KARAKTERISTIK KAPAL RAWAI BERDASARKAN RASIO DIMENSI UTAMA DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN

Pringgo Kusuma D. N. Y. Putra, Nora Akbarsyah, Rega Permana, Aulia Andikawati, Yopi Novita, Budhi Hascaryo Iskandar

Abstrak


Keragaman kapal penangkap ikan di Indonesia sangat tinggi. Perbedaan desain, bentuk dan ukuran hampir dapat ditemui di setiap daerah di Indonesia. Informasi mengenai karakteristik kapal penangkap ikan untuk setiap daerah di Indonesia masih sangat perlu untuk diidentifikasi, salah satunya seperti di daerah PPN Brondong, Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan data sampel dilakukan secara langsung di lapangan dengan jumlah sampel yang sudah ditentukan sebelumnya. Hasil penguumpulan data menunjukkan bahwa kapal rawai di daerah tersebut memiliki dimensi utama yang tidak jauh berbeda. Nilai dimensi utama yang dihasilkan adalah, L/B sebesar 2,45-3,34, L/D sebesar 5,28-11,25, dan B/D sebesar 2,00-3,53. Berdasarkan hasil perbandingan, kapal rawai di lokasi penelitian memiliki lebar dan dalam kapal yang lebih besar dibandingkan dengan hasil acuan. Hal tersebut tentu saja akan meningkatkan kemampuan memanjang kapal namun dapat memberikan pengaruh yang buruk terhadap tahanan kapal.


Kata Kunci


Brondong, lamongan, perikanan, rawai, tradisional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aziz, M. A., Iskandar, B. H., & Novita. Y. (2017). Rasio dimensi utama dan stabilitas statis kapal purse seine tradisional di Kabupaten Pinrang. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, 9(1), 19-28. https://doi.org/10.29244/jitkt.v9i1.17914.

Bangun, T. N. C. (2017). Performa teknis bentuk linggi haluan kapal penangkap ikan di beberapa wilayah di Indonesia. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Bangun, T. N. C., Novita, Y., & Iskandar, B. H. (2017). Bentuk linggi haluan kapal penangkap ikan (kurang dari 30 GT). Albacore, 1(2), 127-137. https://doi.org/10.29244/core.1.2.127-137.

Burella, G., Moro, L., Colbourne, B. (2018). Noise sources and hazardous noise levels on fishing vessels: The case of Newfoundland and Labrador's fleet. Ocean Engineering Journal. Vol. 173. 116-130. https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2018.12.062.

Caamano, L. S., Geleazzi, R., Nielsen, U. D., Gonzalez, M. M., Casas, V. D. (2019). Real-time detection of transverse stability changes in fishing vessels. Ocean Engineering Journal. Vol. 189. https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2019.106369.

Fathanah, Y., Wiyono, E. S., Darmawan, & Novita, Y. (2013). Dinamika dan karakteristik unit penangkapan ikan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan, 4(2), 139-147. https://doi.org/10.24319/jtpk.4.139-147.

Iskandar, B. H., & Pujiati, S. (1995). Keragaan Teknis Kapal Perikanan di Beberapa Wilayah Indonesia. Bogor: Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan FPIK IPB

Khan, A. M. A., Gray, T. S., Mill, A, C., Polunin, N. V. C. (2018). Impact of a fishing moratorium on a tuna pole-and-line fishery in eastern Indonesia. Marine PolicyJournal. Pages 143-149. https://doi.org/10.1016/j.marpol.2018.05.014

Novita, Y., Martiyani, N., & Ariyani, R. E. 2014. Kualitas stabilitas kapal payang palabuhanratu berdasarkan distribusi muatan. Jurnal IPTEKS PSP, 1(1), 28-39. http://dx.doi.org/ 10.20956/ jipsp.v1i1.58

Pangalila, F. P. T. 2010. Stabilitas statis kapal ikan tipe lambut tersanjung yang berpangkalan di pelabuhan perikanan samudera aertembaga kota Bitung Propinsi Sulawesi Utara. Jurnal Perikanan dan Kelautan, 6(3), 149-155. https://doi.org/10.35800/jpkt.6.3.2010.160.

Paroka, D. 2018. Karakteristik geometri dan pengaruhnya terhadap stabilitas kapal ferry ro-ro Indonesia. Kapal, 15(1), 1-8. https://doi.org/10.14710/kpl.v15i1.17272.

Petrus, K. B. 2018. Analisis pengadaan kapal: studi kasus di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Praharsi, Y., Jami’in, M. A., Suhardjito, G., Ming wee, H. 2019. Modeling a traditional fishing boat building in East Java, Indonesia. Jurnal Ocean Engineering. Vol. 189. https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2019.106234

Putra, P. K. D. N. Y., Iskandar, B. H., & Novita, Y. 2018. Using length of bilge keel to length of waterline ratio to reduce ship rolling motion. Engineering, Technology & Applied Science Research, 8(2), 2731-2734.

Putra, P. K. D. N. Y., & Akbarsyah, N. 2020. Main dimension characteristic of cantrang fishing vessels in Mayangan coastal fishing port. Global Scientific Journal, 8(5), 1418-1425.

Subehi, S., Boesono, H. S., & Ayunita, N, N, D. 2017. Analisis alat penangkap ikan ramah lingkungan berbasis code of conduct for responsible fisheries (CCRF) di TPI Kedung Malang Jepara. Indonesian Journal of Capture Fisheries, 1(3), 1-10.

Tandipuang, P., Novita, Y., & Iskandar, B. H. 2015. Kesesuaian desain operasional kapal INKAMINA 163 berbasis di PPP Sadeng Yogyakarta. Jurnal Kelautan Nasional, 10(2), 103-112. http://dx.doi.org/10.15578/jkn.v10i2.6161.

Taylen, S., Ozkan, I., Celik, G. K. 2020. The validity and reliability analysis of the Turkish version of the 8-item passion scale. New Ideas in Psychology Journal. Vol. 59. https://doi.org/10.1016/j.newideapsych.2020.100802.

Ugurlu, F., Yildiz, S., Boran, M., Ugurlu, O., Wang, J. 2020. Analysis of fishing vessel accidents with Bayesian network and Chi-square methods. Ocean Engineering Journal. Vol. 198. https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2020.106956.




DOI: https://doi.org/10.24198/akuatek.v1i1.28261

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Jurnal Ini Terindeks di:


 width=


 

Kontak Kami:

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor

Web Analytics View My Stats