PENGENALAN TEKNOLOGI ENERGI TERBARUKAN KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH SATAQU

Otong Nurhilal, Risdiana Risdiana, Sahrul Hidayat, Setianto Setianto

Abstrak


Perkembangan kognitif siswa SD dan SMP dapat dibangun melalui kegiatan pengenalan teknologi energi terbarukan. Pada umumnya siswa SD dan SMP kurang memiliki pengetahuan terkait energi, sumber energi dan teknologi energi. Pada kegiatan pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini telah dilakukan pengenalan teknologi energi terbarukan kepada siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) kelas IV, V, VI dan kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan memunculkan kemampuan kognitif siswa. Dari hasil pre-test dengan 10 pertanyaan, sebanyak 31,45% siswa menjawab lima pertanyaan dengan benar. Sedangkan hasil post-test dengan 15 pertanyaan dan lima pertanyaan baru, sebanyak 91,42% siswa menjawab 10 sampai 14 pertanyaan dengan benar. Kemampuan kognitif siswa terlihat ketika diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hesti Aulia, Sudarti, Singgih Bektiarso, Iwan Wicaksono. (2025). Analisis Literasi Sains Siswa SD tentang Pemanfaatan Energi Terbarukan dalam Kehidupan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar p-ISSN 2085-7519 e-ISSN 2798-382X Vol. 12, No. 2, 329-334

Bawono Widyo Gumelar, Indah Widiastuti, Danar Susilo Wijayanto. (2018). Pembelajaran Energi Terbarukan Untuk Sekolah Dasar Studi Kasus Di Kabupatan Klaten. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan. JIPTEK, Vol. 11 No. 01. DOI : https://doi.org/10.20961/jiptek.v11i1.18504

Anderson and Krathwohl Bloom’s Taxonomy Revised Understanding the New Version of Bloom’s Taxonomy

Schafersman S. D. (1991). An introduction to critical thinking. URL (last checked 28 March 2011). http://www.freeinquiry.com/critical-thinking.html

Kusuma et al., (2023). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8 (4): 2668 – 2680 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1764]




DOI: https://doi.org/10.24198/saintika.v3i2.65581

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.