PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJERIAL USAHA MIKRO KECIL DI DESA SUKADANA, KECAMATAN CIMANGGUNG, KABUPATEN SUMEDANG
Abstrak
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu roda penggerak perekonomian di kawasan perdesaan karena merupakan sektor yang potensial dalam menciptakan nilai tambah, penyerapan tenaga kerja dan memberikan sumbangan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Namun UMKM sering dianggap kelompok usaha yang tidak efisien dan tidak kompetitif sehingga sulit berkembang menjadi usaha besar yang modern. Berdasarkan hal tersebut diperlukan upaya meningkatkan kemampuan manajerial pelaku UMK guna meningkatkan daya saing. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMK dalam mengelola usahanya. Metode yang digunakan adalah FGD, penyuluhan dan pelatihan. Materi yang diberikan mengenai pelatihan kewirausahaan, e-commerce dan pembuatan website desa. Program ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMK dalam mengelola usaha dan memanfaatkan informasi teknologi dalam pemasaran produknya melalui pembuatan websiste. Faktor pendorong keberhasilan progam ini adalah adanya dukungan dari aparat desa, partisipasi aktif pelaku UMK dan dukungan dari instansi terkait .
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anonim. 2018. Kecamatan Cimanggung dalam Angka. BPS Kabupaten Sumedang
Brown, Lisanne, Anne Lafon and Kate Maciantyre, 2001. Measuring Capacity Building, Carolina population Center, Chapel Hill : University of North Carolina
Hadiyati 2011. Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap kewirausahaan Usaha kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, VOL.13, NO. 1, 11: 8-16
Risnawati Nanik, 2018. Profil UMK, Permasalahan, dan Upaya Pemberdayaannnya di Kabupaten Sumedang. Coopetition jurnal Ilmiah Manajemen IKOPIN , Vol 9, Nomor 1, Mei 2018, 13 – 29. ISSN 2086-4620
Sudarsono, 2001, Ekonomi Politik Kebijakan Otonomi Daerah, Makalah pada Seminar Kebijakan Fiskal dan Kerangka Desentralisasi, Paper presented at Seminar of Fiscal Policies and Decentralization, 14 April 2001, Batam, Indonesia
Sudaryanto, Ragimun dan Rahma R. Wijayanti .2011. Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean, https://www.kemenkeu.go.id/sites/default/files/strategi%20pemberdayaan%20umkm.pdf, diakses tanggal 23 Agustus 2019
Sulistiyani. 2010. Pengaruh Manajerial Kreativitas Program Pemasaran dan Kemampuan berinovasi terhadap kinerja usaha kecil dan menengah di Kota Semarang. Economica jurnal ekonomi Islam. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo. Vol 1 no 1, 89-100
Tambunan, Tulus. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: isu-isu penting, LP3ES, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v8i4.23964
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: