Strategi komunikasi krisis sekolah dalam menangani wabah cacar air di Tangerang Selatan
Abstract
Latar Belakang: Strategi komunikasi krisis menjadi elemen penting dalam menangani wabah penyakit menular, seperti cacar air di sekolah untuk menjaga stabilitas operasional dan meredam kekhawatiran pemangku kepentingan. Terdapat beberapa penelitian yang membahas komunikasi krisis dalam konteks pendidikan, namun penelitian yang secara spesifik menganalisis strategi komunikasi krisis terkait wabah cacar air di sekolah dengan pendekatan Situational Crisis Communication Theory (SCCT) masih sangat terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini mengevaluasi strategi komunikasi krisis yang diterapkan oleh SMPN 8 Tangerang Selatan selama wabah cacar air. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi komunikasi krisis yang diterapkan oleh SMPN 8 Tangerang Selatan selama wabah cacar air dan menganalisis kendala dalam komunikasi krisis serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan manajemen komunikasi krisis di lingkungan sekolah pada masa depan. Metode: Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, analisis dokumen, dan observasi langsung. Hasil: Penelitian menemukan bahwa strategi komunikasi sekolah berfokus pada transparansi, kecepatan, dan inklusivitas. Penggunaan saluran komunikasi digital, seperti grup WhatsApp, efektif untuk sebagian besar pemangku kepentingan, tetapi masih menghadapi kendala akses teknologi pada sebagian orang tua. Kolaborasi dengan puskesmas setempat terbukti meningkatkan kredibilitas informasi dan mendukung implementasi kebijakan kesehatan. Namun, kurangnya edukasi preventif sebelum wabah menyoroti kebutuhan akan program literasi kesehatan yang berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggeriyane, E., & Rahayu, S. F. (2022). The effect of hypnoparenting in overcoming the problem of smart device addiction in preschool children at Ar Raudah Kindergarten Banjarmasin. IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices), 6(1), 8–17. https://doi.org/10.18196/ijnp.v6i1.12802
Anggeriyane, E., Rahayu, S. F., Salamiah, D., Murizki, D. B., & Maulida, M. H. (2022). The education on the importance of protecting from the dangers of chickenpox through audiovisual learning media. Medani: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 83–91. https://doi.org/10.59086/jpm.v1i3.105
Chandra, E. M., Yulindon, Y., & Hidayat, R. (2020). Implementasi sistem pakar guna mendiagnosa penyakit cacar air dengan metode Bayes. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 21. https://doi.org/10.35585/inspir.v10i1.2546
Checchi, F., Warsame, A., Treacy-Wong, V., Polonsky, J., van Ommeren, M., & Prudhon, C. (2017). Public health information in crisis-affected populations: A review of methods and their use for advocacy and action. The Lancet, 390(10109), 2297–2313. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(17)30702-X
Cheng, G., Wang, N., & Qi, L. (2022). Modeling the influence of health education on individual behavior in the process of disease transmission. Mathematical Methods in the Applied Sciences, 45(17), 11498–11525. https://doi.org/10.1002/mma.8463
Coombs, W. T. (2022). Situational Crisis Communication Theory (SCCT). In The Handbook of Crisis Communication (pp. 193–204). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781119678953.ch14
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2022). Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches (6th ed.). Sage Publications.
Faustyna. (2023). OBE-based education crisis communication strategy after the COVID-19 pandemic. Randwick International of Social Science Journal, 4(2), 334–344. https://doi.org/10.47175/rissj.v4i2.674
Ho, S. S., Chuah, A. S. F., Ho, V. S., Rosenthal, S., Kim, H. K., & Soh, S. S. H. (2024). Crisis and emergency risk communication and emotional appeals in COVID-19 public health messaging: Quantitative content analysis. Journal of Medical Internet Research, 26, e56854. https://doi.org/10.2196/56854
Irwanti, M. (2023). Manajemen krisis komunikasi: Tinjauan teoritis dan praktis. Widina Media Utama.
Irwanti, M., Nuriman, D., Lestari, P., & Sigit, R. (2023). Risk communication strategy in dealing with the tsunami disaster. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(2), 675–682. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i2.639
Jonnedi, J., Ginting, R., & Hendra, Y. (2020). Strategi komunikasi lembaga penjaminan mutu pendidikan Sumatera Utara dalam implementasi sistem penjaminan mutu internal. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 6(1), 76–85. https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i1.3617
Khan, M., McGinley, C., Noor, A., & Karamali, L. (2021). Mitigation of disease in primary schools : Implications for school policies during the COVID-19 pandemic. The Cutting Edge: The Stanford Undergraduate Journal of Education Research, 3(2), 1–26. https://ojs.stanford.edu/ojs/index.php/ce/article/view/1837/1382
Kyhn, H. S. (2008). Situational crisis communication theory: Its use in a complex crisis with Scandinavian airlines’ grounding of dash 8-Q400 airplanes [Aarhus School of Business]. https://dl.icdst.org/pdfs/files/0e8d769c306ae51d9075fa87693ede99.pdf
Ławecka, E. (2024). Interpersonal communication as a basis for cooperation between early school education teachers. Prima Educatione, 8, 111–118. https://doi.org/10.17951/pe.2024.8.111-118
MacKay, M., Colangeli, T., Thaivalappil, A., Del Bianco, A., McWhirter, J., & Papadopoulos, A. (2022). A review and analysis of the literature on public health emergency communication practices. Journal of Community Health, 47(1), 150–162. https://doi.org/10.1007/s10900-021-01032-w
Mwandembo, F. (2024). Navigating the storm; Effective crisis communication strategies. International Journal of Innovative Science and Research Technology (IJISRT), 9(3), 2685–2697. https://doi.org/10.38124/ijisrt/IJISRT24MAR2080
Nielo, L. C. G. (2024). A disaster communication plan for higher education institutions in the island province of Occidental Mindoro, Philippines. Frontiers in Communication, 9, 1–20. https://doi.org/10.3389/fcomm.2024.1368221
Prasetyo, D. A. (2024). IDAI sebut kasus cacar air anak meningkat, ini kemungkinan penyebabnya. Detikhealth. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7616936/idai-sebut-kasus-cacar-air-anak-meningkat-ini-kemungkinan-penyebabnya
Sá, R., Garganta, S., Borges, C., Correia, M., Emilio, D., & Rodrigues, A. P. (2023). Addressing influenza outbreaks in schools. European Journal of Public Health, 33(Suppl 2). https://doi.org/10.1093/eurpub/ckad160.1540
Su, Z., Zhang, H., McDonnell, D., Ahmad, J., Cheshmehzangi, A., & Yuan, C. (2022). Crisis communication strategies for health officials. Frontiers in Public Health. https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.796572
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Udin, F., & Ritiauw, S. P. (2023). Sosialisasi pencegahan cacar air pada anak-anak di kelurahan Hative Kecil Aster melalui video pembelajaran. Pattimura Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 204–208. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/pattimuramengabdi/article/view/11861
Vebrianti, S., & Hidayat, D. (2021). Kebijakan di masa new normal. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 6(1).
Widayanti, M. R., & Prastyawati, I. Y. (2021). Upaya peningkatan pengetahuan orang tua siswa melalui pendidikan kesehatan tentang pencegahan dan penatalaksanaan cacar air pada anak taman kanak-kanak. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 60–68. https://doi.org/10.47560/pengabmas.v2i2.306
Zana, F., Azista, K., & Astuti, P. (2021). Teori komunikasi krisis situasional: Strategi komunikasi pemerintah dan Walhi dalam penanganan asap Riau tahun 2015. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(8). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i8.2067
DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v2i1.61173
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Najla Zahrani Aulia, Maulina Larasati Putri, Vera Wijayanti Sutjipto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Comdent: Communication Student Journal Indexed by:
Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia
WA: +6283111519064 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com
Comdent: Communication Student Journal Supervised by: