GEN-Z DAN POLITIK: MENELUSURI STRATEGI KAMPANYE MEDIA SOSIAL ATALIA PRARATYA DALAM PEMILU LEGISLATIF 2024
Abstrak
Penelitian ini mendeskripsikan Hubungan Strategi Kampanye Media Soisal Atalia Dalam Legislatif dengan Gen-Z. Sosok Atalia yang populis membuat Atalia selangkah lebih depan untuk kampanye dibandingkan Calon Legislatif lainnya. Atalia merupakan sosok populer karena memiliki modal politik yang besar baik itu berupa modal ekonomi, kultural, sosial, dan simbolik. Melalui platform media sosial, karena akses yang mudah dan cepat maka platform media sosial dapat di jadikan penghubung antara komunikator politik. Atalia sering menggunakan media sosialnya untuk dapat menjangkau suara masyarakat secara luas. Dialog interaktif dibangun dengan membalas komentar yang sering diajukan di akun-akun media sosialnya. Kampanye politik melalui media sosial ini dimanfaatkan untuk menjangkau audiens tertentu. Sementara itu Gen-Z pada saat pemilu 2024 memanfaatkan media sosial untuk mengakses informasi politik, berpartisipasi dalam diskusi politik, dan terhubung dengan kampanye politik. Atalia membangun dialog interaktif dengan seluruh kalangan masyarakat disetiap platform medianya membuat Gen-Z merasa dianggap berpartisipasi dalam bagian sistem politik yang mendorong terwujudnya pemerintahan yang lebih responsif terhadap kebutuhan dan aspirasi generasi Z.
This research describes the relationship between Atalia's social media campaign strategy in the legislature and Gen-Z. Atalia's populist figure makes Atalia one step ahead of the campaign compared to other legislative candidates. Atalia is a popular figure because she has large political capital in the form of economic, cultural, social and symbolic capital. Through social media platforms, because of easy and fast access, social media platforms can be used as a link between political communicators. Atalia often uses social media to reach the voice of society at large. Interactive dialogue is built by responding to comments that are frequently submitted on social media accounts. Political campaigns via social media are used to reach certain audiences. Meanwhile, Gen-Z during the 2024 election will use social media to access political information, participate in political discussions and connect with political campaigns. Atalia builds interactive dialogue with all levels of society on every media platform, making Gen-Z feel like they are participating in a part of the political system that encourages the realization of a government that is more responsive to the needs and aspirations of Generation Z.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ananda, R., & Valentina, T. R. (2021). Modal Politik dan Modal Sosial Athari Gauthi Ardi Pada Kemenangan Pemilu Legislatif Tahun 2019 di Provinsi Sumatera Barat. JDKP Jurnal Desentralisasi Dan Kebijakan Publik, 2(1), 169–185. https://doi.org/10.30656/jdkp.v2i1.2496
Anshari, F. (2013). Komunikasi Politik di Era Media Sosial. Jurnal Komunikasi , 8, 91–101. https://doi.org/10.2088 5/komunikasi.vol8.iss1. art7
Asfar, A., Firdaus, Z., Kasidi, D., & Yustika, S. (2024). Mewujudkan Kepublikan Pemilu Dikalangan Pemuda dengan Mendorong Pemilih Muda sebagai Subjek Politik.
Cangara, H. (2006). Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi. Rajawali Pers.
Chadie. (2024). Tak Hanya Pilpres, Masyarakat Juga Perlu Kenali Caleg di Pemilu 2024. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/651001/tak-hanya-pilpres-masyarakat-juga-perlu-kenali-caleg-di-pemilu-2024
Faisal, S. (2008). Format-format Penelitian Sosial. PT. Raja Grafindo Persada.
Firmanzah. (2010). Persaingan, Legitimasi, Dan Marketing Politik. Yayasan Obor Indonesia.
Halim, A. (2014). Manajemen Keuangan Sektor Publik problematika penerimaan dan pengeluaran pemerintah.
Hardiansyah, H. (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Salemba Humanika.
Humas Jabar. (2022). Ridwan Kamil Raih Penghargaan Most Popular Leader in Social Media di JAMPIRO 2022. Portal Jabarprovgoid.
Jayus, Sumaiyah, Mairita, D., & Abdullah, A. (2024). Media Sosial sebagai Media Kampanye Politik Menjelang Pemilu 2024 Social Media as a Political Campaign Media Ahead of the 2024 Elections. Jurnal Simbolika, 10(1). https://doi.org/10.31289/simbolika.v10i1.11468
Kurniawan, M. R. (2023). Digitalisasi: Strategi Komunikasi KPU Dalam Meningkatkan Partisipasi Gen Z Pada Pemilu 2024. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3, 1375–1390.
Kusumawardani, V., & Cahyanto, B. (2024). Fenomena Buzzer Dan Hoax Pada Sosial Media Dalam Menentukan Pilihan Politik Bagi Gen-Z Pada Pilpres 2024 Dalam Perspektif Agenda Setting. Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi).
Marijan, K. (2006). Demokratisasi di Daerah, Pelajaran dari Pilkada Secara Langsung.
Muhammad, N. (2023, July 5). KPU: Pemilih Pemilu 2024 Didominasi oleh Kelompok Gen Z dan Milenial. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/05/kpu-pemilih-pemilu-2024-didominasi-oleh-kelompok-gen-z-dan-milenial
Mulyadi, D., Lananda, A., Claudia Simbolon, C., Kedzma Alvian, C. M., Irvanul Farraz, M., & Akhtar Perdana, Z. (2024). Pengaruh Media Massa Terhadap Generasi Z Sebagai Partisipasi Pemilu 2024 : Di Tinjau Dari Teori Demokrasi. https://doi.org/10.36355/.v1i2
Nabila, D. (2024). Sumber Kekayaan Atalia Praratya. Suara.Com. https://www.suara.com/lifestyle/2024/01/12/145836/kekayaan-atalia-praratya-istri-ridwan-kamil-yang-nyaleg-perdana#:~:text=Sumber%20Kekayaan%20Atalia%20Praratya&text=Harta%20kekayaan%20yang%20dimiliki%20Atalia,keuangan%20di%20PT.%20Urbane%20Indonesia.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Nimmo, D. (1978). Political Communication and Public Opinion in America. Goodyear Publishing USA.
Nurhidayat, I., & Garis, R. R. (2023). Trend Komunikasi Politik di Media Sosial. Jurnal Lanskap Politik , 1. https://doi.org/10.3194 2/jlp.2023.1.2.8373
Razaqa, M. K., Prawira, F. R., & Santoso, G. (2022). “Pengaruh Media Sosial Terhadap Orientasi Politik Pemilih Pemula Siswa Pada Pemilu. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra).
Ritzer, George., & Goodman, D. J. (2005). Teori sosiologi modern. Prenada Media.
Simamora, I. Y., Azra, A., Nasution, M., Novita, D. D., Syahira, Z., Sakila Nazwa, W., & Siregar, R. A. (2024). Peran Generasi Z dalam Pemilu 2024 di Indonesia. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara,.
Stillmen, D. (2017). Gen Z @ work : how the next generation is transforming the workplace. Harper Business, an imprint of HarperCollinsPublishers.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Alfabeta.
Wahid, U. (2016). Komunikasi Politik Teori, Konsep, Dan Aplikasi Pada Era Media Baru . Sombiosa Rekatama Media.
Zulkarnaen, F. (2020). Partisipasi Politik Pemilih Milenial Pada Pemilu Di Indonesia. Jurnal Politikom Indonesiana.
DOI: https://doi.org/10.24198/aliansi.v3i2.56107
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Aliansi : Jurnal Politik, Keamanan Dan Hubungan Internasional Terindeks Di:
Penerbit:
Pusat Studi Keamanan dan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran. Kampus FISIP Universitas Padjadjaran, Gedung D, Lt.2
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km.21, Jatinangor, Sumedang, Indonesia