PENGENALAN TOKOH DAN KARYA SASTRA PERANCIS BAGI SISWA PEMBELAJAR BAHASA PERANCIS DI SMAN 1 PURWAKARTA
Abstrak
Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan oktober 2018 ini mengakomodasi kebutuhan siswa-siswa SMAN 1 Purwakarta yang mempelajari bahasa Perancis untuk dapat mengenal tokoh dan karya sastra Perancis. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini sesuai dengan alur riset penelitian yang membahas karya sastra frankofon. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan para pembelajar pemula bahasa Perancis dapat memperoleh pengetahuan yang lebih luas mengenai karya sastra frankofon sehingga tumbuh motivasi yang kuat untuk melanjutkan belajar Bahasa Perancis ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan metode belajar mengajar, kegiatan telah berhasil dilaksanakan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah tumbuhnya minat siswa terhadap literatur Frankofon khususnya karya-karya klasik. Dari penelusuran minat siswa berdasarkan angket yang telah diberikan, diketahui sebanyak 80% peserta kegiatan berpendapat bahwa pengetahuan mengenai tokoh dan karya sastra Perancis dan penggunaan teks sastra dalam kegiatan pembelajaran sangat bermanfaat untuk mengasah kompetensi berbahasa.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Albert Marie Claude, Marc Souchon. 2000. Les textes Litteraires en Classe de Langue, Hachette: Paris
Allam-Iddou, Samira. (2015). De l’usage des textes littéraires comme outil didactique pour l’enseignement/apprentissage du Français Langue Étrangère. Synergies Chili n° 11 - 2015 p. 95-103. https://gerflint.fr/Base/Chili11/allam-iddou.pdf
Dominguez, Susanti. 2018. Belajar Inti Bahasa Perancis (Apprendre le Français Essentiel). Bandung : Citra Aditya Bakti.
Exel, Marie Hélène Estéoule. 2008. Livres Ouverts. Presses Universitaires de Grenoble
(PUG), Grenoble
Hudson, William Henry.1949.An Introduction to the Study of Literature. London: George. G. Harrap & Co. Ltd.
Kusumah, Ina Yusuf. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan : Pendidikan Bahasa Asing. Bandung : Imperial Bhakti Utama
Maley, A. 1989. Down from the Pedestal: Literature as Resource in Literature and the Learner: Methodological Approaches. Cambridge: Modern English Publications.
Moody, H.L.B. 1979. The teaching of Literature. London : Longman.
Peytard, J. 1986, “Didactique, sémiotique, linguistique” Syntagmes 3. Paris, p.247.
Schmit. M.P dan A.Viala. 1982. Savoir Lire. Didier: Paris
Sudjana, N. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sumardjo, Jakob., KM. Saini. 1986. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Penerbit PT.
Gramedia
Wellek, Rene., Waren, Austin. 1993. Teori Kesusastraan. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v8i3.19799
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: