PEMANFAATAN LIMBAH, PEMASARAN ONLINE DAN MANAJEMEN KEUANGAN BAGI USAHA UKIRAN BATU PADAS
Abstrak
Seni ukir batu padas merupakan salah satu seni telah ada secara turun menurun pada kabupaten Gianyar. Produk relief ukiran batu padas ini banyak diminati oleh masyarakat dikarenakan dapat menimbulkan kesan alami pada bangunan. Salah satu usaha kerajinan ukir batu padas adalah usaha kerajinan batu padas milik I Gede Bokah yang merupakan mitra dalam kegiatan ini. Lokasi mitra berada pada Dusun Kederi Gianyar. Pada saat ini, terdapat beberapa kendala berupa keterbatasan alat bantu produksi dan alat pemanfaatan limbah batu padas, kurangnya manajemen keuangan serta keterbatasan dalam hal pemasaran. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, maka akan dilakukan kegiatan bertahap mulai manajemen produksi sampai pemasaran. Kegiatan yang telah dilakukan antara lain : sosialisasi, pemberian peralatan sebagai alat bantu produksi dan pemanfaatan limbah batu padas seperti mesin gerinda dan alat penghancur bahan baku batu padas, pelatihan manajemen keuangan, pembuatan plang nama mitra, dan pembuatan media sosial. Indikator capaian adalah peningkatan jumlah produksi hingga 50%, mitra mempunyai media sosial facebook dan instagram sebagai media pemasaran, 1 orang anggota usaha dapat mempunyai pembukuan dan pencatatan keuangan dan 1 orang anggota usaha dapat melakukan pengelolaan terhadap content media sosial
Kata Kunci
batu padas; pemasaran; manajemen keuangan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Indika, D.R., Jovita, C. (2017) : Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen, Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), 25-32
Kurniawan, P. (2017) : Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh, Kompetensi, 11(2), 217-225
Puntoadi, D. 2016. Menciptakan Penjualan via Social Media. Jakarta : Elex Media Komputindo.
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i4.30330
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: