STRATEGI PEMASARAN POLITIK PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA TANGERANG SELATAN DALAM PEMILIHAN UMUM 2019
Abstrak
PSI resmi menjadi peserta pemilihan umum pada tahun 2019. Sebagai peserta baru dalam pemilihan umum 2019, pemasaran politik dilakukan oleh PSI Tangerang Selatan untuk menjaring dukungan serta suara. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif serta teori pemasaran politik milik Nursal untuk menjabarkan pemasaran politik yang dilakukan oleh PSI Tangerang Selatan dan keempat anggota terpilih. Proses pengumpulan data melalui wawancara dan dokumen terkait, kemudian data divalidasi dengan teknik triangulasi sumber. Pemasaran politik yang dilakukan PSI Tangerang Selatan banyak berfokus ke warga di kompleks perumahan, terutama yang swing voter dan golongan putih. Selain turun langsung ke masyarakat, PSI Tangerang Selatan aktif untuk memuat rilis di media berita lokal untuk membahas atau mengkaji masalah-masalah yang sedang terjadi di Tangerang Selatan. Tandem bersama calon legislatif PSI lainnya juga dilakukan dalam rangka efisiensi biaya. Walaupun PSI Tangerang Selatan tidak memiliki tokoh yang dikenal masyarakat, mereka banyak memanfaatkan Grace Natalie sebagai tokoh pasif agar lebih mudah untuk masuk ke masyarakat.
PSI officially became a participant in the general election in 2019. As a new contender in the 2019 general election, PSI South Tangerang engaged in political marketing to garner support and votes. Political marketing is a strategy that aids the success of a party or candidate in a general election. Utilizing qualitative research methods to analyze the political marketing of PSI South Tangerang through Nursal's political marketing theory, data was collected through interviews and relevant documents then validated with triangulasi to find correlations between the theory and the political marketing conducted by PSI South Tangerang, resulting in them securing 4 seats in the South Tangerang City Regional Council. The political marketing efforts of PSI Kota Tangerang Selatan were largely focused on residents in housing complexes, especially those who were a swing voter and non-voter. Apart from direct community engagement, PSI Tangerang Selatan was active in issuing press releases in local news media to discuss or assess ongoing issues in the region. Collaborative efforts with other PSI legislative candidates were also employed to ensure cost efficiency. Despite not having well-known public figures, PSI South Tangerang made use of Grace Natalie as a passive figurehead to facilitate their integration into the community.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aditya, A. (2020.) Analisis Strategi Komunikasi Partai Politik Baru Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Pemilih Pemula (Studi kasus DPD Partai Solidaritas Indonesia Kota Parepare). Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 26(1), 43-76.
Bahtiar, S., & Rifaid. (2020). Efektivitas Pemasaran Politik (Pull Marketing) Terhadap Kemenangan ABM-Enny Pada Pemilihan Gubernur Sulawesi Barat Tahun 2017. 8(2). 303-312
Bhayangkara, R. I. (2019). Komunikasi Pemasaran Politik Partai Politik Baru di Indonesia (Studi Komunikasi Pemasaran Politik Partai Dengan Identitas Kepemudaan Pada Partai Solidaritas Indonesia. (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga). 1-16
Hanafi, R. I. (2018). Kemunculan Dan Tantangan Partai Politik Baru Pada Pemilu 2019. Jurnal Penelitian Politik, 15(2), 197-213.
Handika, R., & Azmi, A. (2020). Marketing Politik Calon Legislatif Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 3(1), 61-73. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.336
Lees-Marshment, J. (2014). Political Marketing: Principles and Applications (2nd ed.). Routledge.
LIPI. (2018). Konstelasi Politik di Tahun Elektoral: Jurnal Penelitian Politik. 15(2). 197-320
Moleong, J. L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung : Remaja Rosdakarya
Nasution, Rifdah Hayani. (2019). Strategi Marketing Politik Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Pada Segmentasi Pemuda Di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa FISIP. 6(1). 1-13
Nursal, Adnan. (2004). Political Marketing Strategi Memenangkan Pemilu. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. ISBN: 979-22-0762-7
PSI.or.id. (2015). ABC PSI. 1-27
Setyo, B. (2013). Membangun Model Kampanye Politik Berbasis Silaturahim Bagi Calon Legislatif Incumbent Kabupaten Klaten dalam Pemilu 2014. Profetik: Jurnal Komunikasi, 6(2).
Sukri, Muhammad Alfajri. (2020). Dinasti Politik di Banten: Familisisme, Strategi Politik dan Rendahnya Partisipasi Politik Masyarakat. 10(2). 169-190
Tulung, E. Lingkan., et al. (2022). The Political Marketing Strategy Of Partai Solidaritas Indonesia In Legislative Election 2019 Of North Sulawesi Province. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi. 9(1). 307-322.
Yunus, Nur Rohim. (2018). Coattail Effect Pada Ajang Pemilihan Umum Presiden 2019. 2(8e). Adalah: Buletin Hukum & Keadilan. 79-80. ISSN: 2238-4638
DOI: https://doi.org/10.24198/aliansi.v2i2.49748
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Aliansi : Jurnal Politik, Keamanan Dan Hubungan Internasional Terindeks Di:
Penerbit:
Pusat Studi Keamanan dan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran. Kampus FISIP Universitas Padjadjaran, Gedung D, Lt.2
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km.21, Jatinangor, Sumedang, Indonesia