Dinamika minat digital media berita online pada momentum debat pemilihan Presiden Indonesia 2024
Abstract
Latar belakang: Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024 tidak hanya menjadi arena kontestasi politik, tetapi juga mempengaruhi perubahan perilaku konsumsi informasi masyarakat Indonesia. Peningkatan signifikan terus terjadi dalam akses media berita online, terutama pada konten politik dan analisis kandidat saat menjelang dan selama debat calon presiden. Puncak aktivitas ditandai dengan lonjakan trafik pada siaran langsung, peningkatan interaksi media sosial, serta konsumsi berita daring secara intensif. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat masyarakat terhadap penggunaan media berita online selama periode debat pemilihan Presiden (Pilpres) Indonesia 2024. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui platform digital seperti Google Trends, SEMrush, dan Google Search Engine untuk menganalisis minat dan perilaku pencarian masyarakat terhadap subjek debat pilpres 2024. Hasil: Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pergeseran signifikan dalam preferensi masyarakat terhadap pemilihan media berita online selama periode debat. Detik.com dan CNN (Cable News Network) Indonesia menjadi media yang paling sering diakses. Pola akses yang mendominasi adalah tipe langsung yang menunjukkan tingkat brand awareness tinggi. Tribunnews lebih mengandalkan pencarian organik. Temuan ini menegaskan pentingnya pemahaman terhadap perilaku audiens bagi media dan praktisi public relations untuk menciptakan ekosistem informasi yang lebih efektif, transparan, dan akuntabel. Informasi yang akurat dan relevan tidak hanya mendorong pengambilan keputusan yang lebih baik dalam Pilpres 2024, tetapi juga memperkuat kepercayaan publik terhadap media sebagai sumber informasi terpercaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, S. (2023, October 25). Prabowo-Gibran pakai baju biru untuk daftar pilpres 2024: Agar sejuk, damai. Tempo.Co. https://www.tempo.co/politik/prabowo-gibran-pakai-baju-biru-untuk-daftar-pilpres-2024-agar-sejuk-damai-128681
Annisa, F. N. (2024). Strategi media relations humas dalam membangun citra positif pemerintah Kota Bekasi. Reputation Jurnal Hubungan Masyarakat, 6(3), 263–282. https://doi.org/10.15575/reputation.v6i3.20594
Arifin, W. W. A., Rusmulyadi, R., & Muslim, A. (2025). Berita politik dan sikap politik Generasi Z pada pemilihan presiden 2024. Comdent: Communication Student Journal, 2(2), 372–388. https://doi.org/10.24198/comdent.v2i2.61146
Arpandi, A. (2023). Media online dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada pemilihan umum (pemilu). Edu Society:Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 843–855. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.293
Azqiya, N. V., Hadylaya, M. H., & Siregar, N. A. (2023). Analisis isi pemberitaan tragedi Kanjuruhan pada portal berita di Indonesia. Jurnal Riset Komunikasi, 6(2), 140–157. https://doi.org/10.38194/jurkom.v6i2.755
Bchtiar, Y. C., & Adnyani, L. P. W. (2024). Pengaruh kredibilitas wartawan, kualitas konten, dan frekuensi siaran terhadap tingkat kepercayaan publik pada media lokal di Jakarta. Journal on Education, 7(1), 4321–4331. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.7024
BPKRI. (2017). Undang-undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. BPK RI. https://peraturan.bpk.go.id/details/37644/uu-no-7-tahun-2017
D. Wilson, T. (2000). Human information behavior. Informing Science: The International Journal of an Emerging Transdiscipline, 3, 049–056. https://doi.org/10.28945/576
Fitri, S. N. (2018). Pemilu pros and cons of the hashtag movement # 2019gantipresiden as a means of campaigns in elections. Law Research Review Quarterly, 4(2), 284–303. https://doi.org/10.15294/snh.v4i02.25488
Gaizka, A., Dzikrillah, A. R., & Sinduningrum, E. (2024). Analisis sentimen masyarakat sebelum dan sesudah terpilihnya Gibran sebagai cawapres Prabowo menggunakan naïve bayes. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 4(6), 2830–2841. https://doi.org/https://doi.org/10.30865/klik.v4i6.1876
Gerstlé, J., & Nai, A. (2019). Negativity, emotionality and populist rhetoric in election campaigns worldwide, and their effects on media attention and electoral success. European Journal of Communication, 34(4), 410–444. https://doi.org/10.1177/0267323119861875
Graber, D. A., & Dunaway, J. (2022). Mass media and American politics (11 ed.). CQ Press.
Haryono, C. G. (2023). Digital public relation: Pemanfaatan Big Data, SEO, CSR, dan komunikasi krisis dalam kegiatan public relation di era digital. Penada Media Group.
Klopfenstein, N., Wyss, V., & Weber, W. (2024). Factors influencing young people’s news consumption in Switzerland during normative transitions: A mixed methods study. Journal of Children and Media, 18(1), 120–137. https://doi.org/10.1080/17482798.2023.2278141
Kormelink, T. G., & Meijer, I. C. (2018). What clicks actually mean: Exploring digital news user practices. Journalism, 19(5), 668–683. https://doi.org/10.1177/1464884916688290
Mauludi, A. H., Widyanto, G., & Amelia, R. (2022). Membangun media relations yang ideal berdasarkan perspektif praktisi public relations dan media. BroadComm, 4(2), 29–39. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i2.240
Medvic, S. K. (2022). Campaigns and elections: Players and processes. Routledge.
Mukhroman, I., Ahmad, I., & Galura Gumelar, R. (2024). Pembentukan opini publik pada pemilihan umum 2024 (studi kasus opini publik - survei elektabilitas capres-cawapres 2024 pasca debat pertama). Syntax Idea, 6(6), 2471–2482. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i6.3436
Nada, A. Q., Fitria, Y., & Darmansyah, D. (2023). Pemanfaatan search engine sebagai pilar teknologi dalam penulisan karya ilmiah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31288–31295. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12103
Nursatyo, N., Arrianie, L., Komariah, S., & Auliasari, F. F. (2023). The influence of motives for media use, news selection, and attractiveness level of online media on reader engagement. International Journal of Social Science and Human Research, 06(05), 1247. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i5-02
Ogbodo, J. N., Onwe, E. C., Chukwu, J., Nwasum, C. J., Nwakpu, E. S., Nwankwo, S. U., Nwamini, S., Elem, S., & Iroabuchi Ogbaeja, N. (2020). Communicating health crisis: a content analysis of global media framing of COVID-19. Health Promotion Perspectives, 10(3), 257–269. https://doi.org/10.34172/hpp.2020.40
Okutan, E. (2017). The role of state in ending the inequality of opportunities in the media. International Journal of Economic Perspectives, 11(3), 431–437. https://www.scopus.com/record/display.uri?eid=2-s2.0-85051686417&origin=inward&txGid=e9f42c2148988eaa620b51462805aa5e
Pandiangan, C. U. A., Pembayun, J. G., & Ratnasari, E. (2025). Pemberitaan Prabowo Gibran jelang pilpres 2024: Analisis framing pada media online. Comdent: Communication Student Journal, 2(1), 230–249. https://doi.org/10.24198/comdent.v2i1.61361
Rofi’ah, R., Sumardjo, S., Sarwoprasodjo, S., & Lubis, D. P. (2021). Google trends dan analisis pengelolaan konflik sosial di ruang publik virtual. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 51–66. https://doi.org/10.24002/jik.v18i1.3252
Sambu, D., Lopes, C. A., & Apollo, V. (2021). Collective change through mass media: Engaging adolescent girls through interactive radio to promote AIDS-free communities in Kenya. In Health Communication and Disease in Africa (pp. 289–314). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-16-2546-6_13
Savolainen, R. (1995). Everyday life information seeking: Approaching information seeking in the context of “way of life.” Library & Information Science Research, 17(3), 259–294. https://doi.org/10.1016/0740-8188(95)90048-9
Silverman, D. (2020). Qualitative research. SAGE Publications Ltd.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian, kuantitatif, kualitatif dan r&d (2 ed.). Alfabeta.
Suhendra, S., & Pratiwi, F. S. (2024). Peran komunikasi digital dalam pembentukan opini publik: Studi kasus media sosial. Iapa Proceedings Conference, 293. https://doi.org/10.30589/proceedings.2024.1059
Tosepu, Y. A. (2018). Media baru dalam komunikasi politik (Komunikasi politik di dunia virtual). CV. Jakad Publishing.
Yusnanto, T., Arifah, F. N., & Wahyudiono, S. (2021). SEO untuk meningkatkan potensi wisata di Desa Ngargoretno. Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 49–54. https://doi.org/10.34148/komatika.v1i2.433
DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v3i1.63028
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Comdent: Communication Student Journal Indexed by:
Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia
WA: +6285189714299 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com
Comdent: Communication Student Journal Supervised by:










