Pengaruh sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku terhadap kepuasan publik Scarlett Whitening

Marwa Kautsar, Susanne Dida, Aat Ruchiat Nugraha

Abstract


Latar Belakang: Di tengah maraknya topik inklusivitas kecantikan, produk dengan klaim mencerahkan atau memutihkan kulit masih digandrungi publik. Tujuan: Mengetahui pengaruh sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku, terhadap kepuasan yang dimediasi oleh brand image Scarlett Whitening. Metode: Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior dengan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan inferensial. Hasil: (1) Sikap berpengaruh terhadap brand image, di mana semakin tinggi keinginan untuk mencapai warna kulit cerah, maka semakin baik kesan untuk Scarlett Whitening, (2) norma subjektif berpengaruh negatif terhadap brand image, yakni ketika “memutihkan” semakin jarang digunakan sebagai fitur utama, maka brand image yang terbentuk pada Scarlett Whitening semakin baik, (3) persepsi kontrol perilaku berpengaruh terhadap brand image, di mana produk Scarlett Whitening dianggap sebagai produk yang mudah dijangkau sehingga brand image yang terbentuk menjadi baik, (4) brand image berpengaruh terhadap kepuasan, yakni semakin tinggi brand image maka semakin tinggi kepuasan, (5) sikap memiliki pengaruh terhadap kepuasan melalui brand image di mana mediasi bersifat semu, (6) norma subjektif tidak berpengaruh terhadap kepuasan melalui brand image, dan (7) persepsi kontrol perilaku memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan Scarlett Whitening. Penting untuk menetapkan nama brand yang sesuai dengan citra yang diinginkan, serta mengadopsi strategi yang tepat untuk membangun brand image dan kepuasan secara berkelanjutan.


Keywords


Inklusifitas kecantikan; citra merek; norma subjektif; persepsi kontrol perilaku; sikap

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Aliffia, S., & Purnama, H. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Song Joong-Ki Terhadap Brand Image Scarlett Whitening. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/17579

Amalia, F. N. (2023, April 15). Menjamurnya Bisnis Skincare di Indonesia? https://geotimes.id/opini/menjamurnya-bisnis-skincare-di-indonesia/

Amin, K., Hadisiwi, P., Suminar, J. R., & Dida, S. (2022). Pengaruh Terpaan Informasi Keluarga Berencana terhadap Intensi Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang. Jurnal Komunikasi, 16(2), 205–222. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol16.iss2.art7

Amin, K., Hadisiwi, P., & Suminar, J. R. (2022). Bagaimana Terpaan Media untuk Informasi Covid-19 Memengaruhi Niat Mahasiswa Menerapkan Perlindungan Kesehatan Selama Pandemi. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2), 112-125. https://doi.org/10.14710/interaksi.11.2.112-125

Barber, N. (2016, December 22). Why Women Spend So Much Effort on Their Appearance. Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-human-beast/201612/why-women-spend-so-much-effort-their-appearance

Battistoni, A. R. (2013). Miss America is No Ideal: The Repercussions of One Beauty. http://hdl.handle.net/2345/3068

Brooks, R. (2022, August 10). 3 Things You Need To Know About Gen Z And Brand Loyalty. Forbes Agency Council.

Chen, T., Lian, K., Lorenzana, D., Shahzad, N., & Wong, R. (2020). Occidentalisation of Beauty Standards: Eurocentrism in Asia. International Socioeconomic Laboratory, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.5281/zenodo.4325856

Cheng, A.-D., De La Garza, H., Maymone, M. B. C., Johansen, V. M., & Vashi, N. A. (2021). Skin-Lightening Products: Consumer Preferences and Costs. Cureus, 13(8), 1–6. https://doi.org/10.7759/cureus.17245

Clark, K. (2019, March 7). How Gen Z is Changing the Face of Modern Beauty. Paramount. https://www.paramount.com/news/audience-insights/how-gen-z-is-changing-the-face-of-modern-beauty

Compas.co.id. (2022, November 1). Top 5 Brand Perawatan Wajah di E-commerce Indonesia dengan Penjualan di atas Rp 10 Miliar. Compas.Co.Id. https://compas.co.id/article/top-5-brand-perawatan-wajah/

Damayanti, C., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Negeri Semarang, U. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj

Desi Lestari, E., & Gunawan, C. (2021). Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli. Februari 2021 EMBISS, 1(2), 75. https://embiss.com/index.php/embiss

Digdowiseiso, K., Lestari, R., & An’nisa, B. (2021). The Effects of Brand Ambassador, Digital Marketing, and Instagram Use on Brand Trust: A Case Study of Scarlett Whitening Product. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4). https://doi.org/10.33258/birci.v4i4.3268

Evalianitha Randabunga, Priskila, Hudayah, S., & Indriastuti, H. (2021). The Effect of Electronic Word of Mouth and Sales Promotion on Brand Switching with Brand Image as an Intervening Variable at Erha Beauty Clinic in Samarinda City. Saudi Journal of Business and Management Studies, 6(4), 102–113. https://doi.org/10.36348/sjbms.2021.v06i04.001

Garbett, K. M., Craddock, N., Haywood, S., Nasution, K., White, P., Saraswati, L. A., Medise, B. E., Effect, G., Galactic, P., Diedrichs, P. C., & Williamson, H. (2023). Evaluating the Efficacy of a Social Media–Based Intervention (Warna-Warni Waktu) to Improve Body Image Among Young Indonesian Women: Parallel Randomized Controlled Trial. JMIR Research Protocols, 25(1), 1–23. https://doi.org/10.2196/33596

Haris, D. (2019). Kualitas Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta). At-Tasyri’, 11(1), 21–41.

Hilton, L. S., & Hatami Homayoun. (2023). Mind The Gap: Loyal Z: Why Gen Z customers won’t be tied down to one brand. McKinsey & Company.

IDN Research Institute. (2022). Indonesia Gen Z Report 2022.

Intan Mariezka, F., & Hafiar, H. (2018). Pemaknaan Profesi Beauty Vlogger melalui Pengalaman Komunikasi. In Nyimak Journal of Communication (Vol. 2, Issue 2). https://www.statista.com/statistics/294655/youtube-monthly-beauty-content-

Islam, Md. M., & Hani, F. F. (2021). Hopes and reality: consumers’ purchase intention towards whitening cream. Future Business Journal, 7(1). https://doi.org/10.1186/s43093-021-00098-1

Jawung, V. (2023, May 27). Wanginya Juara! Inilah 4 Sabun Mandi Cair Lokal dengan Harga Miring Namun Aromanya Paling Mewah dari yang Lain. Floreseditorial.Com. https://www.floreseditorial.com/fed/3978932485/wanginya-juara-inilah-4-sabun-mandi-cair-lokal-dengan-harga-miring-namun-aromanya-paling-mewah-dari-yang-lain

Kumara, A. R. A. (2021, May 23). 5 Rekomendasi Body Lotion dengan Efek Tone Up, Cerah Seketika Itu Juga. IDNTimes.Com. https://www.idntimes.com/life/women/adyaning-raras-anggita-kumara/rekomendasi-body-lotion-dengan-efek-tone-up

Laila, N., & Fitriyah, Z. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Konsumen Konsumen Skincare MS Glow di Surabaya. 2339-6172-1-PB. Journal of Management & Business, 5(2), 453–464.

Lazuka, R. F., Wick, M. R., Keel, P. K., & Harriger, J. A. (2020). Are We There Yet? Progress in Depicting Diverse Images of Beauty in Instagram’s Body Positivity Movement. Body Image, 34, 85–93. https://doi.org/10.1016/j.bodyim.2020.05.001

Li, E. P. H., Min, H. J., & Belk, R. W. (2008). Skin Lightening and Beauty in Four Asian Cultures. http://www.acrwebsite.org/volumes/13415/volumes/v35/NA-35

Livia. (2020, October 22). 3 Rekomendasi Body Lotion yang Ampuh Memutihkan Kulit dengan Cepat di Bawah 100 Ribu Rupiah. https://stylo.grid.id/read/142393226/3-rekomendasi-body-lotion-yang-ampuh-memutihkan-kulit-dengan-cepat-di-bawah-100-ribu-rupiah?page=all

Mahmuda, A. W. (2023., January 23). 6 Rekomendasi Body Lotion Murah untuk Memutihkan Kulit, Kulit Makin Cerah Gak Harus Mahal! Sewaktu.Com. https://www.sewaktu.com/lifestyle/pr-1536993782/6-rekomendasi-body-lotion-murah-untuk-memutihkan-kulit-kulit-makin-cerah-gak-harus-mahal

Marway, H. (2018). Should We Genetically Select for the Beauty Norm of Fair Skin? Health Care Analysis, 26(3), 246–268. https://doi.org/10.1007/s10728-017-0341-y

Mintel Group. (2022, May 12). Demand for inclusivity in beauty gets louder: 25% of Gen Z feel left out of beauty advertisements. Cision. https://www.prnewswire.com/news-releases/demand-for-inclusivity-in-beauty-gets-louder-25-of-gen-z-feel-left-out-of-beauty-advertisements-301546400.html

Natassja, E., & Simamora, B. (2023). The Effect of Using Twice’s Girlband K-pop as The Brand Ambassador on Increasing The Value of The Scarlett Whitening Brand. Global Research on Economy, Business, Communication and Information, 1(1), 43–53. https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/grebuci/article/view/975

Prianti, D. (2013). Indonesian female beauty concept: Does it take into account the traditional values? www.iafor.org

Puspitasari, D., & Suryadi, Y. (2020). Discourse on the shifting of local beauty: Concepts in an Easternization era Wacana tentang pergeseran kecantikan lokal: Konsep-konsep dalam era Easternisasi.

Putri, R. K., & Septiana, M. (2022). Consumer Satisfaction Analysis of Scarlett Whitening Products Through Brand Image, Price, Product Quality, and Digital Marketing Factors. Proceedings of the 4th International Conference on Applied Economics and Social Science, 48–59.

Putri, T. L. D. (2015). Kecantikan dan Gambaran Body Image Remaja Perempuan (Studi Kasus Pada Remaja Perempuan yang Melakukan Suntik Putih Whitening Injection di Kota Bandung). Universitas Padjadjaran.

Ramadhani, F. (2022, January 4). Brand Lokal Mendominasi! Ini Kaleidoskop Report 2021 Penjualan Kategori Perawatan Tubuh di Shopee dan Tokopedia. Compas.Co.Id. https://compas.co.id/article/kaleidoskop-report-2021/

Regina Putri, F., & Indriani, F. (2022). The Effect of E-Service Quality and Brand Image on E-Loyalty through Brand Trust and E-Satisfaction as Intervening Variables. 5(2). https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.4754

Savira, L. (2022, November 27). Scarlett Pemutih Badan, 4 Produk Scarlett ini Paling Rekomended Permanen dan Instan dalam memutihkan kulit! Urbandepok.Com. https://depok.urbanjabar.com/lifestyle/pr-2555831319/scarlett-pemutih-badan-4-produk-scarlett-ini-paling-rekomended-permanen-dan-instan-dalam-memutihkan-kulit

Shankar, P. R., Giri, B. R., & Palaian, S. (2017). H2O2 dynamics in the malaria parasite Plasmodium falciparum. PLoS ONE, 12(4). https://doi.org/10.1371/journal

Syam, A. N. D. M., & Wijaksana, T. I. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening. E-Proceeding of Management, 9(4), 2124–2134.

Tommasetti, A., Singer, P., Troisi, O., & Maione, G. (2018). Extended Theory of Planned Behavior (ETPB): Investigating customers’ perception of restaurants’ sustainability by testing a structural equation model. Sustainability (Switzerland), 10(7). https://doi.org/10.3390/su10072580

Windasari, A., Yusriana, A., & Pratiwi, M.R. (2017). Pemaknaan Kecantikan Sebagai Putih Jepang Dalam Iklan Shinzui Body Cleanser. Informasi, 47(1), 35-50. http://doi.org/10.21831/informasi.v47i1.13614




DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v1i1.48252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Marwa Kautsar, Susanne Dida, Aat Ruchiat Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Comdent: Communication Student Journal Indexed by:

Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia 
WA: +6283111519064 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com

 


Comdent: Communication Student Journal Supervised by:

View My Stats