Berita politik dan sikap politik Generasi Z pada pemilihan presiden 2024

Wuri Wijayanti Aisyah Arifin, Rusmulyadi Rusmulyadi, Acep Muslim

Abstract


Latar belakang: Penelitian ini didasarkan atas asumsi bahwa peristwa politik yang tertuang dalam berita media akan selalu menarik khalayak, tidak terkecuali Generasi Z. Sementara Generasi Z dinilai memiliki karakter melek digital, kritis, dan inklusif. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah menganalisa kecenderungan sikap politik Generasi Z dalam kaitannya dengan pemilu 2024 yang disebabkan karena terpaan media. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah apakah berita-berita politik tentang pemilu 2024 pada media online memengaruhi kecenderungan sikap politik Generasi Z dalam menentukan pasangan calon presiden. Metode: Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa ilmu komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Analisa data dilakukan dengan statistika sosial menggunakan SPSS versi 29. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terpaan berita politik pemilu 2024 pada media online terhadap sikap politik mahasiswa ilmu komunikasi dalam menentukan pilihan pasangan calon presiden di pemilu 2024. Dengan menghitung koefisien determinasi (R2) sebesar 0,300 atau 30% maka dapat dinyatakan bahwa 70% dipengaruhi faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Namun, jika dihitung secara parsial dengan melihat sub variable durasi, frekuensi, dan sub variabel atensi, maka elemen durasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kecenderungan memilih paslon presiden.


Keywords


Berita politik; Generasi Z; media online; paslon presiden; Pemilu 2024

Full Text:

PDF

References


Alnadya, H. (2020). Pengaruh terpaan informasi politik media online tempo.co terhadap literasi politik pemilih pemula (Studi deskriptif kuantitatif pada pemilih pemula pengakses tempo.co) [Universitas Pendidikan Indonesia]. https://repository.upi.edu/56242/

Andradita, T. (2022). Pengaruh pemberitaan terorisme di media massa terhadap tingkat kecemasan masyarakat (Survei pada masyarakat Kelurahan Muarasari Kota Bogor) [UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. https://digilib.uinsgd.ac.id/54159/

Annur, C. M. (2022). Survei: Pecandu internet terbanyak dari kalangan Gen Z. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/b13d6f8da635b3b/survei-pecandu-internet-terbanyak-dari-kalangan-gen-z

Annur, C. M. (2023). Sejauh mana anak muda tertarik dengan politik? Ini hasil surveinya. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/politik/statistik/44d27e9b6db26fb/sejauh-mana-anak-muda-tertarik-dengan-politik-ini-hasil-surveinya

Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2016). Komunikasi massa: Suatu pengantar. Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Ball-Rokeach, S. J., & DeFleur, M. L. (1976). A dependency model of mass-media. Communication Research, 3(1), 3–21. https://doi.org/10.1177/009365027600300101

de Vreese, C. H., & Neijens, P. (2016). Measuring media exposure in a changing communications environment. Communication Methods and Measures, 10(2–3), 69–80. https://doi.org/10.1080/19312458.2016.1150441

Delphia, R. (2022). 60 persen gen z memiliki indeks literasi digital tinggi. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/telecommunications/statistik/ff4e5bb253109e5/60-persen-gen-z-memiliki-indeks-literasi-digital-tinggi

Halim, U., & Jauhari, K. D. (2019). Pengaruh terpaan media terhadap partisipasi politik dalam pilkada DKI Jakarta 2017. Jurnal ASPIKOM, 4(1), 45–59. https://doi.org/10.24329/aspikom.v4i1.385

Haniifah, T. S. (2023). Pengaruh berita politik pada media online CNN terhadap kecenderungan mahasiswa memilih calon presiden 2024 [UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. https://digilib.uinsgd.ac.id/79262/

Ilhami, F., Santosa, H. P., & Setiabudi, D. (2014). Pengaruh terpaan pemberitaan politik di media online dan terpaan pesan iklan kampanye politik di media televisi terhadap elektabilitas partai Hanura. Interaksi Online, 2(2). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/4842

Istyawati, D. (2021). Pengaruh terpaan tayangan informasi politik di YouTube terhadap kesadaran politik pemilih pemula. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 25(2), 140 – 149.

Julpahmi. (2022). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap partisipasi politik generasi milenial Himpunan Mahasiswa Aceh Selatan (HAMAS) pada pemilu presiden 2019 [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29882/

Kemp, S. (2019). Digital 2019: Global digital overview. DataReportal. https://datareportal.com/reports/digital-2019-global-digital-overview

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran: Manual dan digital. Ghalia Indonesia.

Luthfillah, F. U. (2021). Pengaruh terpaan tayangan informasi politik di Youtube terhadap kesadaran politik pemilih pemula (Studi korelasional pada subscribers channel Youtube Asumsi) [Universitas Pendidikan Indonesia]. https://repository.upi.edu/69524/

Munawwaroh, P. R., & Lubis, E. E. (2018). Pengaruh terpaan media pada akun Instagram @eksplorsiak terhadap minat kunjungan wisata ke Siak Sri Indrapura. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(1), 1–13. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/16646

Newman, N., Fletcher, R., Eddy, K., Robertson, C. T., & Nielsen, R. K. (2023). Digital news report 2023. https://reutersinstitute.politics.ox.ac.uk/sites/default/files/2023-06/Digital_News_Report_2023.pdf

Nurcahyani, N. (2023). Pengaruh terpaan pemberitaan pembunuhan Brigadir J di Instagram terhadap tingkat kepercayaan kepada lembaga Polri dalam penyelesaian kasus (Survei mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nasional angkatan 2021) [Universitas Nasional]. http://repository.unas.ac.id/8028/

Pratiwi, F. S. (2023). Hasil survei rencana partisipasi Gen Z pada pemilu 2024. Data Indonesia. https://dataindonesia.id/varia/detail/hasil-survei-rencana-partisipasi-gen-z-pada-pemilu-2024

Rakhmat, J. (2009). Psikologi komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.

Ramadhan, M. F., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Validitas and reliabilitas. Journal on Education, 6(2), 10967–10975. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4885

Retnawati, E., Suntoro, I., & Nurmalisa, Y. (2015). Pengaruh media massa dan sikap politik terhadap partisipasi politik siswa dalam pemilu. Jurnal Kultur Demokrasi, 3(1). https://www.neliti.com/id/publications/246441/pengaruh-media-massa-dan-sikap-politik-terhadap-partisipasi-politik-siswa-dalam

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumadiria, H. (2019). Sosiologi komunikasi massa. Simbiosa Rekatama Media.

Tubbs, S., & Moss, S. (1994). Human communication. McGraw-Hill.




DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v2i2.61146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Wuri Wijayanti Aisyah Arifin, Rusmulyadi, Acep Muslim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Comdent: Communication Student Journal Indexed by:

Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia 
WA: +6285189714299 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com

 


Comdent: Communication Student Journal Supervised by:

View My Stats