Pengaruh penggunaan celebrity endorser Windah Basudara terhadap kesadaran merek Honor of Kings
Abstract
Latar Belakang: Celebrity endorser adalah siapa saja yang memiliki pengaruh besar dan menggunakan pengaruhnya untuk mempromosikan sebuah produk. Sedangkan kesadaran merek didefinisikan sebagai kemampuan khalayak dalam mengingat suatu merek dalam kategori produknya. Windah Basudara adalah seorang celebrity endorser dari permainan video Honor of Kings. Penelitian ini menggunakan teori kredibilitas sumber nian dengan variabel celebrity endorser dan kesadaran merek. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser Windah Basudara terhadap kesadaran merek permainan video Honor of Kings. Metode: Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif metode kuesioner survei. Populasi yang dijadikan objek penelitian adalah pengikut kanal YouTube milik Windah Basudara, yang dibagikan pada 130 orang responden, 30 responden pada saat pre-test dan 100 responden pada saat post-test. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu: celebrity endorser dan kesadaran merek, data yang telah didapat kemudian diuji keabsahannya menggunakan uji validitas dan uji reliabitas lalu teknik analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas, regresi linear sederhana, uji T, uji korelasi spearman, serta uji mean. Hasil: Hasil yang didapat berupa koefisien regresi bernilai 0,735 yang berarti untuk setiap kenaikan 1% pada variabel celebrity endorser, terdapat kenaikan sebesar 0,735% pada variabel kesadaran merek. Ditemukan juga bahwa Koefisien determinasi senilai 0,506 sehingga hubungan variabel celebrity endorser dan kesadaran merek dinyatakan positif di mana kenaikan pada nilai variabel X mempengaruhi nilai pada variabel Y dengan tingkat kekuatan sedang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D. A. (2018). Manajemen ekuitas merek. Mitra Utama.
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. In N. Saputra (Ed.), Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28559/1/Buku Metodologi Penelitian Kuantitatif.pdf
Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan sampel. In Metode penelitian pendekatan kuantitatif (pp. 103–116). CV Media Sains Indonesia.
Annur, C. M. (2023). Indonesia peringkat keempat pengguna YouTube terbanyak dunia. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/08ebe16c8ac6904/indonesia-peringkat-keempat-pengguna-youtube-terbanyak-dunia#:~:text=Menurut laporan terbaru We Are,pengguna YouTube terbanyak di dunia.
APJII. (2024). APJII jumlah pengguna internet Indonesia tembus 221 juta orang. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Ardiawan, K. N. (2022). Pengolahan data. In Metodologi Penelitian Kuantitatif (pp. 87–93). Media Sains Indonesia.
Aruan, S. H., Purba, H., & Hutabarat, F. (2024). Pengaruh penggunaan layanan influencer, konten pemasaran digital, dan perasaan senang dalam berbelanja terhadap niat membeli di media sosial Tiktok sebagai moderasi adaptasi informasi. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(4), 7051–7064. https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.9895
Awdy. (2022). Fenomena YouTubers sebagai endorser [Universitas Tarumanagara]. http://repository.untar.ac.id/33952/
Bergkvist, L., & Taylor, C. R. (2022). Reviving and improving brand awareness as a construct in advertising research. Journal of Advertising, 51(3), 294–307. https://doi.org/10.1080/00913367.2022.2039886
Christy, S., & Aulia, S. (2023). Dampak brand ambassador Shani Amelia terhadap brand awareness Yuba Tea. Prologia, 7(2), 246–253. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21318
Delaperche, M. (2018). Entrepreneurial branding and purchase intention: The mediating role of trustworthiness. AU-GSB e-Journal, 11(1). https://assumptionjournal.au.edu/index.php/AU-GSB/article/view/3300
Diana, S. (2024). 7 Youtuber gaming terkaya di Indonesia 2024. Gamebrott. https://gamebrott.com/youtuber-gaming-terkaya-di-indonesia/
Esports.ku. (2024). HOK resmi kolaborasi dengan Windah Basudara! Esportsku.Com. https://www.instagram.com/esports.ku/p/DC586vnPClH/?img_index=1
Fikri, M. K. (2023). Youtuber gaming terbaik di Indonesia, subscribernya sampai 20 juta lebih. ROGCommunity. https://rogcommunity.id/support/youtuber-gaming-terbaik-di-indonesia/
Firmansyah, H. (2023). YouTuber gaming Indonesia paling tajir di 2023! Dunia Games. https://duniagames.co.id/discover/article/youtuber-gaming-indonesia-paling-tajir-2023
Juniardi, F., & Sekartaji, S. (2024). The effect of using celebrity endorser Cristiano Ronaldo as an advertising model on the Shopee brand image. Propaganda, 4(1), 24–33. https://doi.org/10.37010/prop.v4i1.1261
Kusuma, A. A., & Yoedtadi, M. G. (2023). Pengaruh popularitas NCT 127 sebagai brand ambassador terhadap brand awareness Blibli. Kiwari, 2(3), 395–402. https://doi.org/10.24912/ki.v2i3.25870
Mamduh, M. (2024). Mobile Legends Lewat, Honor of Kings Raih Gelar Game Terbaik Google Play 2024. Medcom.Id. https://www.medcom.id/teknologi/game/JKR5A33k-mobile-legends-lewat-honor-of-kings-raih-gelar-game-terbaik-google-play-2024
Masita. (2022). Populasi dan sampel penelitian. In Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Moghe, I. (2020). Tencent’s Honor Kings hits 100M daily users on Mobile. Talkesport. https://www.talkesport.com/news/honor-of-kings-100m-daily-users/
Nofianti, L., & Qomariah. (2017). Ringkasan buku metode penelitian survey. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. https://repository.uin-suska.ac.id/16745/1/Buku Metode Penelitian Survei Leny ringkas.pdf
Qureshi, M. M., & Malik, H. M. (2017). The impact of celebrity endorsement on consumer buying behaviour. Advances in Social Sciences Research Journal, 4(3). https://doi.org/10.14738/assrj.43.2605
Rahman, R. (2018). Building brand awareness: The role of celebrity endorsement in advertisements. Journal of Global Scholars of Marketing Science, 28(4), 363–384. https://doi.org/10.1080/21639159.2018.1509366
Rossiter, J. R. (2014). ‘Branding’ explained: Defining and measuring brand awareness and brand attitude. Journal of Brand Management, 21(7–8), 533–540. https://doi.org/10.1057/bm.2014.33
Sadasri, L. M. (2017). Micro-celebrity on new media self-presentation study on micro-celebrity’s vlog. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33299/jpkop.21.2.1218
Saul, H. (2016). Instafamous: Meet the social media influencers redefining celebrity. INDEPENDENT. https://www.independent.co.uk/news/people/instagram-model-natasha-oakley-iskra-lawrence-kayla-itsines-kendall-jenner-jordyn-woods-a6907551.html
Schimmelpfennig, C. (2018). Who is the celebrity endorser? A content analysis of celebrity endorsements. Journal of International Consumer Marketing, 30(4), 220–234. https://doi.org/10.1080/08961530.2018.1446679
Sukirno, Z. L. (2020). Etikaa komunikasi visual influencer pariwisata. Journal of Tourism and Creativity, 4(2), 127. https://doi.org/10.19184/jtc.v4i2.15713
Syahdan. (2020). [Wawancara Eksklusif] Benarkah Riot games pernah menolak kembangkan Wild Rift? Gunia Game. https://duniagames.co.id/discover/article/benarkah-riot-games-pernah-menolak-kembangkan-wild-rift
Teamrrq.com. (2021). Team RRQ umumkan Brand Ambassador baru: Windah Basudara. Teamrrq.Com. https://teamrrq.com/news/team-rrq-umumkan-brand-ambassador-baru-windah-basudara
Veda, V. R. B., & Sathish, S. A. (2023). Celebrity endorsement theories: Review perspective. Multidisciplinary Reviews, 7(3), 2024043. https://doi.org/10.31893/multirev.2024043
Yaseen, S., & Mazahir, I. (2019). Impact of corporate credibility, brand awareness, brand image and brand loyalty on purchase intention in the telecommunication sector of Karachi. Global Management Journal for Academic & Corporate Studies, 9(1), 86–99. https://www.researchgate.net/publication/341434857_Impact_of_Corporate_Credibility_Brand_Awareness_Brand_Image_and_Brand_Loyalty_on_Purchase_Intention_in_the_Telecommunication_Sector_of_Karachi
DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v3i1.62629
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Comdent: Communication Student Journal Indexed by:
Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia
WA: +6285189714299 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com
Comdent: Communication Student Journal Supervised by:










