Karakteristik Dimensi Utama Kapal Gillnet (Static Gear) Pada Penangkapan Udang Mantis (Harpiosquilla Raphidea) Di Kampung Nelayan, Jambi

Farhan Ramdhani, Septy Heltria, Rizky Janatul Magwa, Fauzan Ramadan, Nofrizal Nofrizal, Romie Jhonnerie

Abstrak


Kapal gillnet termasuk kedalam kategori kapal static gear yang dalam pengoperasiannya lebih mementingkan stabilitas yang baik dan area kerja yang luas daripada kecepatan kapalnya. Rasio dimensi utama dapat menggambarkan karakteristik suatu kapal. Karakteristik tersebut mencakup performance aspek penting diantaranya: stabilitas, olah gerak kapal, tahanan, kemampuan muat dan aspek teknis lainnya yang tergambar dalam nilai rasio dimensi utama. Informasi mengenai karakteristik kapal penangkap ikan perlu diidentifikasi sebab kapal menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan nelayan dalam mendapatkan hasil tangkapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik dimensi utama kapal gillnet udang mantis di Kampung Nelayan, Jambi. Pengumpulan data dilakukan bulan November sampai Desember 2018. Metode yang digunakan adalah survey dengan melakukan pengukuran L, B, dan D secara langsung di lapangan dan melakukan wawancara terhadap nelayan gillnet udang mantis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapal gillnet udang mantis di lokasi penelitian memiliki dimensi utama hampir sama atau tidak jauh beda. Nilai dimensi utama menunjukkan, L/B berkisar 4,32-6,07, L/D berkisar 5,59-8,70, dan B/D berkisar 1,15-1,55. Nilai-nilai perbandingan tersebut masih berada dalam rentang nilai rasio dimensi utama kapal static gear di Indonesia. Pada nilai B/D perlu mendapat perhatian karena memiliki nilai perbandingan yang kecil yang berpengaruh pada stabilitas kapal menjadi kurang baik. Meski demikian, sejauh ini kapal yang digunakan mampu menunjang pelaksanaan aktivitas penangkapan udang mantis di lokasi penelitian.

Kata Kunci


Kapal Perikanan, Olah Gerak Kapal, Rasio Dimensi Utama, Stabilitas, Ukuran Kapal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriliani, I. M., Dewanti, L. P., & Zidni, I. (2017). Karakteristik Dimensi Utama Kapal Perikanan Pukat Pantai (beach seine) di Pangandaran. Jurnal Airaha, 6(2), 48-53. https://doi.org/10. 15578/ja.v6i2.65

Ardidja, S. (2007). Kapal Penangkap Ikan Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan Jurusan Teknologi Penangkapan Ikan Sekolah Tinggi Perikanan. Jakarta. 103 hlm.

[BSN] Badan Standarisasi Nasional. (2006). Bentuk Baku Mutu Kapal SNI Indonesia. Jakarta.

Darmawan O.S., Muhammad, S., Soemartoyo, W., Nursyam, H., & Guntur. (1999). Studi Pengembangan Paket Teknologi Alat Tangkap Rawai-Jaring Insang Hanyut Skala Perikanan Rakyat dalam Rangka Pemanfaatan Sumber Daya Ikan Perairan Lepas Pantai Selatan Jawa Timur. Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Teknik, 11(1), 73-92.

Dinas Perikanan Kab. Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. (2021). Jumlah Produksi Perikanan Tangkap Laut Menurut Jenis Ikan dan Kecamatan 2020, 1-41.

Dinas Perikanan Kab. Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. (2021). Jumlah Rumah Tangga Perikanan Laut Menurut Alat Tangkap 2020, 1-10.

Hardjono, S. (2010). Identifikasi Rasio Parameter Kapal Penumpang Catamaran Berbahan Frp. Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia, 12(3), 159-165. https://doi.org/10.29122/jsti.v12i3.862

Iskandar, B. H., & Pujiati, S. (1995). Keragaan Teknis Kapal Perikanan di Beberapa Wilayah Indonesia. Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Istiqomah, I., Susanto, A., & Irnawati, R. (2014). Karakteristik Dimensi Utama Kapal Jaring Rampus di Pelabuhan Perikanan Nusantara Karangantu Kota Serang Provinsi Banten. Jurnal Perikanan dan Kelautan, 4(4), 269-276. http://dx.doi.org/10.33512/jpk.v4i4.175

Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Nomor PY.67/1/13- 90 tentang petunjuk pelaksanaan pengukuran kapal-kapal Indonesia.

Khan, A. M. A., Gray, T. S., Mill, A, C., Polunin, N. V. C. (2018). Impact of a fishing moratorium on a tuna pole-and-line fishery in eastern Indonesia. Marine Policy Journal, Vol. 9, 143-149. https://doi.org/10.1016/j.marpol.2018.05.014

Lungari, F. F., & Dalekes, R. A. (2018). Karakteristik Dimensi Utama Perahu Katir “Pumpboat” Di Enemawira dan Peta-Kepulauan Sangihe. Jurnal Ilmiah Tindalung, 4(1), 45-49. http://e-journal.polnustar.ac.id/jit/article/view/134

Mashar, A., & Wardiatno, Y. (2011). Distribusi Spasial Udang Mantis Harpiosquilla raphidea dan Oratosquillina gravieri di Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Jurnal Ilmiah Pertanian dan Perikanan, 1(1), 41-46. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/54836

Murhum, K. S. O., Novita, Y., Imron, M., & Komarudin, D. (2022). Dimensi Utama dan Stabilitas Kapal Pancing Tonda di Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan, 13(2), 111-119. https://doi.org/10.24319/jtpk.13.111-119

Nofrizal., Ramdhani, F., & Jhonnerie, R. (2020). Nilai Finansial dan Potensi Konflik Perikanan Udang Mantis di Kuala Tungkal, Jambi. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, 12(1), 25-36. https://doi.org/10.29244/jitkt.v12i1.27223

Nomura, M. & Yamazaki, T. (1977). Fishing Tecniques1. JICA. Tokyo. 175-196pp.

Nopandri, R., Fauziyah, & Rozirwan. (2011). Stabilitas Kapal Bottom Gillnet di Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat, Bangka Belitung. Maspari Journal, Vol. 01, 63-69. https://doi.org/10.56064/maspari.v2i1.1195

Palembang, S., Luasunaung, A., & Pangalila, F. P. (2013). Kajian rancang bangun kapal ikan fibreglass multifungsi 13 GT di galangan kapal CV Cipta Bahari Nusantara Minahasa Sulawesi Utara. Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap, 1(3), 87-92. https://doi.org/10.35800/jitpt.1.3.2013.1410

Paroka, D. (2018). Karakteristik geometri dan pengaruhnya terhadap stabilitas kapal ferry ro-ro Indonesia. Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, 15(1), 1-8. https://doi.org/10.14710/kpl.v15i1.17272

Perez J.A.A., & Wahrlich, R. (2004). A Bycatch Assessment of the Gillnet Monkfish Lophius gastrophysus Fishery off Southern Brazil. Fisheries Research, 72(1), 81–95. https://doi.org/10.1016/j.fishres.2004.10.011

Purwanto, Y., Iskandar, B. H., Imron, M., & Wiryawan, B. (2014). Aspek Keselamatan Ditinjau dari Stabilitas Kapal Dan Regulasi Pada Kapal Pole and Line Di Bitung, Sulawesi Utara (Safety Aspects Pole and Liner From Ship Stability and Regulation Point of View in Bitung, North Sulawesi). Marine Fisheries: Journal of Marine Fisheries Technology and Management, 5(2), 181-191. https://doi.org/10.29244/jmf.5.2.181-191

Putra, P. K. D. N. Y., & Akbarsyah, N. (2020). Main dimension characteristic of cantrang fishing vessels in Mayangan coastal fishing port. Global Scientific Journal, 8(5), 1418-1425.

Putra, P. K. D. N. Y., Iskandar, B. H., & Novita, Y. (2018). Using length of bilge keel to length of waterline ratio to reduce ship rolling motion. Engineering, Technology & Applied Science Research, 8(2), 2731-2734. https://doi.org/10.48084/etasr.1861

Putra, P. K. D.N.Y., Akbarsyah, N., Permana, R., Andikawati, A., Novita, Y., & Iskandar, B. H. (2020). Karakteristik Kapal Rawai Berdasarkan Rasio Dimensi Utama di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Kabupaten Lamongan. Jurnal Akuatek, 1(1), 53-58. https://doi.org/10.24198/akuatek.v1i1.28261

Ramdhani, F., Nofrizal, N., & Jhonnerie, R. (2019). Studi Hasil Tangkapan Bycatch dan Discard pada Perikanan Udang Mantis (Harpiosquilla raphidea) Menggunakan Alat Tangkap Gillnet. Marine Fisheries: Journal of Marine Fisheries Technology and Management, 10(2), 129-139. https://doi.org/10.29244/jmf.v10i2.29496

Saksono G. A. 2009. Uji Tahanan Gerak Model Perahu Katir Palabuhan Ratu. Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Sunardi, S., Baidowi, A., & Yulianto, E. S. (2019). Perhitungan GT Kapal Ikan Berdasarkan Peraturan di Indonesia dan Pemodelan Kapal dengan dibantu Komputer (Studi Kasus Kapal Ikan Muncar dan Prigi). Marine Fisheries: Journal of Marine Fisheries Technology and Management, 10(2), 141-152. https://doi.org/10.29244/jmf.v10i2.29495

Susanto, A., Novita, Y., Nurdin, H. S., Dariansyah, M. R., Heriawan, Y., Supiyono, I., & Rokhman, M. S. (2021). Karakterik Desain Kapal Static Gear di Selat Sunda. Jurnal Riset Kapal Perikanan, 1(2), 1-8. https://doi.org/10.29244/jrisetkapal.1.2.1-8

Tandipuang, P., Tamrin, Maskuri, M., Nurwahidin, Isman, K., Rumpa, A., Setianto, T., Asia. (2021). Identifikasi Kearifan Lokal Dimensi dan Bentuk Kasko Kapal Pancing Ulur KMN. Reski 01 Berbasis di Kelurahan Panyula, Bone. Jurnal Airaha, 10(1): 131-138. https://doi.org/10.15578/ja.v10i01.213

Tangke, U. (2010). Evaluasi dan Pengembangan Disain Kapal Pole and Line di Pelabuhan Dufa-dufa Provinsi Maluku Utara. Jurnal Agribisnis dan Perikanan, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.2.1.1-9

Undang-undang No. 7 Tahun 2016 Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan, dan Petambak Garam. 38 hlm.




DOI: https://doi.org/10.24198/jaki.v7i2.43530

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Jurnal Ini Terindeks di:


 width= width= width= width= width= width= width= width= width=


 

Penerbit:

Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor