PERANAN LITERASI INFORMASI PARA SISWA DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMIK COVID-19
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi informasi para siswa sekolah lanjutan tingkat pertama dalam proses pembelajaran pada era pandemi covid-19. Dalam penelitian ini teori yang digunakan menggunakan model big six yakni model literasi informasi yang meliputi enam tahapan yakni tahapan mengidentifikasi, menentukan strategi informasi, menentukanalokasi dan akses informasi, menggunakan informasi, menggabungkan berbagai sumber informasi serta kemampuan dalam melakukan evaluasi informasi. Lokasi penelitian dilakukan terhadap para siswa SLTP peserta pelatihan literasi informasi di Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak 40 orang peserta yang semuanya dijadikan sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dengan didukung dengan wawancara, observasi serta melalui studi kepustakaan berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa para siswa memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi tugas yang diberikan; menentukan strategi pencarian informasi; menentukan alokasi dan akses informasi; menggunakan infomasi; kemampuan menggabungkan berbagai sumber informasi menjadi sebuah tugas serta kemampuan dalam mengevaluasi hasil tugas akhir yang diberikan sehingga secara umum dapat disimpulkan para siswa telah memiliki kemampuan literasi informasi yang baik dalam mendukung proses pembelajaran berbasis daring pada era pandemi covid-19 ini.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bungin, Burhan. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta : Kencana,
Bundy, A. (2002). Essential Connections: School and Public Libraries for Lifelong Learning. Australian Library Journal, Vol. 51, pp.47-70.
Candy, P. (2002). Lifelong Learning and Information Literacy. Retrieved October 20, 2004 from web site: http://www.nclis.gov/libinter/ infolitconf&meet/papers/candy-fullpaper.pdf
Case, D. (2002). Looking for Information: A Survey of Research on Information Seeking, Needs and Behavior. New York: Academic Press.
Kemedikbud. (2006). Pedoman Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat.
Kemedikbud. (2018). Petunjuk Teknis Apresiasi Tbm Kreatif-Rekreatif. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan.
Ford, N. (2000). Towards a Model of Learning for Educational Informatics. Journal of Documentation, Vol. 60, pp. 183-225.
Hancock, V. E.(2004). Information Literacy for Lifelong Learning. Retrieved October 21, 2004 from Web site: http:// www.libraryinstruction.com/information-literacy.html
Hasan, Fuad. (1991) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hepworth, M. (2004). A Framework for Understanding User Requirements for an Information Service: Defining the Needs of Informal Careers. Journal of the American Society of Information Science and Technology, Vol. 55, pp. 695-708.
Hiscock, J and Marriott, P. (2003), March). A Happy Partnership Using an Information Portal to Integrate Information Literacy Skills into an Undergraduate Foundation Course. Australian Academic and Research Libraries, Vol. 34, pp. 32-41.
Kapitzke, C. (2003). Information Literacy: A Positivist Epistemology and a Politics of Outformation. Educational Theory, Vol. 53, No. 1 pp. 37-53.
Langford, L. (2001). Critical Literacy: A Building Block Towards the Information Literate School Community. Teacher Librarian, Vol. 28, pp. 18-21.
Mednick, M. (2002). Information Literacy: The New Challenge. Califirnia. 17 p.
Muchyidin, Ase S. (1979). Pelayanan Perpustakaan. Biro Perpustakaan IKIP Bandung, Bandung.
Needham, C.D. (1971). Organizing Knowledge in Libraries, end ed. Deutch, London.
Nimon, M. (2002). Developing Lifelong Learners: Controversy and the Educative Role of the Academic Librarian. Australian Academic and Research Libraries, Vol. 33, pp. 14-24.
Ritchie, Sheila (ed). (1982). Modern Library Practice. ELM Publication, Cambridge.
Sukaesih dan Winoto, Yunus. (2019). Dasar-dasar Layanan Perpustakaan, Kebumen: Intishar Publishing.
Sulistyo-Basuki. (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sutarno. (2003). Perpustakaan Dan Masyarakat. Jakarta: Buku Obor.
Trimo, Soejono. (1985). Pedoman Pelaksanaan Perpustakaan. Remadja Karya, Bandung.
Yusup, Pawit M. (1988). Pedoman Mencari Sumber Informasi. Remadja Karya, Bandung.
Yusup, Pawit M. (1991). Mengenal Dunia Perpustakaan dan Informasi. Binacipta, Bandung.
Saryono, Djoko. (2019). “Penguatan Literasi Bagi Tranformasi Bangsa Yang Inklusif Dalam
kehidupan Abad 21”, Makalah Seminar, 25 Oktober 2019.
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i2.32435
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: