Analisis brand interest partai politik melalui perilaku pencarian digital pada pemilu 2024
Abstract
Latar Belakang: Perkembangan teknologi digital telah membuka ruang baru dalam studi komunikasi politik, khususnya dalam memahami perilaku pemilih melalui data pencarian daring. Salah satu alat yang menonjol dalam konteks ini adalah Google Trends, yang merepresentasikan atensi publik secara real-time. Namun, kajian akademik mengenai keterkaitan antara perilaku pencarian digital dan brand interest partai politik masih relatif terbatas. Penelitian sebelumnya lebih banyak berfokus pada tokoh politik dan media sosial, sehingga diperlukan eksplorasi lebih lanjut terhadap partai politik sebagai entitas kolektif. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis brand interest atau ketertarikan publik terhadap lima partai politik dengan perolehan suara terbanyak pada Pemilu 2024, yaitu PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, dan Partai NasDem, berdasarkan data pencarian Google Trends. Metode: Pendekatan deskriptif-komparatif digunakan untuk menganalisis tren pencarian di Google Trends selama periode kampanye hingga pasca pemilu, yaitu 28 November 2023 hingga 15 Februari 2024. Data dikumpulkan melalui kata kunci spesifik dan diuji menggunakan Krippendorff’s Alpha untuk memastikan reliabilitas antar-coder. Hasil: Data Google Trends menunjukkan bahwa minat pencarian terhadap partai politik mengalami fluktuasi signifikan pada berbagai tahapan penting pemilu. Lonjakan pencarian mencerminkan tingginya atensi publik terhadap informasi politik. Namun, tidak semua partai dengan volume pencarian tinggi memperoleh suara besar, sehingga keterkaitan antara pencarian digital dan perolehan suara hanya tampak pada partai tertentu. Hal ini mengindikasikan bahwa Google Trends lebih tepat digunakan sebagai indikator situasional untuk membaca brand interest, bukan sebagai cerminan langsung preferensi elektoral.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A., Yazid, Y., Jayus, J., Sumaiyah, S., Khairi, A., Edison, E., & Astuti, D. S. (2024). Google Trends and Indonesia presidential elections 2024: Predictor of popularity candidate in digital age. Politicon : Jurnal Ilmu Politik, 6(2), 273–300. https://doi.org/10.15575/politicon.v6i2.34636
Arifin, W. W. A., Rusmulyadi, R., & Muslim, A. (2025). Berita politik dan sikap politik Generasi Z pada pemilihan presiden 2024. Comdent: Communication Student Journal, 2(2), 372–388. https://doi.org/10.24198/comdent.v2i2.61146
Arpandi, A. (2023). Media online dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada pemilihan umum (Pemilu). EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 843–855. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.293
Assael, H. (2002). Consumer behavior and marketing action (4th ed.). PWS-Kent Publishing Company.
Behnert, J., Lajic, D., & Bauer, P. C. (2024). Can we predict multi-party elections with Google Trends data? Evidence across elections, data windows, and model classes. Journal of Big Data, 11(1), 30. https://doi.org/10.1186/s40537-023-00868-4
Bider, L. (2023). How to visualize Google Trends data. Flourish. https://flourish.studio/blog/google-trends-data-visualization/
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2014). Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Harkan, A. A., & Eriyanto. (2021). Predicting the results of the 2019 Indonesian presidential election with Google Trends. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210531.001
Jayus, Sumaiyah, Mairita, D., & Abdullah, A. (2024). Media Sosial sebagai Media Kampanye Politik Menjelang Pemilu 2024. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 10(1), 72–81. https://doi.org/10.31289/simbolika.v10i1.11468
Keller, K. L. (2013). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity. Pearson.
Kharis, S. A. A., Zili, A. H. A., Putri, A., & Robiansyah, A. (2023). Analisis tren minat masyarakat indonesia terhadap artificial intelligence dalam menyongsong society 5.0: studi menggunakan Google Trends. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 7(4), 1345–1354. https://doi.org/10.33379/gtech.v7i4.3091
Koronska, K. (2021). [Analysis] Can Google Trends be used for political polling? The new global order. The New Global Order. https://thenewglobalorder.com/world-news/analysis-can-google-trends-be-used-for-political-polling/
Machleit, K. A., Allen, C. T., & Madden, T. J. (1993). The mature brand and brand interest: An alternative consequence of ad-evoked affect. Journal of Marketing, 57(4), 72. https://doi.org/10.2307/1252220
Mavragani, A., & Ochoa, G. (2019). Google Trends in infodemiology and infoveillance: Methodology framework. JMIR Public Health and Surveillance, 5(2), e13439. https://doi.org/10.2196/13439
Pandiangan, C. U. A., Pembayun, J. G., & Ratnasari, E. (2025). Pemberitaan Prabowo Gibran jelang pilpres 2024: Analisis framing pada media online. Comdent: Communication Student Journal, 2(1), 230–249. https://doi.org/10.24198/comdent.v2i1.61361
Sahati, K. J., Lapian, M. T., & Lengkong, J. P. (2022). Perbandingan strategi kampanye partai PDI-P dan partai Golkar dalam pemilihan umum legislatif 2019. POLITICO: Jurnal Ilmu Politik, 11(3), 19–36. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/politico/article/view/46282
Samad, M. Y., Brata, T., Sinurat, D. P., Yakub, A., Persadha, P. D., & Permatasari, D. A. (2024). Penggunaan data Google Trends untuk mengetahui minat publik tentang sistem pemilu proporsional. Jurnal Kajian Ilmiah, 24(1), 1–12. https://doi.org/10.31599/4m4gmd83
Seithe, M., & Calahorrano, L. (2014). Analysing party preferences using Google Trends. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2404869
Trevisan, F. (2014). Search engines: From social science objects to academic inquiry tools. First Monday. https://doi.org/10.5210/fm.v19i11.5237
Wolf, J. T. (2018). Trending in the right direction: Using Google Trends data as a measure of public opinion during a presidential election [Faculty of the Virginia Polytechnic Institute and State University]. http://hdl.handle.net/10919/83571
DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v3i1.62935
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Comdent: Communication Student Journal Indexed by:
Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia
WA: +6285189714299 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com
Comdent: Communication Student Journal Supervised by:










