Efektivitas event marketing Netisane pada perubahan sikap peserta terhadap Produk Cascara

Putri Handayani, Teddy Kurnia Wirakusumah, Yuliani Dewi Risanti

Abstract


Latar Belakang: Meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap keberadaan produk baru dan inovatif dapat dilakukan melalui pelaksanaan event marketing dengan konsep experiential marketing yang efektif. Event marketing yang efektif dapat dilihat melalui perubahan sikap peserta, yaitu adanya perubahan pada aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek konatif. Pelaksanaan event marketing yang efektif dibutuhkan oleh Netisane untuk memperkenalkan dan memasarkan produk cascara yang masih baru dan termasuk produk inovatif. Pentingnya memperkenalkan cascara kepada masyarakat luas sebagai solusi untuk mengurangi limbah kulit kopi membuat Netisane harus tepat dalam melaksanakan event marketing tersebut. Tujuan: Penelitian ini membahas mengenai efektivitas event marketing Netisane pada perubahan sikap peserta berdasarkan aspek kognitif, afektif, dan konatif terhadap produk cascara. Selain untuk mengetahui keefektifannya, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mendukung efektivitas aspek kognitif, afektif, dan konatif tersebut. Faktor-faktor yang dijadikan referensi dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mendukung keberhasilan event marketing sekaligus menjadi elemen yang tidak terpisahkan dari setiap event marketing. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk menjelaskan efektivitas event marketing Netisane. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa event marketing Netisane efektif untuk mengubah sikap peserta baik pada aspek kognitif, afektif, dan konatif. Adapun faktor-faktor yang mendukung efektivitas tersebut adalah faktor involvement, interaction, immersion, intensity, individuality, innovation, dan integrity.

Keywords


Event Marketing; efektivitas; perubahan sikap; Cascara; Netisane

Full Text:

PDF

References


Alfira, A., & Septianti, Y. (2019). Penerapan strategi digital marketing instagram untuk membangun brand awareness terhadap produk parachute. PT. Lontar Digital Asia.

Andriani, R., & Fatimah, R. (2018). Strategi Experiential Marketing Sebagai Metode Pendekatan Dalam Meningkatkan Revisit Intention Wisatawan Sabda Alam Garut. Jurnal Kajian Ilmiah, 18(3).

Belch, G. E., & Belch, M. E. (2013). Advertising and promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective Global Edition. McGraw Hill.

BPS. (2022, November 30). Statistik Kopi Indonesia 2021. https://www.bps.go.id/publication/2022/11/30/bb965eef3b3c7bbb8e70e9de/statistik-kopi-indonesia-2021.html.

Close, A. G., Finney, R. Z., Lacey, R. Z., & Sneath, J. Z. (2006). Engaging the Consumer through Event Marketing: Linking Attendees with the Sponsor, Community, and Brand. Journal of Advertising Research, 46(4), 420–433.

Drengner, J., Gaus, H., & Jahn, S. (2018). Temporary communitas and willingness to return to events. Journal of Business Research, 92, 329–338.

Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi dan Praktek. PT. Remadja Rosdakarya.

Garis, P., Romalasari, A., & Purwasih, R. (2019). Pemanfaatan Limbah Kulit Kopi Cascara Menjadi Teh Celup. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10(1), 279-285.

Handayaningrat, S. (2016). Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen. CV. Haji Masagung.

Hutasoit, G. Y., Susanti, S., & Dwiloka, B. (2021). Pengaruh Lama Pengeringan Terhadap Karakteristik Kimia dan Warna Minuman Fungsional Teh Kulit Kopi (Cascara) dalam Kemasan Kantong. Jurnal Teknologi Pangan, 5(2), 38-43.

Ilhamdi, S. (2015). Manajemen Pemasaran Event Sponsorship. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2014). Marketing Management (12th ed.). Pearson Prentice Hall.

Linda, S., & Priansa, D. (2020). Analisis Faktor Terhadap Efektivitas Penyelenggaraan Event Marketing Yang Dilakukan Oleh Pt. Dealpro Indonesia (studi Kasus Perusahaan Yang Memakai Jasa Event Dealpro Indonesia Tahun 2020). E-Proceedings of Applied Science, 6(2).

Nuraeni, L., & Hadita. (2022). The Effect of Event Marketing on Purchase Decisions Through Purchase Interest in Tokopedia Marketplace (Case Study on Tokopedia Event Photocard Program). Dinasti International Journal of Economics, Finance and Accounting, 2721–3021.

Perdana, F., Masrukhan, M., Harjanta, S., & Utami, K. (2019). Pemberdayaan Kelompok Usaha Tani Dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Hilirisasi Kopi Menoreh. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Puspita, I. (2019). Marketing Public Relation Peremajaan Merek sebagai Strategi Pemasaran dalam Membangun Citra Produk Baru. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(01).

Putri, F. S. (2016). Pengaruh special event Kickfest terhadap pengetahuan khalayak mengenai brand lokal. Dialektika, 3(1).

Risanty, R. (2015). Analisis faktor terhadap efektivitas penyelenggaraan event marketing yang dilakukan oleh PT. Dealpro Indonesia. Universitas Brawijaya.

Sastra, H., & Bawono, S. (2018). Pemanfaatan Limbah Kulit Biji Kopi Sebagai Bahan Kompos Dan Cascara. Jurnal Abdimas, 2(1), 55–61.

Schmitt, B., & Zarantonello, L. (2013). Consumer experience and experiential marketing: A critical review. Review of Marketing Research, 10, 25–61.

Smilansky, S. (2017). Experiential Marketing: A Practical Guide to Interactive Brand Experiences (2nd ed.). Kogan Page Limited.

Sukarmin, Y. (2016). Pemasaran olahraga melalui berbagai event olahraga.

Sukmawati, L., & Juni, D. (2020). Analisis faktor terhadap efektivitas penyelenggaraan event marketing yang dilakukan oleh pt. Dealpro indonesia. Telkom University.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Andi Offset.

Wood, E. H. (2015). Evaluating event marketing: Experience or outcome?. Journal of Promotion Management, 15(1–2), 247–268.

Yuliawan, E., & Ginting, M. (2016). Pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Mandiri Cabang Medan Balai Kota. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 6(1), 1-12.

Yuwanti, S., Lindriati, T., Dwi Anggraeni, R., Teknologi Hasil Pertanian, J., Teknologi Pertanian, F., Jember Jalan Kalimantan, U., & Tegalboto Jember, K. (2018). Stabilitas, total polifenol, dan aktivitas antioksidan mikroemulsi ekstrak cascara (teh kulit kopi) menggunakan minyak kelapa dan minyak kelapa sawit. Jurnal Agroteknologi, 12(2).




DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v1i1.45733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Putri Handayani, Teddy Kurnia Wirakusumah, Yuliani Dewi Risanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Comdent: Communication Student Journal Indexed by:

Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia 
WA: +6283111519064 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com

 


Comdent: Communication Student Journal Supervised by:

View My Stats