PEMETAAN POTENSI UMKM DI DESA PANENJOAN, KABUPATEN BANDUNG, JAWA BARAT
Abstrak
Pemetaan potensi UMKM di Desa Panenjoan, Kabupaten Bandung dilakukan untuk mengetahui potensi yang dimiliki UMKM di Desa dan diharapkan akan memunculkan produk unggulan bagi Desa. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat bagaimana potensi yang dimiliki UMKM Desa Panenjoan berdasarkan dari fungsi bisnisnya. Metode penelitian ini dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan melalui wawancara mendalam dengan para pelaku usaha yang berada di Desa Panenjoan. Berdasarkan dari hasil pemetaan, diketahui bahwa UMKM di Desa Panenjoan memiliki potensi cukup besar karena banyaknya usaha yang telah memasarkan produknya sampai wilayah Jawa Barat, namun untuk mendukung penjualan produknya ini diperlukan legalitas usaha yang akan mendukung perluasan pasar bagi usaha-usaha tersebut.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ebert, J., & Griffin, W. (2019). Business Essentials, 12th Edition. New York, NY: Pearson.
Mantra, I.B. (2004). Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Moeliono dan Djohani Rianingsih. (1996). Kebijakan dan Strategi Penerapan PRA dalam Pengembangan Program. Bandung: Driya Media.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v10i3.26490
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: