Penggunaan Fitur Closefriend Instagram Sebagai Bentuk Self Disclosure
Widya Cantika Sisnawar, Kismiyati El Karimah, Duddy Zein
Abstract
Latar Belakang: Instagram adalah salah satu media sosial yang sering digunakan saat ini, khususnya oleh generasi milenial usia 18-24 tahun, di dalam Instagram pun terdapat berbagai fitur, salah satunya adalah fitur closefriend. Fitur closefriend merupakan fitur yang memungkinkan penggunanya dapat membagikan berbagai informasi dengan orang-orang yang telah mereka pilih untuk di masukan kedalam fitur tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui motif Mahasiswa Bandung-Jatinangor dalam melakukan self disclosure pada fitur closefriend, mengetahui pengalaman Mahasiswa Bandung-Jatinangor dalam melakukan self disclosure pada fitur closefriend hingga bagaimana Mahasiswa Bandung-Jatinangor memaknai self disclosure yang dilakukannya pada fitur closefriend. . Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode fenomenologi, dimana peneliti melakukan observasi, wawancara dan studi kepustakaan untuk mendapatkan data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat faktor yang dapat memotivasi seseorang untuk melakukan self disclosure pada fitur closefriend seperti besaran kelompok, perasaan menyukai, efek diadik, kompetensi, kepribadian, topik dan jenis kelamin. Selain itu setiap individu memiliki tingkat keterbukaan dan batasan privasi yang berbeda-beda. Self disclosure yang dilakukan pada fitur closefriend dilandasi dengan kepercayaan, rasa aman dan nyaman. Fitur closefriend memungkinkan penggunanya untuk dapat lebih berekspresi dan menjadi apa adanya dikarenakan di dalam fitur tersebut hanya berisikan orang-orang yang telah dipercaya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fitur closefriend menjadi wadah yang aman untuk melakukan self disclosure.