Strategi content marketing Sociolla pada situs web Beauty Journal

Noorathasia Noorathasia, Meria Octavianti, Detta Rahmawan

Abstract


Latar belakang: Di era digital banyak perusahaan lokapasar (e-commerce) yang berbasis teknologi dengan ritel produk kecantikan dan perawatan tubuh, salah satunya adalah perusahaan Sociolla. Banyaknya lokapasar mendorong Sociolla kemudian melakukan integrasi dengan Beauty Journal yaitu sebuah media yang berisi wadah informasi tentang produk-produk kecantikan yang mendorong eksistensi Sociolla untuk muncul di mesin pencarian dengan menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization). Tujuan: Peneliti bermaksud mengetahui strategi konten marketing Sociolla dalam web Beauty Journal. Metode: Dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan metode observasi, peneliti mewawancarai tujuh informan yang sudah berkecimpung di dalam perusahaan Sociolla lebih dari satu tahun, dan pemilihan informan ini didasari dengan teknik purposive sampling. Hasil: Melalui model analisis data dari Miles dan Huberman, hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi konten marketing yang dilakukan oleh Sociolla terdiri dari tujuh tahap, yaitu: 1) menetapkan tujuan konten dan audiens yang menjadi target marketing; 2) melakukan brainstorming; 3) membuat konten berdasarkan tujuan dan target audiens; 4) melakukan publikasi konten; 5) evaluasi konten; dan 6) melakukan boost content atau promosi konten seperti melakukan iklan atau kembali menayangkan di media sosial lainnya. Namun hal yang perlu diperhatikan dari konten Sociolla, Beauty Journal perlu mengurangi intensitas unggahan konten tulisan yang bertemakan lifestyle dengan topik yang terlalu jauh dengan fokus pembahasan.


Keywords


Lokapasar; strategi konten; komunikasi pemasaran; produk kecantikan; situs web

Full Text:

PDF

References


Aberdeen Group. (2014, September). 39 Essential Content marketing Facts. Aberdeen Strategy Research. https://www.aberdeen.com/blogposts/39-essential-content-marketing-facts/

Burhan, F. (2021, November 10). Ekspansi ke Vietnam, Pendapatan Startup Sociolla naik 2 kali lipat. Katadata.Com. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/618b971b41831/ekspansi-ke-vietnam-pendapatan-startup-sociolla-naik-2-kali-lipat

Creswell, J. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design (L. Habib, Ed.). London. Vicki Knight.

Drummond, C., McGrath, H., & O’Toole, T. (2018). The impact of social media on resource mobilisation in entrepreneurial firms. Industrial Marketing Management, 70, 68–89. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2017.05.009

Rancati, E., & Gordini, N. (2014). Content marketing metrics: Theoretical aspects and empirical evidence. European Scientific Journal, ESJ, 10(34). Retrieved from https://eujournal.org/index.php/esj/article/view/4825

Faruqi, M. A., Rahmi, F. N., & Mutma, F. S. (2022). Integrated Marketing Communication pada Album “Romansa ke Masa Depan.” Jurnal Manajemen Komunikasi, 6(2), 183. https://doi.org/10.24198/jmk.v6i2.34236

GetCraft. (2020). Indonesia Digital and Content marketing Report 2017. https://marketingcraft.getcraft.com/id-researches/indonesia-digital-content-marketing-report-2017

Holliman, G., & Rowley, J. (2014). Business to business digital content marketing: marketers’ perceptions of best practice. Journal of Research in Interactive Marketing, 8(4), 269–293. https://doi.org/10.1108/JRIM-02-2014-0013

Hotoleanu, M., & Parkkinen, T. (2017). Inbound Marketing Strategy: Content marketing and Blogging Case: Cloud base mobile application . https://core.ac.uk/download/pdf/161434045.pdf

Isna, D. (2019, May 17). Sociolla, E-commerce Kecantikan dengan Puluhan Juta Pengunjung Tahunan. WartaEkonomi.Com.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0 : moving from traditional to digital (1st ed., Vol. 1). Wiley.

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963

Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muskita, P. (2019). GMV Sociolla Meningkat hingga Tujuh Kali Lipat dalam Setahun, Ini Strategi Mereka. Tech In Asia.

Pulizzi, J. (2014). Epic content marketing. New York: Mc Graw Hill

Rancati, E., & Gordini, N. (2014). Content marketing Metrics: Theoretical Aspects And Empirical Evidence. European Scientific Journal, 10(34). https://eujournal.org/index.php/esj/article/view/4825

Wulan. (2021, December 20). Sociolla Bagi Resep Bisnis Kecantikan Tetap Melejit Selama Pandemi, Harus Dengarkan Konsumen. Parapuan. https://cerdasbelanja.grid.id/read/523052497/sociolla-bagi-resep-bisnis-kecantikan-tetap-melejit-selama-pandemi-harus-dengarkan-konsumen?page=all

Yaghtin, S., Safarzadeh, H., & Karimi Zand, M. (2020). Planning a goal-oriented B2B content marketing strategy. Marketing Intelligence & Planning, 38(7), 1007–1020. https://doi.org/10.1108/MIP-11-2019-055




DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v1i1.45773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Noorathasia Noorathasia, Meria Octavianti, Detta Rahmawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Comdent: Communication Student Journal Indexed by:

Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia 
WA: +6283111519064 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com

 


Comdent: Communication Student Journal Supervised by:

View My Stats