Model motif penggunaan dan perilaku membagikan informasi dari aplikasi Tiktok
Abstract
Latar Belakang: Meningkatnya penggunaan media sosial salah satunya adalah Tiktok di masa pandemi covid 19 menjadi fokus untuk penelitian ini mencoba memahami apa yang mendorong seseorang untuk menggunakan aplikasi Tiktok. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat model faktor yang mempengaruhi niat pengguna aplikasi TikTok, serta mencari tahu faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku untuk berbagi informasi pada aplikasi Tiktok. Metode: Penelitian ini menggunakan kerangka teori TAM (Technology Acceptance Model) dan metode kuantitatif. Populasi yang diambil merupakan para mahasiswa yang menggunakan Tiktok di Pulau Jawa. Sampel penelitian ini sejumlah 385 responden yang diambil secara convenience sampling. Kemudian data diolah dengan menggunakan software SPSS dan LISREL. Hasil: Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa model motif penggunaan dan intensi berbagi memiliki model goodnes of fit yang baik dengan RMSEA; 0.072, NFI;0.90, CFI;0.93, GFI;0.88. Hasil uji parsial menunjukkan motif Perceived Ease of Use dan Perceived Enjoyment mempengaruhi niat dalam Intention to Use, kemudian Intention to Use juga mempengaruhi niat dalam Information Sharing Intention. Akan tetapi, Perceived Usefulness tidak berpengaruh terhadap niat dalam Intention to Use. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam upaya peningkatan partisipasi individu dalam menggunakan sosial media khususnya dan perilaku berbagi informasi tiktok, sebaiknya memperhatikan bagaimana persepsi individu akan kemudahan, kemanfaatan, dan kesenangan dalam penggunaan teknologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buabeng-Andoh, C. (2018). Predicting students’ intention to adopt mobile learning. Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, 11(2), 178–191.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13, 319–340.
Francis, T., & Hoefel, F. (2018). True Gen: Generation Z and Its Implications for Companies. McKinsey & Company. https://www.mckinsey.com/industries/consumer-packaged-goods/our-insights/true-gen-generation-z-and-its-implications-for-companies
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hur, K., Kim, T. T., Karatepe, O. M., & Lee, G. (2017). An exploration of the factors influencing social media continuance usage and information sharing intentions among Korean travellers. Tourism Management, 63, 170–178.
Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih media sosial di Indonesia (Studi analisis falsafah hukum Islam dalam kode etik Netizmu Muhammadiyah. Asy Syar’iyyah: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Perbankan Islam, 6(2), 202–225.
Lestarie, N. A., Budianto, A., & Prabowo, F. H. E. (2020). Pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap keputusan pembelian. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(2), 194–200.
Mai, D. K. J., & Cho, J. (2017). Factors Affecting Behavioral Intention and Actual Use of Mobile Apps in Vietnam. International Journal of Marketing and Technology, 7(10), 52–85.
Massie, A. K. (2020). Serta Dapat Mengekspresikan Diri Secara Kreatif Atau. Jurnal Social Science Research Network, 6(1), 1–8. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3633854
Matikiti-Manyevere, R., & Hattingh, J. (2020). Factors influencing intention to use social media sites for holiday destination selection by the young generation. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 9(3), 302–318.
Moslehpour, M., Pham, V. K., Wong, W. K., & Bilgiçli, I. (2018). e-purchase intention of Taiwanese consumers: Sustainable mediation of perceived usefulness and perceived ease of use. Sustainability, 10(1).
Oktarini, M. A. S., & Wardana, I. M. (2018). Pengaruh Perceived Ease Of Use Dan Perceived Enjoyment Terhadap Customer Satisfaction Dan Repurchase Intention. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(2), 227–237.
Rahman, F. A., Kristiyanto, A., & Sugiyanto, S. (2017). Motif, Motivasi, Dan Manfaat Aktivitas pendakian Gunung Sebagai Olahraga Rekreasi Masyarakat. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(2), 143–153.
Ramayah, T., & Ignatius, J. (2007). Impact of Perceived usefulness, Perceived ease of use and Perceived Enjoyment on Intention to Shop Online. ICFAI Journal of Systems Management (IJSM), 1–16.
Setyobroto, Sudibyo (1989). Psikologi Olahraga. Jakarta. Anem.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Tang, L., Omar, S. Z., Bolong, J., & Mohd Zawawi, J. W. (2021). Influence Of Tiktok Usage Toward Positive Emotion And Relationship. In C. S. Mustaffa, M. K. Ahmad, N. Yusof, M. B. M. H. @. Othman, & N. Tugiman (Eds.), Breaking the Barriers, Inspiring Tomorrow, vol 110. European Proceedings of Social and Behavioural Sciences (pp. 271-280). European Publisher. https://doi.org/10.15405/epsbs.2021.06.02.36
Thompson, et, al. (1991). Personal Computing: Toward a Conceptual Model of Utilization. MIS Quarterly, 15(1), 125-143. https://doi.org/10.2307/249443
Tojib, D., & Tsarenko, Y. (2012). Post-adoption modeling of advanced mobile service use. Journal of Business Research, 65(7), 922-928.
Zhou, R., & Feng, C. (2017). Difference between leisure and work contexts: The roles of perceived enjoyment and perceived usefulness in predicting mobile video calling use acceptance. Frontiers in Psychology, 8(MAR), 1–14.
DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v1i1.44808
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Wahidah Itsniattin Nur Khoiriah, Elien Erliana, Iwan Koswara, Ikhsan Fuady, Hani Najwa Maitsi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Comdent: Communication Student Journal Indexed by:
Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia
WA: +6283111519064 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com
Comdent: Communication Student Journal Supervised by: