Pengaruh ulasan produk terhadap niat pembelian di platform e-commerce Shopee
Abstract
Latar Belakang: Shopee menjadi platform e-commerce yang mendominasi di Indonesia dengan memanfaatkan salah satu fiturnya, yaitu ulasan produk yang digunakan sebagai sumber informasi untuk membantu konsumen dalam membuat keputusan pembelian. Unsur-unsur seperti akurasi, kelengkapan, konsistensi dan kuantitas ulasan memiliki peran penting dalam membentuk kredibilitas ulasan yang pada akhirnya memengaruhi niat pembelian. Namun, pengaruh dari masing-masing unsur tersebut masih belum dipahami lebih mendalam. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh unsur-unsur ulasan produk terhadap kredibilita ulasan dan niat pembelian konsumen, serta untuk menguji peran unsur kredibilitas ulasan sebagai mediator. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, di mana data yang diperoleh dikumpulkan melalui survei daring yang dilakukan kepada 250 responden pengguna aktif Shopee yang berusia 17-25 tahun. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS 4 untuk analisis data. Variabel yang akan diuji dalam penelitian ini meliputi akurasi, kelengkapan, konsistensi, kuantitas, kredibilita ulasan serta niat pembelian. Hasil: Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel akurasi dan kelengkapan ulasan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kredibilitas ulasan, yang pada akhirnya akan meningkatkan niat pembelian dari konsumen. Sebaliknya, variabel konsistensi dan kuantitas ulasan justru tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Selanjutnya, variabel kredibbilitas ulasan terbukti sebagai variabel mediator yang kuat dengan nilai yang dimiliki R-Square sebesar 61.2% untuk kredibilitas ulasan dan 42.2% untuk niat pembelian. Kemudian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi di bidang akademik serta pelaku industri e-commerce di Indonesia dalam memahami pengelolaan ulasan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan niat pembelian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arka, Y. A. P., & Harususilo, Y. E. (2023). Shopee tetap mendominasi pasar e-commerce di tengah kehadiran pemain baru Tiktok shop. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2023/06/26/080000426/shopee-tetap-mendominasi-pasar-e-commerce-di-tengah-kehadiran-pemain-baru?page=all
Chakraborty, U., & Bhat, S. (2018a). Credibility of online reviews and its impact on brand image. Management Research Review, 41(1), 148–164. https://doi.org/10.1108/MRR-06-2017-0173
Chakraborty, U., & Bhat, S. (2018b). The Effects of Credible Online Reviews on Brand Equity Dimensions and Its Consequence on Consumer Behavior. Journal of Promotion Management, 24(1), 57–82. https://doi.org/10.1080/10496491.2017.1346541
Cheung, M. Y., Luo, C., Sia, C. L., & Chen, H. (2009). Credibility of electronic word-of-mouth: Informational and normative determinants of on-line consumer recommendations. International Journal of Electronic Commerce, 13(4), 9–38. https://doi.org/10.2753/JEC1086-4415130402
Chevalier, J. A., & Mayzlin, D. (2006). The effect of Word of Mouth on sales: Online book reviews. Journal of Marketing Research, 43(3), 345–354. https://doi.org/10.1509/jmkr.43.3.345
Etikan, I. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11
Fan, Y.-W., Miao, Y.-F., Fang, Y.-H., & Lin, R.-Y. (2013). Establishing the adoption of electronic Word-of-Mouth through consumers’ perceived credibility. International Business Research, 6(3). https://doi.org/10.5539/ibr.v6n3p58
Filieri, R., Hofacker, C. F., & Alguezaui, S. (2018). What makes information in online consumer reviews diagnostic over time? The role of review relevancy, factuality, currency, source credibility and ranking score. Computers in Human Behavior, 80, 122–131. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.10.039
Gan, X., Zhang, Y., Yu, Y., & Jiao, Y. (2017). The impact of information factors on online recommendation adoption. 2017 International Conference on Service Systems and Service Management, 1–6. https://doi.org/10.1109/ICSSSM.2017.7996140
Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural Equation Modeling (sSEM) berbasis varian: Konsep dasar dan aplikasi dengan program smartpls 3.2.8 dalam riset bisnis. PT Inkubator Penulis Indonesia.
Haryono, S. (2016). Metode SEM untuk penelitian manajemen dengan AMOS LISREL PLS (H. Mintardja (ed.)). PT Intermedia Personalia Utama.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15IYA ed.). Hamid Mintardja.
Luo, C., Luo, X. (Robert), Xu, Y., Warkentin, M., & Sia, C. L. (2015). Examining the moderating role of sense of membership in online review evaluations. Information & Management, 52(3), 305–316. https://doi.org/10.1016/j.im.2014.12.008
Mo, Z., Li, Y.-F., & Fan, P. (2015). Effect of online reviews on consumer purchase behavior. Journal of Service Science and Management, 08(03), 419–424. https://doi.org/10.4236/jssm.2015.83043
Moriuchi, E. (2018). Is that really an honest online review? The effectiveness of disclaimers in online reviews. Journal of Marketing Theory and Practice, 26(3), 309–327. https://doi.org/10.1080/10696679.2018.1451257
Mudambi, & Schuff. (2010). What makes a helpful online review? A study of customer reviews on amazon.com. MIS Quarterly, 34(1), 185. https://doi.org/10.2307/20721420
Petty, R. E., & Cacioppo, J. T. (1986). The Elaboration Likelihood Model of Persuasion (pp. 123–205). https://doi.org/10.1016/S0065-2601(08)60214-2
Shahirah, R. A. (2023). Pengaruh review pelanggan terhadap keputusan pembelian di online shop. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 626–630. https://doi.org/10.60126/maras.v1i3.119
Thomas, M.-J., Wirtz, B. W., & Weyerer, J. C. (2019). Determinants of online review credibility and its impact on con-sumers’ purchase intention. Journal of Electronic Commerce Research, 20(1). http://www.jecr.org/sites/default/files/2019vol20no1_Paper1.pdf
Yehezkiel, F. (2024). Indonesia dominasi 42% pasar E-Commerce Asia Tenggara di 2024. Telset. https://telset.id/ngehits/indonesia-dominasi-42-pasar-e-commerce-asia-tenggara-di-2024/
Zhu, F., & Zhang, X. (Michael). (2010). Impact of online consumer reviews on sales: The moderating role of product and consumer characteristics. Journal of Marketing, 74(2), 133–148. https://doi.org/10.1509/jmkg.74.2.133
DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v2i2.60190
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Reviana Puspita Sari, Iwan Koswara, Ikhsan Fuady

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Comdent: Communication Student Journal Indexed by:
Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia
WA: +6283111519064 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com
Comdent: Communication Student Journal Supervised by: