Hubungan pencarian informasi pada aplikasi Mamikos dengan pemenuhan kebutuhan informasi indekos
Abstract
Latar Belakang: Seiring dengan peningkatan jumlah penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya, kebutuhan akan tempat tinggal menjadi perhatian utama bagi mahasiswa baru di Jatinangor. Namun, proses pencarian informasi terkait sewa indekos masih menghadapi tantangan dalam hal akurasi dan kemudahan akses. Seringkali individu mengadopsi suatu teknologi tertentu untuk melakukan sejumlah pekerjaannya. Seperti halnya adalah teknologi digital yang digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia untuk terkoneksi dengan internet. Adanya perkembangan teknologi menyebabkan berbagai kebutuhan sehari-hari dapat dipenuhi dengan mudah dan cepat. Sebuah platform penyedia layanan pengelolaan dan sewa indekos bernama Mamikos hadir untuk menyediakan informasi bagi penggunanya. Teori Proses Pencarian Informasi yang terbagi atas enam tahapan proses pencarian informasi digunakan dalam penelitian ini. Tujuan: Mengetahui hubungan antara tahap inisiasi, seleksi, eksplorasi, formulasi, koleksi, dan presentasi dalam pencarian informasi dengan pemenuhan kebutuhan informasi indekos di Jatinangor. Metode: Penelitian ini menggunakan Teori Proses Pencarian Informasi dengan pendekatan kuantitatif serta analisis deskriptif dan inferensial. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposif pada 52 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Padjadjaran angkatan 2023. Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tahap inisiasi, seleksi, eksplorasi, formulasi, koleksi, dan presentasi pada aplikasi Mamikos memiliki hubungan signifikan dengan pemenuhan kebutuhan informasi mengenai hunian indekos di Jatinangor. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Universitas Padjadjaran yang merupakan pengguna aplikasi Mamikos telah melewati tahap konstruksi dari ketidakpastian menjadi kepastian yang melibatkan pemahaman, perasaan, dan tindakan manusia. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat mengeksplorasi penggunaan aplikasi serupa dengan pendekatan kualitatif sehingga dapat ditemukan pengembangan teori atau model lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annur, C. (2023). Proporsi penggunaan Internet lewat ponsel RI lebih tinggi dari rerata dunia. https://databooks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/proporsi-penggunaan-internet-lewat-ponsel-ri-lebih-tinggi-dari-rerata-dunia.
Bungin, B. (2015). Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Rajawali
Dustiarana, M. R., & Sofyan, A. (2020). Hubungan antara pencarian informasi dengan pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa. 6(1), 117–120. Prosiding Manajemen Komunikasi. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/20620
Fiisabilillah, A. F., Sugiana, D., & Trulline, P. (2023). Strategi komunikasi pemasaran digital melalui akun Instagram @Critoe_. Comdent: Communication Student Journal. 1(1), 184-203. https://doi.org/10.24198/comdent.v1i1.45741
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gilbert, S., White, P. B., & Tallman, K. (2022). Information seeking behaviors of environmental journalists. Journal of Librarianship and Information Science, 54(3), 427–440. https://doi.org/10.1177/09610006211020081
Howard, P. N., & Mazaheri, N. (2009). Telecommunications reform, internet use and mobile phone adoption in the developing world. World Development, 37(7), 1159–1169. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2008.12.005
Humbhi, S., & Tareen, S. A. (2022). Information needs and Information-seeking behavior of undergraduate students: A remote area perspective. Library Philosophy and Practice (e-Journal). 6838. https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/6838/
Januari. (2023). Pencarian informasi, ide, atau inspirasi menjadi alasan utama penggunaan Internet. https://www.datatempo.co/DataEkonomi/view/20230914074401/pencarian-informasi-ide-atau-inspirasi-menjadi-alasan-utama-penggunaan-internet
Jatmiko, B. (2020). Kisah Anggit membuka startup pencarian kostan “Mamikos.” https://money.kompas.com/read/2020/12/06/06300026/kisah-anggit-membuka-startup-pencarian-kostan-mamikos
Kelly, Christopher. A., & Sharot, T. (2021). Individual differences in information-seeking. Nature Communications, 12(1), 7062. https://doi.org/10.1038/s41467-021-27046-5
Kim, E., Lin, J.-S., & Sung, Y. (2013). To app or not to app: Engaging consumers via branded mobile apps. Journal of Interactive Advertising, 13(1), 53–65. https://doi.org/10.1080/15252019.2013.782780
