Manajemen krisis PT Pertamina Patra Niaga dalam menghadapi insiden kebakaran depot Plumpang
Abstract
Latar Belakang: PT Pertamina mengalami kecelekaan (accident) pada hari Jumat, 3 Maret 2023, yaitu insiden kebakaran Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara. Krisis ini menjadi sorotan publik dan media karena peristiwa kebakaran tersebut menyebabkan korban jiwa dan juga banyak masyarakat yang terdampak. Dampak krisis dapat mengancam keberlanjutan suatu perusahaan dan memengaruhi hubungan dengan para stakeholders. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus memiliki suatu standar yang dijadikan prosedur operasi jika menghadapi suatu krisis. Tujuan: Untuk mengetahui tahapan pengeolaan krisis menurut Rhenald Kasali (2003), yaitu identifikasi krisis, analisis krisis, isolasi krisis, pemilihan strategi, dan program penyelesaian pada insiden kebakaran Depot Pertamina Plumpang. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil: Krisis yang menimpa PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (RJBB) adalah krisis karena kecelakaan industri. Identifikasi krisis dilakukan dengan pencarian fakta (fact finding), media handling, dan stakeholder management. Berdasarkan analisis yang dilakukan, penyebab insiden kebakaran tersebut adalah meledaknya pipa bahan bakar minyak (BBM) di area Depo Pertamina. Untuk meminimalisir penyebaran krisis, fungsi Communication and Relations memfokuskan pada komunikasi dengan media yang bertujuan untuk melakukan counter berita-berita negatif yang muncul. Strategi yang dipakai adalah adaptive strategy, PT Pertamina Patra Niaga RJBB menjamin adanya penggantian bangunan, harta benda, maupun kendaraan warga yang terdampak. Program yang digunakan sebagai penyelesaian krisis adalah dengan mendirikan Posko Informasi Terpadu di Koramil Koja dengan tujuan untuk pemberian informasi terkait kelengkapan dokumen hingga proses tahapan pembayaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfiyaty, R., Suriady, I., & Maulana, A. C. (2019). Manajemen krisis dalam penanganan pemberitaan negatif oknum anggota oleh Humas Polda Sulawesi Tengah. Jurnal Komunikasi dan Organisasi, 1(2), 81–91. https://doi.org/10.26644/jko.v1i2.5245
Busetto, L., Wich, W., & Gumbinger, C. (2020). How to use and assess qualitative research methods. Neurological Research and Practice, 2(14), 1–10. https://doi.org/10.1186/s42466-020-00059-z
Cutlip, S. M. , C. A. H., & Broom, G. M. (2016). Effective Public Relations. Kencana.
Devito, J. A. (2011). Komunikasi antarmanusia. Karisma Publishing Group.
Fadeli, M., Roosinda, F. W., & Trihapsari, C. C. M. (2024). Manajemen krisis PREs Teh Indonesia dalam pemulihan image negatif pasca somasi konsumen pada akun Twitter @gandhoyy. Jurnal Intelektual Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi, 10(2), 161–173. https://doi.org/10.55499/intelektual.v10i2.1085
Hennink, M., Hutter, I., & Bailey, A. (2020). Qualitative research methods. SAGE Publications.
Kamil, A. (2020). Role of public relations in crisis management with the coronavirus crisis as an example: A case study on the UAE. Global Media Journal. 18. 1-6. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:225608878
Kasali, R. (2003). Manajemen public relations: Konsep dan aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti.
Kotler, P. (2005). Manajemen pemasaran. Indeks Kelompok Gramedia.
Kriyantono. (2015). Public relations, issue & crisis management. Kencana.
Marsen, S. (2019). Navigating crisis: The role of communication in organizational crisis. International Journal of Business Communication, 57(2), 163–175. https://doi.org/10.1177/2329488419882981
Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Pratiwi, P. Y. & H. A. R. (2021). Strategi Manajemen Krisis Public Relations dalam Mengembalikan Kepercayaan Karyawan. Prosiding Hubungan Masyarakat, 380–389.
Ramadhan, F. M. (2023, March 6). Kronologi kebakaran depo Pertamina Plumpang, belasan jiwa meninggal. Tempo.
Riuddani, A. R. (2023). Komunikasi krisis kementerian sosial pada kasus korupsi bantuan sosial. Unpad.
Schoofs, L., Fannes, G., & Claeys, A.-S. (2022). Empathy as a main ingredient of impactful crisis communication: The perspectives of crisis communication practitioners. Public Relations Review, 48(1). https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2022.102150
Seitel, F. P. (2017). The practice of public relations (13th ed.). Pearson Education Limited.
Shinta, A. P. K. Y. S. (2021). Manajemen krisis public relations PT Hero Supermarket pada penutupan gerai Giant Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 42–56. https://doi.org/10.35308/source.v8i1.4612
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kualitatif. Alfabeta.
Susanti, D. E., Rahmanto, A., & Wijaya, M. (2022). Public relations strategy in maintaining a positive reputation in the digital age. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 9(1), 477–485. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v9i1.3386
Suwandi, Rahmatika, D. noviany, Indriasih, D., & Sugiartini, P. (2023). Manajemen krisis terkini: Strategi adaptif dalam menghadapi bencana dan tantangan mendadak. Jurnal Darma Agung, 31(3), 473–482. http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i3.3490
Yulianti, W., & Boer, R. F. (2020). Manajemen krisis public relations dalam menangani penolakan imunisasi Measles Rubella. PRofesi Humas, 4(2), 290–311. http://dx.doi.org/10.24198/prh.v4i2.23700
Zhiyuan, L. D. X. S. H. H. W. H. (2023). Crisis management and communication in public relations. International Journal for Multidisciplinary Research (IJFMR), 5(6), 1–13. http://dx.doi.org/10.1007/s12204-013-1443-9
DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v1i2.54302
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nur Mizaniyah Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Comdent: Communication Student Journal Indexed by:
Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia
WA: +6285189714299 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com
Comdent: Communication Student Journal Supervised by:










