POPULISME DALAM KAMPANYE: ANALISIS PERAN ANIES BASWEDAN DALAM MENINGKATKAN ELEKTABILITAS PARTAI PADA PILPRES 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan populisme dalam kampanye politik melalui sosok Anies Baswedan dan dampaknya terhadap peningkatan elektabilitas partai-partai Koalisi Perubahan pada Pilpres 2024. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi strategi partai dalam mengusung Anies Baswedan yang membawa narasi populisme serta bagaimana strategi ini mempengaruhi dukungan publik terhadap partai pengusungnya, yaitu Nasdem, PKS, dan PKB. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dilumpulkan melalui laporan media massa, hasil survei, dan dokumen partai. Analisis menunjukkan bahwa strategi populisme yang diterapkan oleh Anies Baswedan, yang berfokus pada kritik terhadap kebijakan pemerintah dan promosi narasi perubahan, berhasil menarik dukungan luas dari masyarakat. Temuan ini diindikasikan oleh peningkatan signifikan dalam perolehan kursi DPR dan DPRD oleh partai-partai pengusungnya, yaitu Nasdem, PKS, dan PKB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi partai dalam mengusung narasi populisme melalui sosok Anies Baswedan berhasil meningkatkan elektabilitas partai-partai pengusungnya secara signifikan, meskipun koalisi tersebut tidak memenangkan pilpres. Penelitian ini menyoroti efektivitas populisme sebagai strategi politik dalam konteks elektoral.
This study aims to analyze the use of populism in political campaigns through the figure of Anies Baswedan and its impact on increasing the electability of the Coalition of Change parties in the 2024 presidential election. Using a qualitative approach, this research explores the party's strategy in endorsing Anies Baswedan who carries a populist narrative and how this strategy affects public support for the endorsing parties, namely Nasdem, PKS, and PKB. The research uses secondary data collected through mass media reports, survey results, and party documents. The analysis shows that the populist strategy implemented by Anies Baswedan, which focused on criticizing government policies and promoting a narrative of change, succeeded in attracting widespread support from the public. This finding is indicated by the significant increase in the acquisition of DPR and DPRD seats by his supporting parties, namely Nasdem, PKS, and PKB. The results showed that the party's strategy in carrying the populist narrative through the figure of Anies Baswedan succeeded in significantly increasing the electability of its supporting parties, even though the coalition did not win the presidential election. This research highlights the effectiveness of populism as a political strategy in the electoral context.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Creswell, J. W. (2013). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2011). The SAGE Handbook of Qualitative Research. SAGE Publications.
Canovan, M. (1999). "Trust the People! Populism and the Two Faces of Democracy." Political Studies, 47(1), 2-16.
Gerbaudo, P. (2018). The Digital Party: Political Organisation and Online Democracy. Pluto Press.
Gunawan, K. A., & Paramita, S. (2024). “Konstruksi Aspek-Aspek Populisme Aktor Politik pada Media Online melalui Perspektif Identitas Sosial”. Koneksi, 8(1), 132–141.
Hunter, W., & Power, T. J. (2019). "Bolsonaro and Brazil's Illiberal Backlash." Journal of Democracy, 30(1), 68-82.
Jagers, J., & Walgrave, S. (2007). "Populism as Political Communication Style: An Empirical Study of Political Parties' Discourse in Belgium." European Journal of Political Research, 46(3), 319-345.
Kompas. (2024). "Pidato Kampanye Anies Baswedan di Jakarta, 15 Januari 2024". Kompas.
Kompas. (2024). "Usung Perubahan Saat Pilpres, PKB-Nasdem-PKS Kini Beri Sinyal Bakal Gabung Koalisi Prabowo". Kompas.
Kompas.com. (2024). PKB Pertimbangkan Gabung Pemerintah Prabowo. [online] Available at:https://nasional.kompas.com/read/2024/04/28/pkb-pertimbangkan-gabung-pemerintah-prabowo [Accessed 4 Jul. 2024]
Laclau, E. (2005). On Populist Reason. Verso.
LSI. (2024). "Hasil Survei Elektabilitas Anies Baswedan Maret 2024". Lembaga Survei Indonesia.
Kompas. (2024). Bubar Jalan dan Merapat ke Prabowo, Koalisi Perubahan Dinilai Hanya Jual Gimik Narasi Kritis.
Kompas. (2024). "Pidato Kampanye Anies Baswedan di Jakarta, 15 Januari 2024". Kompas.
Lim, M. (2017). "Freedom to Hate: Social Media, Algorithmic Enclaves, and the Rise of Tribal Nationalism in Indonesia." Critical Asian Studies.
Liputan6. (2019). "Jokowi dan Cerita Anak Kampung Jadi Presiden". Liputan6.
Marrietta, Lucia., & Sutrisno, Evi Lina. (2022). “Menjadi Pemimpin yang Ramah dan Peduli Rakyat : Melihat Populisme pada Anies Baswedan di Tengah Pandemi COVID-19”. Universitas Gadjah Mada.
McCombs, M. E., & Shaw, D. L. (1972). "The Agenda-Setting Function of Mass Media." Public Opinion Quarterly, 36(2), 176-187.
Moffitt, B. (2016). The Global Rise of Populism: Performance, Political Style, and Representation. Stanford University Press.
Mudde, C. (2004). "The Populist Zeitgeist." Government and Opposition, 39(4), 541-563.
Mudde, C., & Kaltwasser, C. R. (2017). Populism: A Very Short Introduction. Oxford University Press.
Norris, P. (2020). Cultural Backlash: Trump, Brexit, and Authoritarian Populism. Cambridge University Press.
Nugroho, R. (2020). "Narasi Populisme dalam Kampanye Politik di Indonesia: Studi Kasus Jokowi dan Prabowo". Jurnal Politik Indonesia, 17(1), 45-60.
Stanley, B. (2008). "The Thin Ideology of Populism." Journal of Political Ideologies, 13(1), 95-110.
Tarrow, S. (2011). Power in Movement: Social Movements and Contentious Politics. Cambridge University Press.
Tempo. (2019). "Prabowo: Ekonomi Kita Harus Berdaulat!". Tempo.
Tirto.id. (2024). Daftar Saling Serang Anies-Prabowo di Debat Capres Ketiga 2024. Diakses dari tirto.id.
Tirto.id. (2024). Perolehan Kursi DPRD DKI 2024-2029: PKS Ungguli PDIP & Gerindra. Diakses dari tirto.id
Tirto.id. (2019). "Retorika Populisme dalam Kampanye Pilpres 2019: Studi Kasus Prabowo Subianto". Tirto.id.
Tirto.id. (2024). "Pidato Kampanye Prabowo Subianto di Surabaya, 10 Januari 2024". Tirto.id.
Tirto.id. (2024). Nasdem Mendekat ke Prabowo-Gibran, Narasi Perubahan Cuma Gimik? [online] Available at: https://tirto.id/nasdem-mendekat-ke-prabowo-gibran-narasi-perubahan-cuma-gimik [Accessed 4 Jul. 2024].
Tirto.id. (2024). "Perolehan Kursi DPRD DKI 2024-2029: PKS Ungguli PDIP & Gerindra". Tirto.id.
Weyland, K. (2001). "Clarifying a Contested Concept: Populism in the Saraswati, M. S. (2018). "Social Media and the Political Campaign Industry in Indonesia." Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia.
Savitri, Nadya Dwi., dkk. (2023). “Bahasa Populis Dalam Kampanye Pemilu 2024: Analisis Terhadap Pidato Politik Terkini”. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(12), 1017-1023.
Suaedy, A. (2014). "The role of volunteers and political participation in the 2012 Jakarta gubernatorial election." Journal of Current Southeast Asian Affairs.
Study of Latin American Politics." Comparative Politics, 34(1), 1-22.
Wibowo, T. (2020). "Populisme dalam Politik Indonesia: Sebuah Tinjauan Teoretis." Jurnal Politik Indonesia, 15(2), 233-248.
Yilmaz, I. (2023). "Competing Populisms, Digital Technologies and the 2024 Elections in Indonesia." ECPS.
DOI: https://doi.org/10.24198/aliansi.v3i1.56108
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Aliansi : Jurnal Politik, Keamanan Dan Hubungan Internasional Terindeks Di:
Penerbit:
Pusat Studi Keamanan dan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran. Kampus FISIP Universitas Padjadjaran, Gedung D, Lt.2
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km.21, Jatinangor, Sumedang, Indonesia