Kortum, P., & Sorber, M. (2015). Measuring the usability of mobile applications for phones and tablets. International Journal of Human-Computer Interaction, 31(8), 518–529. https://doi.org/10.1080/10447318.2015.1064658
Kuhlthau, C. C. (1994). Students and the information search process: Zones of intervention for librarians. In I. P. Godden (Ed.), Advances in librarianship. Emerald Group Publishing Limited. 18, 57–72. https://doi.org/10.1108/S0065-2830(1994)0000018004
Kuhlthau, C. C. (1999). Accommodating the user’s information search process: Challenges for information retrieval system designers. Bulletin of the American Society for Information Science & Technology, 25, 12-16. https://doi.org/10.1002/bult.115
Kuhlthau, C. C. (1991). Inside the search process: Information seeking from the user’s perspective. Journal of the American Society for Information Science, 42(5), 361–371. https://doi.org/10.1002/(SICI)1097-4571(199106)42:5<361::AID-ASI6>3.0.CO;2-#
Kuhlthau, C.C., HeinstrÖm, J. & Todd, R.J. (2008). "The 'information search process' revisited: Is the model still useful?" Information Research, 13(4) paper 355. http://InformationR.net/ir/13-4/paper355.html
Ngubelanga, A., & Duffett, R. (2021). Modeling mobile commerce applications’ antecedents of customer satisfaction among millennials: An extended TAM perspective. Sustainability, 13(11), 5973. https://doi.org/10.3390/su13115973
Prihatiningsih, W., Seprina, W. O., & Setiadarma, A. (2022). How does the use of Shopee live affect consumer information needs ? IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 7(2), 91–102. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v7i2.2296
Putri, A. E., Khadijah, U. L. S., Novianti, E., & Nugraha, A. (2019). Perilaku pencarian informasi wisatawan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi destinasi wisata Pangandaran. Tornare, 1(1), 7. https://doi.org/10.24198/tornare.v1i1.25114
Radarsumedang.id. (2023). 7.929 Maba Unpad ikuti masa pengenalan kampus. https://sumedang.radarbandung.id/jatinangor/2023/08/24/7-929-maba-unpad-ikuti-masa-pengenalan-kampus/
Rahman, A. (2022). Aplikasi Mamikos catat lonjakan permintaan hunian sewa 125% di Q1 2022. https://inet.detik.com/business/d-6153615/aplikasi-mamikos-catat-lonjakan-permintaan-hunian-sewa-125-di-q1-2022
Ramadhani, F. M., Suryana, A., & Mahameruaji, J. N. (2023). Hubungan pencarian informasi pada akun Instagram @Placetogobandung dengan minat berkunjung followers aktif ke destinasi kuliner di Bandung: Indonesia. Journal of Digital Communication Science, 1(2), 109–123. https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i2.224
Reza, F., Silalahi, I. V., & Sugiarta, N. (2023). Analisis green integrated marketing communication Mobile Internet-Enabled Devices (MIED) dalam membentuk green consumer behaviour. Comdent: Communication Student Journal. 1(2). 289-305. https://doi.org/10.24198/comdent.v1i2.48737
Sadya, S. (2023). APJII: Pengguna Internet Indonesia 215,63 juta pada 2022-2023. https://dataindonesia.id/internet/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-21563-juta-pada-20222023
Siagian, K. (2021). Konsep co-living makin diminati, rukita perbarui aplikasi targetkan komunitas. https://dailysocial.id/post/konsep-co-living-makin-diminati-rukita-perbarui-aplikasi-targetkan-komunitas
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Tella, A., Bode-Obanla, O., & Sulyman Age, A. (2020). The perspective of undergraduate students on information needs and seeking behavior through YouTube. Journal of Electronic Resources Librarianship, 32(2), 94–109. https://doi.org/10.1080/1941126X.2020.1739826
Yusup & Subekti. (2010). Teori dan praktik penelusuran informasi (Information retrieval) (1st ed.). Kencana.
Zha, X., Wang, W., Yan, Y., Zhang, J., & Zha, D. (2015). Understanding information seeking in digital libraries: Antecedents and consequences. Aslib Journal of Information Management, 67(6), 716. https://doi.org/10.1108/AJIM-12-2014-0167
DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v2i2.56265
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Andrea Kirana Rosanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Comdent: Communication Student Journal Indexed by:
Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia
WA: +6283111519064 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com
Comdent: Communication Student Journal Supervised by: