Penggunaan duta merek dalam strategi komunikasi pemasaran makanan sehat di Indonesia
Abstract
Latar Belakang: Semenjak kehadiran Covid-19, pola hidup masyarakat telah berubah menjadi lebih sehat sehingga hal ini membuat perkembangan bisnis di bidang makanan sehat kian meningkat. Dengan adanya perkembangan bisnis yang kian meningkat., agar dapat bersaing dengan kompetitor yang sejenis, Yellow Fit Kitchen sebagai salah satu catering makanan sehat di Indonesia merumuskan sebuah strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Yellow Fit Kitchen dengan beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di media sosial salah satunya adalah penggunaan duta merek. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan duta merek sebagai strategi pemasaran dalam usaha katering makanan sehat Yellow Fit Kitchen. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif melalui studi literatur. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berasal dari buku, website, jurnal nasional serta internasional. Hasil: Dalam penelitian ini adalah perusahaan catering makanan sehat di Indonesia yaitu Yellow Fit Kitchen menggunakan menggunakan strategi pemasaran melalui media sosial seperti ads melakukan kerjasama dengan para influencer yang sudah dikenal, serta menggunakan seorang duta merek. Yellow Fit Kitchen menetapkan Clarissa Putri sebagai duta merek. Sebagai seorang duta merek harus memiliki tiga indikator yang dimiliki yaitu keterpercayaan, keahlian serta daya tarik. Dengan penggunaan duta merek dapat menumbuhkan rasa minat beli konsumen terhadap suatu produk.
Kata-kata Kunci: Strategi Pemasaran; Duta merek; Kredibilitas ; Pola Hidup Sehat ; Minat beli
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alexandrescu, M.-B., & Milandru, M. (2018). Promotion as a form of Communication of the Marketing Strategy. Land Forces Academy Review, 23(4), 268–274. https://doi.org/10.2478/raft-2018-0033
Angelia, D. (2022, September 19). 10 Penyaji Makanan Sehat Pilihan Masyarakat Indonesia 2022 - GoodStats. https://goodstats.id/article/10-penyaji-makanan-sehat-pilihan-masyarakat-indonesia-2022-5NrSw
Ayuningtyas, N. P. S., Sariani, N. L. P., & Sukarnasih, D. M. (2021). Penetapan Duta merek Sebagai Upaya Strategi Komunikasi Pemasaran “Ruangguru” Di Era Pandemi Covid-19. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 66. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6401
Budiman, V., Loisa, R., & Pandrianto, N. (2019). Peran Duta merek Pada Iklan Dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus Iklan Youtube LG G7 Thinq BTS). Prologia, 2(2), 546. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3743
Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12.
Crouch, R., Ewer, M., Quester, P., & Proksch, M. (2016). Talking with You—Not at You: How Duta mereks Can Spark Consumer Brand Attachment? Developments in Marketing Science: Proceedings of the Academy of Marketing Science, 189–194. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19428-8_51
Digdowiseiso, K., Lestari, R., & An’nisa, B. (2021). The Effects of Duta merek, Digital Marketing, and Instagram Use on Brand Trust: A Case Study of Scarlett Whitening Product. Budapest International Research and Critics Institute Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 12027–12033. http://bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/3268
Fauziah. (2020). Strategi duta merek online shop “shopee” dalam meningkatkan penjualan. Journal of Business Studies, 05(2), 1–26. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta
Ghoshal, M. (2019). Social Media as an Effective Tool to Promote Business- An Empirical Study. Global Journal of Management and Business Research : E Marketing, 19(1). http://www.uniteforsight.org/health-education/module2
Ginting, C. B., & Nasionalita, K. (2021). the Effect of Using Online Media on the Fulfillment of Information Need ( Survey on Instagram Account Follower ’ S @MedanTalk). 8(5), 7132–7144.
Grafstrom, J., Jakobsson, L., & Wiede, P. (2018). The Impact of Influencer Marketing on Consumers ’ Attitudes. May.
Hovland, C., Janis, I. L., & Kelley, H. H. (1953). Communication and Persuasion. CT: Yale University Press.
Kaldeen, M., & Gunapalan, S. (2019). Celebrity Marketing: Influence Of Trust, Attractiveness, Expertise And Familiarity On Purchase Intention. Journal of Emerging Technologies and Innovative Research (JETIR), 6(2), 439–442. https://www.academia.edu/es/68834185/Celebrity_Marketing_influence_of_trust_attractiveness_expertise_and_familiarity_on_purchase_intention
Kemp, Si. (2023, February 9). Digital 2023: Indonesia — DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia
Khabibah, Z. E., Pradekso, T., & Manalu, S. R. (2022). THE INFLUENCE OF DUTA MEREK CREDIBILITY, SOCIAL MEDIA ADVERTISING PERCEIVED INFORMATIVENESS AND SOCIAL MEDIA ADVERTISING PERCEIVED ENTERTAINMENT ON INSTAGRAM @BLIBLIDOTCOM TOWARDS INTENTION TO USE BLIBLI AS ONLINE SHOPPING PLATFORM. February, 6.
Kok, W., Ariesa, Y., Pratama, V., Kosasih, S., & Fernand Alianza, V. (2021). The Role of Duta merek, Event Marketing and Digital Marketing on Purchase Decisions User Shopee. Budapest International Research and Critics Institute Journal (BIRCI-Journal), 4, 4808–4814. https://doi.org/10.33258/birci.v4i3.2263
Lea-Greenwood, G. (2013). Fashion Marketing Communications E-Book. In John Wiley & Sons, Ltd. John Wiley & Sons, Ltd.
Liputan6.com. (2022, April 20). 75 Persen Milenial dan Gen Z Ubah Pola Makan Jadi Lebih Sehat Selama Pandemi COVID-19 - Health Liputan6.com. https://www.liputan6.com/health/read/4943874/75-persen-milenial-dan-gen-z-ubah-pola-makan-jadi-lebih-sehat-selama-pandemi-covid-19
Liswijayanti, F. (2022, February 24). Tren Bisnis Kuliner 2022, Makanan Sehat Makin Diminati. https://www.femina.co.id/trending-topic/tren-bisnis-kuliner-2022-makanan-sehat-makin-diminati-
Mansour, I. H. F., & Diab, D. M. E. (2016). The relationship between celebrities’ credibility and advertising effectiveness: The mediation role of religiosity. Journal of Islamic Marketing, 7(2), 148–166. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2013-0036
Mudzakir, F. (2018). The Influence of Duta merek Usage Toward Brand Image of Oppo. Industrial Reseasrch Workshhop and Natiional Seminar (IRONS), 648–654.
Nabil Iblasi, W., Bader, D. M., & Ahmad Al-Qreini, S. (2016). The Impact of Social Media as a Marketing Tool on Purchasing Decisions (Case Study on SAMSUNG for Electrical Home Appliances). International Journal of Managerial Studies and Research, 4(1), 14–28. www.arcjournals.org
Nancy, Goenawan, F., & Monica, V. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DUTA MEREK LANEIGE DALAM MODEL VisCAP Pendahuluan. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DUTA MEREK LANEIGE DALAM MODEL VisCAP, 8 No.2, 1–9.
Nutrition, H. (2020). Diet decisions survey APAC | Herbalife Nutrition APAC. https://www.herbalife.com.sg/apacnews/press-release/diet-decisions-survey/
Ramdhani, A., Ramdhani, M. A., & Amin, A. S. (2014). Writing a Literature Reviw Research Paper : A step-by-step approach. International Journal of Basics and Applied Sciences, 03(01), 285–294. https://doi.org/10.1177/0021886391273004
Rosyadi, A. (2021). Peran Duta merek Terhadap Minat Beli Melalui Brand Awareness. 18(2), 20–31.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian Kualitatif. Deepublish.
Sari Dewi, L. G. P., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect of Duta merek, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya, Indonesia. SHS Web of Conferences, 76, 01023. https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601023
Solis, B. (2016). The Influencer Marketing Manifesto: Why The Future of Influencer Marketing Starts With People And Relationships Not Popularity. http://wallblog.co.uk/2015/05/12/infographic-can-celebrity-endorse
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Tatum, M. (2023, June 11). What Is the Role of Promotion in the Marketing Mix? https://www.smartcapitalmind.com/what-is-the-role-of-promotion-in-the-marketing-mix.htm
Tempo.co. (2021, October 12). YellowFit Group Optimistis Raih Target di 2022 . https://inforial.tempo.co/info/1005748/yellowfit-group-optimistis-raih-target-di-2022
Virdhani, M. H. (2022, August 11). Pasca Pandemi, Sektor F&B dan Kuliner Mulai Bangkit Manfaatkan Digital. https://www.jawapos.com/ekonomi/bisnis/11/08/2022/pasca-pandemi-sektor-fb-dan-kuliner-mulai-bangkit-manfaatkan-digital/
Virginia, & Wijaya, L. S. (2020). Analisis Aisas Model Terhadap “Bts Effect” Sebagai Duta merek Dan Influencer. Journal Komunikasi, 11(2), 93–100. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/index93
Yusiana, R., & Maulida, R. (2015). Pengaruh Gita Gutawa Sebagai Duta merek Pond’S Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Telkom Jurusan D3 Manajemen Pemasaran). Jurnal Ecodemica, 3(1), 233–240. www.marketing.co.id
DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v1i1.45734
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Moktika Sadi Putri Sidhartani, Slamet Mulyana, Yuliani Dewi Risanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Comdent: Communication Student Journal Indexed by:
Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia
WA: +6283111519064 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com
Comdent: Communication Student Journal Supervised by: