Aktivitas penulis naskah dalam pembuatan siniar Body Talk: Body in Power
Abstract
Latar Belakang: Media sosial yang berorientasi besar pada visual (foto dan video) dapat memberikan dampak negatif bagi remaja yang belum mampu mengontrol penggunaanya. Para remaja memiliki kecenderungan untuk melakukan perbandingan antara dirinya dengan orang yang dilihatnya melalui media sosial. Hal ini dapat menimbulkan dampak negatif yang dapat mempengaruhi perkembangan fisik dan psikis, menimbulkan stress hingga persepsi negatif mengenai citra tubuh. Siniar sendiri merupakan media sosial berbasis audio yang diharapkan dapat memberikan dampak yang cukup signifikan terkait stress yang dirasakan penggunaya serta memberikan berbagai dampak positif lainnya. Tujuan: Untuk mengetahui aktivitas penulis naskah dalam produksi siniar serta untuk mengetahui teknis penulisan dalam siniar. Secara umum siniar ini diharapkan dapat memberikan edukasi terhadap persepsi Body Image sehingga masyarakat dapat memiliki persepsi Body Image yang positif terhadap dirinya sendiri. Metode: Penulis menggunakan Teknik Easy Listening Formula (ELF), merupakan sebuah teknik yang biasa diterapkan pada penulisan naskah radio, dimana naskah haruslah nyaman didengar dan mudah dimengerti. Hasil: Terdapat tiga tahap dalam produksi siniar, yakni tahap pra produksi, dimana penulis melakukan studi kepustakaan melalui buku dan Internet guna mendapatkan gambaran umum terkait topik, melakukan distribusi kuesioner, dan melakukan wawancara dengan narasumber untuk memvalidasi data yang telah didapatkan. Selanjutnya tahap mengolah, data yang telah diperoleh dimasukan ke dalam naskah final untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Setelah itu dilakukan tahap Pasca Produksi, dimana penulis memastikan proses finalisasi siniar sesuai dengan naskah yang telah dibuat sebelumnya. Teknik yang digunakan dalam penulisan siniar sendiri adalah Teknik Easy Listening Formula (ELF).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahn, J., Inboriboon, P. C., & Bond, M. C. (2016). Podcasts: Accessing, Choosing, Creating, and Disseminating Content. Journal of Graduate Medical Education, 8(3), 435–436. https://doi.org/10.4300/JGME-D-16-00205.1
Cash, T. F., & Pruzinsky, T. (2002). Body Image: A Handbook of Theory, Research, and Clinical Practice. The Guilford Press.
Chua, T. H. H., & Chang, L. (2016). Follow Me and Like My Beautiful Selfies: Singapore Teenage Girls’ Engagement in Self-presentation and Peer Comparison on Social Media. Computers in Human Behavior, 55, 190–197. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.09.011
Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1). https://doi.org/10.24198/jkj.v1i1.10562
Fardouly, J., & Vartanian, L. R. (2015). Negative Comparisons about One’s appearance Mediate the Relationship between Facebook Usage and Body Image Concerns. Body Image, 12, 82–88. https://doi.org/10.1016/j.bodyim.2014.10.004
Grogan, S. (2021). Body Image (Understanding Body Dissatisfaction in Men, Women and Children) (4th ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003100041
Heider, N., Spruyt, A., & De Houwer, J. (2018). Body Dissatisfaction Revisited: On the Importance of Implicit Beliefs about Actual and Ideal Body Image. Psychologica Belgica, 57(4), 158. https://doi.org/10.5334/pb.362
Honingman, R., & Castle, D. J. (2007). Living with Your Looks. University of Western Australia Press.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Lutters, E. (2010). Kunci Sukses Menulis Skenario. Grasindo.
MacAdam, A. (2018). Want to Start a Podcast? Read this First. Https://Training.Npr.Org/2018/06/19/so-You-Want-to-Start-a-Podcast-Read-This-First/.
Mahdi, M. I. (2022, February). Pendengar Podcast di Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia. Https://Dataindonesia.Id/Digital/Detail/Pendengar-Podcast-Di-Indonesia-Terbanyak-Kedua-Di-Dunia.
Mahon, C., & Hevey, D. (2021). Processing Body Image on Social Media: Gender Differences in Adolescent Boys’ and Girls’ Agency and Active Coping. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.626763
Middlebrook, M. (1993). Social Pshychology and Modern Life. Alfred A, Knopft. Inc.
Moran, B. (2017). Self-Compassion, Body Image Dissatisfaction, and Negative Social Comparisons in Adolescents Utilizing Social Networking Sites [Dissertation]. Philadelphia College of Osteopathic Medicine.
Oltmanns, T., & Emery. (2013). Psikologi Abnormal. Pustaka Pelajar.
Puntoadi, D. (2011). Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Quick, V., Eisenberg, M. E., Bucchianeri, M. M., & Neumark-Sztainer, D. (2013). Prospective Predictors of Body Dissatisfaction in Young Adults. Emerging Adulthood, 1(4), 271–282. https://doi.org/10.1177/2167696813485738
Ridha, M. (2012). Hubungan antara Body Image dengan Penerimaan Diri pada Mahasiswa Aceh di Yogyakarta. EMPATHY, 1(1), 112–120.
Rizal, A. (2023, February). Gen-Z Indonesia Dorong Spotify Raih 205 Juta Pelanggan Premium 2022. Https://Infokomputer.Grid.Id/Read/123680181/Gen-z-Indonesia-Dorong-Spotify-Raih-205-Juta-Pelanggan-Premium-2022?Page=all.
Roizen, M., & Oz, M. C. (2007). You: Staying Young . Scribner.
Rosen, J. C., & Reiter, J. (1996). Development of the Body Dysmorphic Disorder Examination. Behaviour Research and Therapy, 34(9), 755–766. https://doi.org/10.1016/0005-7967(96)00024-1
Santrock, J. W. (2003). Adolescence (Perkembangan Remaja) (6th ed.). Erlangga.
Siahaan, R. A. (2015). Jurnalistik Suara: Jurnalistik Radio Untuk Profesi dan Pengembangan Diri. PT Matana Publishing Utama.
Smolak, L., & Thompson, J. K. (2002). Body Image, Eating Disorders, and Obesity in Youth: Assessment, Prevention, and Treatment (2nd ed.). American Psychological Association.
DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v1i1.45556
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Salwa Sakinah, Rinda Aunillah, Iwan Koswara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Comdent: Communication Student Journal Indexed by:
Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia
WA: +6283111519064 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com
Comdent: Communication Student Journal Supervised by: