Agriculture.
Utami, F. Z., Suryadi, A., & Widiarti, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Promosi Media Sosial dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Cafe Hazey. Journal of Business Education and Social, 2(2), 36–49.
Widaningsih, I. R. (2023). Outlook Komoditas Perkebunan Kopi. Kementrian Pertanian.
Yakin, A., Herlina, H., & Saputra, H. Y. (2023). Eksistensi Kopi Lokal terhadap Permintaan Konsumen Cafe Tradisional dan Cafe Modern di Kota Bandung, Jawa Barat Dan Kota Mataram, Ntb. Media Bina Ilmiah, 17(8), 1855–1872.
DOI: https://doi.org/10.24198/agricore.v10i1.63589
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##