Analisis Finansial dan Business Model Canvas Usaha Produksi Abon Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis)

Asep Agus Handaka Suryana, Indah Riyantini, Atikah Nurhayati, Gannisa Agustina Paramartha

Abstrak


Penelitian ini betujuan untuk menganalisis kelayakan usaha dan perencanaan model bisnis dari UMKM Abon Ikan Cakalang Produksi Wadimah di Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2021 sampai dengan Mei 2022 di UMKM Abon Wadimah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, yang akan dijelaskan secara deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer (data hasil observasi dan wawancara) dan data sekunder (buku, jurnal, skripsi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung ke tempat dan wawancara dengan pemilik usaha Abon Wadimah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Usaha Abon Ikan Cakalang Produksi Wadimah dinyatakan layak secara finansial. Hal ini ditinjau dari nilai keuntungan yang dihasilkan sebesar Rp 50.590.000,00/tahun, Revenue Cost Ratio (R/C) > 1 sebesar 2,10, Payback Period (PP) sebesar 0,52 tahun (6 bulan, 3 minggu), dan Break Even Point (BEP) produksi sebanyak 192 kg serta Break Even Point (BEP) harga sebesar Rp 92.204,17/kg. Adapun Business Model Canvas pada Usaha Abon Ikan Cakalang Produksi Wadimah meliputi Customer Segment (balita hingga lansia, wanita karir, dan orang yang tidak/suka ikan), Value Proposition (tahan lama, tanpa campuran MSG, gizi tinggi, praktis, dan mudah didapat), Channel (media sosial, marketplace, SMS/telpon, pameran/event tertentu), Customer Relationship (bersikap ramah, memberikan potongan harga/bonus), Revenue Stream (modal pribadi), Key Resource (alat dan tempat produksi serta sumber daya manusia), Key Activity (penerimaan bahan baku, proses pengolahan hingga pengemasan, penjualan, mempertahakan kualitas, hingga melakukan inovasi), Key Partner (supplier, reseller, dinas-dinas terkait, pemilik toko), serta Cost Structure (biaya investasi dan biaya operasional).

Kata Kunci


Industri Makanan; Investasi Usaha; Penjualan Produk; Usaha mikro

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buditjahjono, N. (2020). Mendulang Pretasi Bersama Abon. Surabaya: Karunia.

Dudin, M. N., Kutsuri, G. N., Fedorova, I. J., Dzusova, S. S., & Namitulina, A. Z. (2015). The Innovative Business Model Canvas in the System of Effective Budgeting. Journal Asian Social Science, 11(7), 290-296.

Effendi, I., & Oktariza, W. (2006). Manajemen Agribisnis Perikanan. Jakarta: Penebar Swadaya.

Hartatik, H., & Baroto, T. (2017). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Business Model Canvas. Jurnal Teknik Industri, 18(2), 113–120. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol18.no2.113-120

Herawati, N., Lindriati, T., & Suryaningrat, I. B. (2019). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(01), 42. https://doi.org/10.19184/j-agt.v13i01.8554

Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif disertai Contoh Praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Rawamangun: Prenadamedia Group.

Maecker, O., & Barrot, C. (2016). The effect of social media interactions on customer relationship management. Journal Business Research, 9(1), 133-155.

Nur, A. A., Nur, F. A. B., Farah N, H., & Jamaludin. (2015). Comparison of BMC among the three consulting companies. International Journal of Computer Science and Information Technology Research3(2): 462–471.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2014). Business Model Generation. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Payne, A., Frow, P., & Eggert, A (2017). The customer value proposition: evolution, development, and application in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 45 (4), 467-489. doi:10.1007/s11747-017-0523-z.

Radjab, E., & Jaman, A. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Saleh, Y. (2019). Strategi Pemberdayaan Pengolah Abon Ikan Berorientasi Pasar di Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Ilmiah Maju, 2(2).

Setiawati, I. T., & Ningsih, S. (2018). Manajemen Usaha Pengolahan Abon Ikan Lele (Clarias gariepinus) di P2MKP. Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan, 12(2), 95–110. https://doi.org/https://doi.org/10.33378/jppik.v12i2.103

Sinaga, Dadjim, & Risma, H. J. (2013). Studi Kelayakan Investasi Pada Proyek dan Bisnis dalam Perspektif Iklim Investasi Perekonomian Global: Teori dan Aplikasinya dalam Menilai Investasi Modal dalam Proyek dan Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sitio, V. S. S. (2017). Penerapan Bisnis Model Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada Industri Kecil Menengah (Studi kasus di IKM QUE QOE di Kelurahan Tengah, Jakarta Timur). Jurnal Ilmiah M-Progress, 7(1). DOI: 10.35968/m-pu.v7i1.176

Solihah, E., Hubeis, A. V. S., & Maulana, A. (2016). Analisis Model Bisnis Pada Knm Fish Farm Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Bmc). Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 9(2), 185– 194. https://doi.org/10.15578/jsekp.v9i2.1 220

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trihasa, R., & Ikhwana, A. (2016). Analisis Rencana Pengembangan Usaha Abon Ikan Lele. Jurnal Kalibrasi, 14(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33364/kalibrasi/v.14-1.309

Varianto, V. (2017). Model Bisnis Colleges Need Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas. Jurnal Manajemen dan Star-Up Bisnis, 2, (3), 351- 358

Zott, C, Amir R, Masa L. (2011). The business model: recent developments and future research. Journal of Management, 37(4), 1019–1042. https://doi.org/10.1177/0149206311406265.




DOI: https://doi.org/10.24198/jaki.v8i1.39754

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Jurnal Ini Terindeks di:


 width= width= width= width= width= width= width= width= width=


 

Penerbit:

Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor